Sponsors Link

7 Penyebab Migrain Sebelah Kanan dan Pengobatannya

Sponsors Link

Migrain adalah salah satu penyakit kepala yang menyerang satu bagian kepala saja. Bisa hanya menyerang kepala bagian kanan, kiri, depan bahkan belakang. Biasanya penyakit migran ini menyerang kepala bagian kanan terlebih dahulu. Baru lama – kelamaan menjalar menjadi kebagian – bagian lainnya. Untuk penderita yang sering mengalami migrainpada bagian kepala sebelah kanan tidak boleh dianggap remeh. Karena penyakit migrain sebelah kanan yang tidak membaik dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan penyakit yang kronis. (Baca Juga : Penyebab migrain)

ads

Penyakit migrain ini sangat berbeda dengan penyakit pada seluruh kepala. Biasanya penyakit migrain ini terasa lebih sakit. Karena sakit kepala hanya bertumpu pada satu bagian saja tidak terpecah – pecah bagian lain. Kalaupun sakit migrain pindah kesisi yang lain maka hanya pindah saja. Intensitas sakit dan nyeri pada kepala tidak berkurang malah bisa saja bertambah sakit. Penyebab migrain sebelah kanan memiliki beberapa indikasi. Berikut adalah beberapa penyebab Sakit Kepala sebelah Kanan. (Baca Juga : Cara mengatasi migrain)

1. Hermicrania Continua

Sakit kepala sebelah atau migrain jenis ini adalah sakit kepala yang ditandai dengan gejala – gejala seperti. Terjadi dari hari kerhari dan terus menerus dengan intensitas sakit pada kepala tidak berkurang. Biasanya disertai dengan hidung tersumbat dan berair serta mata menjadi merah dan merasa sangat sakit pada bagian kepala. Pupil mata menjadi kecil dan mata menjadi sayu. migrain jenis ini biasanya hanya menyerang kepala pada bagian kanan saja. Apabila timbul gejala seperti ini janganlah didiamkan. Harus segera diperiksa kedokter untuk mencegah penyakit menjadi tambah parah dan mengganggu aktivitas sehari – hari. (Baca Juga : Penyebab sakit kepala terus menerus)

2. Gejala Sakit Kepala Kluster

Sakit Kepala Kluster ini adalah sakit kepala sebelah atau migrain yang juga menyebar kebagian mata. Biasanya kondisi sakit kepala ini dihubungkan dengan aktivitas bagian otak bernama hipotalamus. Hipotalamus sendiri adalah bagian dari otak yang terdiri dari beberapa nukleus denganberbagai fungsi yang dimilikinya. Hipotalamus ini juga sangat berhubungan dengan sistem saraf yaitu sistem saraf otonom. Penyakit kepala sebelah jenis ini dapat disebabkan karena Suhu yang terlalu tinggi, Olahraga yang berat, Mengkomsumsi minuman keras yang berlebihan, Efek bahan kimia pada parfum. Biasanya sakit kepala kluster ini ditandai dengan gejala – gejala sebagai berikut : (Baca Juga : Jenis sakit kepala)

  • Kelopak mata menjadi bengkak dan turun
  • Hidung tersumbat dan berair
  • Wajah sering berkeringat
  • Telinga memerah dan panas
  • Pupil mengecil pada salah satu mata
  • Mata merah dan terasa perih berair

3. Gejala Penyakit Migrain Kronis

Migrain kronis terjadi karena penderita mengalami penyakit migrain yang berulang dan tak kunjung sembuh. Biasanya penyakit migrain kronis ini menyerang orang – orang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu kita tidak dapat menyepelekan sakit kepala sebelah ini enteng. Karena penyakit kepala sebelah ini dapat menjadi kronis dan merasakan amat sakit pada kepala yang tidak tertahankan. Biasanya penderita ini selain diberikan obat khusus untu migrain dan diberikan juga obat penghilang rasa sakit atau antibiok. Gejala – gejala yang ditimbulkan oleh migran kronis ini adalah sebagai berikut : (Baca Juga : Bahaya sering migrain)

  • Dirasakan pada salah satu sisi kepala saja
  • Dapat menjadi parah apabila tidak beristirahat total
  • Tingkat sensitivitas pada tubuh menjadi berlebihan terutama pada cahaya dan suara. Serta disertai dengan rasa mual dan muntah
  • Menyebabkan nyeri dan denyut dikepala yang tak tertahankan.
Sponsors Link

