Home Penyakit dan KelainanGegar Otak 15 Tanda Tanda Gegar Otak Ringan dan Berat

15 Tanda Tanda Gegar Otak Ringan dan Berat

by Henny Anugerah

Tanda tanda gegar otak merupakan indikasi bahwa seseorang telah mengalami benturan keras akibat aktivitas atau peristiwa diluar dugaan, misalnya kecelakaan. Gegar otak dapat terjadi dimana dan kapan saja melalui aktivitas yang berbeda. Aktifitas yang dimaksud adalah :

  • Terjatuh dari kendaraan bermotor
  • Olahraga panjat gunung
  • Olahraga bela diri sembarangan
  • Tinju tidak didampingi pelatih professional
  • Balapan kendaraan tanpa pelatih yang berpengalaman

Ada 15 ciri khas pada seseorang yang telah terkena gegar otak :

1.Kepala nyeri
Tanda tanda gegar otak yang paling mudah dijumpai Ketika seseorang mengalami cedera dibagian keoalanya dengan begitu keras adan cepat maka akan terjadi pendarahan dibagian dalam kepala yang menyebabkan kepala begitu nyeri.

2. Perut mual dan nyeri
Tanda tanda gegar otak yang paling sering dialami yaitu gegar otak akan diawali dengan perut mual dan nyeri ketika tubuh digerakan. Kondisi itu dikarenakan ada bagain kepala yang telah lebam dan menderita peradangan ringan yang jika tidak segera mendapatkan pertolongan medis maka volume rasa sakit dari jaringan perut akan semakin terasa sakit dan akan menjadi lebih parah.

3.Muntah darah
Tanda tanda gegar otak yang juga sering terjadi adalah ketika Seseorang yang mengalami gegar otak ringan akan mengalami muntah muntah yang memberi tanda bahwa telah ada luka yang cukup lebar yang telah terjadi dibagian kepala, Entah itu bagian kiri atau kanan.

4. Pandangan buram
Sesaat setelah terjadi musibah kecelakaan biasanya yang terjatuh atau terlempar dari kendaraaan bermotor misalnya maka akan mengalami pandangan mata yang tidak jelas, Berkunang kunang dan pusing sementara.

5. Linglung
Seseorang yang telah mengalami benturan atau hantaman benda berat saraf saraf dan pembuoluh darah seputar kepala akan mengalaami guncangan dan tekanan hebat sehingga mengalami peradangan, Iritasi, Infeksi bahkan memar biasa, Tergantung jenis kecelakaan yang menimpa. Akibat yang akan diterima adalah seseorang akan mengalami linglung dan seperti orang bingung.

6.Kesulitan bicara
Saraf saraf diarea kepakla dan sekitarnya akan mengalami keterkejuatan dan tekanan akibat benturan yang menyebabkan aliran darah menjadi tersumbat dan kondisi tersebut sangat berpengaruh pada otot otot pada rongga mulut, Rahang dan sekitarnya untuk sementara, Yaitu kesulitan untuk bicara sementara.

7. Pendengaran terganggu
Seseorang yang kepalanya terbentur dengan kreras maka dengan spontan saraf saraf pendengaran akan mengalami desakan atau tekanan dan kerusakan sarafpun tak dapat dihindari, Akibatnya dalam hitungan menit seseorang dapat mengalami kemunduran dalam pendengaranya.

8.Keseimbangan tubuh terganggu
Setelah kepala terbentur dan mengalami gegar otak badan akan terasa ringan bagaikan kapas, Hal ini menandakan bahwa ada cedera hebat yang mempengaruhi jaringan tubuh lain seperti hati atau ginjal. Ketika terjadi gegar otak biasanya aliran darah di tubuh lain akan spontan tersentak dan mengalami hentakan serta cedera sama seperti kepala sehingga keseimbangan tubuh berkurang. Hal inilah yang menyebabkan seseorang merasa tubuhnya sangat ringan ketika kecelakaan terjadi.