4. Gejala Penyakit Infeksi pada jaringan otak

Infeksi pada bagian otak memiliki bahasa kedokteran Meningitis. Ini adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Seperti kejadian yang masih hangat diingatkan kita pada artis komedi Olga syahputra yang meninggal disebabkan penyakit ini. Penyakit ini menyerang saraf pada otak dan bagian tulang belakang. Infeksi yang disebabkan mangines ini adalah pembengkakan pada bagian sarah tulang belakang. Kepala akan terasa sangat sakit bahkan ada kasus yang penderita sampai pingsan menahan rasa sakit pada kepala. Biasanya penyakit mengitis ini memiliki gejala sebagai berikut : (Baca Juga : Penyebab meningitis)

  • Sakit kepala sebelah yang sangat parah dan tidak tertahankan
  • Leher terasa kaku dan tidak dapat digerakan
  • Mengalami mual dan muntah – muntah
  • Napas terasa cepat seperti orang yang habis berlari atau kecapean. Karena fungsi paru – paru tidak berjalan dengan semestinya.
  • Menjadi sensitive kepada cahaya
  • Terdapat ruam – ruam pada kulit seperti bintik – bintik. Dalam beberapa kasus juga ada terdapat ruam yang sangat besar seperti gondok pada bagian leher. (Baca Juga : Makanan penyebab alergi gatal)
  • Demam yang sangat tinggi dan beberapa kasus penderita mengalami kejang – kejang. (Baca Juga : Vaksinasi Meningitis)

Dari segi kedokteranpun jenis meningitis pun berbagai macam yaitu, Meningitis Bakterialis yaitu kerusakan pada jaringan otak yang disebabkan oleh virus atau bakteria. Meningitis Virus yaitu Kerusakan pada jaringan selaput otak yang disebabkan oleh virus. meningitis Jamur, Meningitis Parasit dan Meningitis non-infeksi.

5. Tekanan pada rongga Kepala meningkat dan menurun

Sakit kepala sebelah kanan ini juga dapat disebabkan oleh Tekanan pada rongga kepala meningkat dan bisa juga menurun. Biasanya ini dipengaruhi dengan pola isitrahat yang salah dan tidak diimbangi dengan nutrisi yang dapat menjaga dan menstabilkan aktivitas otak kota. Tekanan yang terjadi pada rongga kepala juga bisa disebabkan karena stress dan fikiran yang tidak menentu.Sakit ini tentunya sangat berbahaya apabila kita mensepelakannya. Biasanya penderita penyakit ini disarankan untuk istirahat total dan dijauhkan dari rasa stress yang tinggi. (Baca Juga : Jenis sakit kepala)

6. Cidera pada Otak

Migrain sebelah juga dapat diakibatkan karena cidera otak yang dulu pernah dialami penderita. misalkan penderita pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan benturan di kepala yang mengakibatkan adanya gumpalan darah pada otak yang tidak dapat bisa dikeluarkan. Lama kelamaan penderita mengalami kesembuhan cidera otak ini, Tetapi migrain kepala sebelah kanan ini sering dialami oleh penderita selama masa pemulihan penderita dari cidera otak. Migrain sebelah ini akan terasa terus bahkan sampai penderita dinyatakan sembuh dari cidera otak. (Baca Juga : Gejala infeksi otak)

ads

Tentunya trauma otak yang ditimbulkan oleh kecelakaan akan mempengaruhi masa depan penderita. Tidak sedikit penderita yang mengalami kecelakaan pada bagian kepala ini diakhiri dengan meninggal dunia. tetapi ada juga yang bisa sembuh dengan berbagai tindakan – tindakan operasi yang dilakukan oleh dokter – dokter ahli. Persentase kematian dan selamatnya adalah 80% berbanding 20%. Migrain yang dirasakan penderitapun sangat amat sakit bahkan ada penderita yang sampai pingsan menahankan rasa sakit yang ditimbulkan karena cidera otak ini. (Baca Juga : Penyebab radang selaput otak)

7. Gejala Tumor Otak

Penyakit tumor otak ini adalah penyakit yang paling berbahaya dimuka bumi ini. selain belum ada obatnya tumor otak ini juga menyiksa penderitanya dengan sakit dikepala yang tak tertahankan dan tidak dapat dikontrol rasa sakitnya. Biasanya penderita penyakit ini diberikan obat penghilang rasa sakit dengan dosis yang tinggi bahkan banyak juga penderita ini diberikan obat penenang yang keras. Seseorang yang sering mengalami migrain kepala sebelah kanan janganlah disepelakan karena bisa saja menjadi gejala penyakit tumor otak. (Baca Juga : Tanda tanda geger otak yang berbahaya)

Penyakit migrain sebelah kanan ini juga tidak dapat dibiarkan dengan harapan dapat sembuh sendiri. Harus ditangani oleh dokter yang mengerti tentang penyakit ini dan berkompiten pada bidangnya. Ini penting dilakukan apabila migrain sebelah kanan kita tidak kunjung sembuh dan harus segera diperiksakan kedokter apabila : (Baca Juga : Akibat sakit kepala)

  • Anda menjadi ketagihan dengan mengkomsumsi obat penghilang rasa sakit. Bahkan melebihi dosis yang biasanya dianjurkan oleh dokter. Untuk menahan yang ditimbulkan migrain sebelah kanan tersebut. (Baca Juga : Bahaya resistensi antibiotik)
  • Anda Merasakan intensitas penyakit migrain sebelah kanan ini sering terjadi, Dengan intensitas dua kali dalam seminggu
  • Sakit migrain yang disebabkan karena adanya benturan pada kepala.
  • sakit migrain pada sebelah kanan yang terasa sangat sakit dan tak tertahankan dan dapat mengakibatkan sampai kita tidak menyadarkan diri.
  • Penykait migrain sebelah kanan tidak terasa membaik malah dari hari kehari semakin parah. Padahal sudah mengkomsumsi obat dan istirahat total.

Ketidaksadaran penderita dengan pola istirahat yang cukup biasanya memicu penyakit ini terjadi dan semakin parah apabila kita menggap enteng dan sepele gejala yang ditimbulkan karena penyakit migrain sebelah ini. Apabila penyakit ini sudah parah dan menjadi penyakit maningitis dan tumor otak yang akan mengakibatkan kematian penderitanya. Cara penanganan migrain sebelah kanan ini juga tidak bisa sembarangan harus dengan analisa yang detail dan tepat biasanya dokter menganalisa dengan menggunakan citi scan atau MRI. (Baca Juga : Bahaya CT Scan)

Pengobatan Medis Migrain Sebelah Kanan

Pada umumnya migrain sebelah kanan ini sangat bergantung pada pada penyebab terjadinya sakit migrain sebelah kanan ini. Ada beberapa obat yang diberikan oleh dokter tergantung penyebab terjadinya migrain sebelah kanan ini terjadi.

  • Penghambat beta, Obat ini digunakan untuk menangani tekanan darah tinggi yang menyebabkan migrain sebelah kanan yang berulang dan rutin terasa. (Baca Juga : Tanda tanda darah tinggi)
  • Obat – obatan kejang juga dapat diberika oleh dokter untuk penderita migrain dengan rasa sakit yang tak tertahankan. Obat kejang yang mengandung penenang yang tinggi dapat menghilangkan atau mengurangi yang ditimbulkan dari migrain sebelah kanan ini. (Baca Juga : Kejang kejang saat tidur)
  • Obat dengan kandungan Antidepresan. Biasanya obat ini juga digunakan untuk penderita depresi, insomia dan kecemasan yang berlebihan. Karena di dalam obat Antidepresan ini juga terdapat kadar penenang yang tinggi yang dapat mengurangi rasa sakit penderita migrain kepala sebelah ini. (Baca Juga : Akibat depresi)
  • Botox (Botulinum Toxin) dengan cara disuntikan apabila penderita tidak dapat diberkan obat dengan cara dimasukan dari mulut atau diminumkan. Botox juga dapat menghilangkan rasa sakit bagi penderita migran sebelah kanan. Tetapi ini akan menjadi pilihan terakhir oleh dokter karena efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini sangat beresiko tinggi. (Baca Juga : Keringat di telapak tangan dan kaki)

Intinya yang sangat penting diingat oleh penderita penyakit ini adalah selalu mengkomsumsi makanan yang sehat, Menjaga pola tidur yang cukup serta terhindar dari stress yang akan memicu terjadinya penyakit migrain sebelah kanan ini. Apabila migrain sebelah kanan ini terjadi pada orang – orang disekitar anda maka harus ditangani dengan benar dan tepat untuk mencegah penyakit bertambah parah. (Baca Juga : Obat herbal sakit kepala)

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 03:03 Oleh :
Kategori : Migrain