9. Pingsan
Benturan keras sesaat setelah terjadi dapat menyebabkan seseorang terserang gegar otak ringan atau berat dengan mendadak, Hal tersebut dapat mengakibatkan siapapun menjadi pingsan.

10. Tubuh lemah
Gegar otak selalu di awali dengan gejala klasik yang sering dialami siapa saja yaitu berupa tubuh lemah dan lunglai. Kondisi tersebut adalah refleks dari akibat saraf saraf tubuh yang mendadak terhenti sementara dan akibatnya aliran darah tidak lancar.

11. Denyut nadi melambat
Gegar otak juga bisa ditandai dengan denyut nadi yang lambat , Kondisi itu disebabkan karena aliran darah yang tersumbat dan karena adanya darah yang mengalir pada pembuluh darah yang tersendat sendat.

12. Denyut jantung melemah
Gegar otak juga selalu diiringi dengan denyut jantung yang semakin melemah , kondisi tersebut karena adanya cedera pada tengkorak, saraf kepala dan otak sehingga asupan darah yang berisi oksigen pada area jantung ikut berkurang.

13. Wajah pucat
Seseorang yang telah terkena gegar otak biasanya wajahnya akan pucat pasi dan nampak kaku serta pandangannya kosong. Semua itu disebabkan kejadian yang mengejutkan yang mencederai permukaan kulit yang biasanya mempengaruhi kondisi psikologis seseorang.

14. Koma
Tanda tanda gegar otak yang berbahaya yaitu karena Kecelakaan yang diawali dengan benturan keras berkali kali dan mengakibatkan gegar otak dapat menyebabkan seseorang koma ditempat kejadian, Benturan yang terjadi berulangkali sangat bahaya bagi kekuatan dan kestabilan tengkorak serta saraf saraf kepala. Kondisi saraf yang memar dan luka serta peradangan  yang lebar mampu mengakibatkan seseorang menjadi tidak sadarkan diri dalam beberapa hari.

15. Merasa Seperti berada ditempat lain
Seseorang yang mengalami kecelakaan yang sangat cepat dan kepalanya terbentur dengan keras dan cepat dapat berakibat gegar otak yang diiringi dengan halusinasi atau khayalan yang merasa dirinya ada ditempat lain.

Solusi

Tips cara mencegah agar terhindar dari benturan yang menyebabkan gegar otak

1.Gunakan helm
Setiap membawa kendaraan bermotor lebih baiknya anda gunakan helm yang berkualitas dan mampu melindungi kepala dari benturan agar terhindar dari serangan gegar otak.

2. Hindari olahraga berbahaya
Pilihlah olahraga yang tidak berhubungan dengan kepala agar terhindar dari cedera , Terlebih lebih gegar otak. Hindarilah olahraga berbahaya seperti panjat tebing, adu balap motor, permaianan tinju sembarangan tanpa instruksi dari pelatih yang benar dan sebagainya.

3. Hindari aktifitas berbahaya
Banyak aktifitas yang memerlukan tenaga dan pengangkatan beban , Misalnya perusahaan konstruksi bangunan , Dimana pekerjaan tersebut membutuhkan ketelitian dalam pengangkatan barang yang mungkin saja bisa terjatuh, Sehingga sekali waktu dapat mencederai kepala. Gunakan pelindung kepala jika memungkinkan atau tetap berhati hati dalam membawa beban ketika sedang melakukan pekerjaan.

4. Hindari pemicu gegar otak
Jika pada sebuah tawuran yang didalamnya terdapat sebuah perkelahian, Adu tinju atau lempar melempar batu maka hindarilah sejauh mungkin. Kondisi tersebut memungkinkan seseorang terkena pendarahan otak  tau kepala yang mungkin dapat menyebabkan seseorang menjadi gegar otak.

5. Hindari alkohol
Seseorang yang terlalu banyak minum alkohol maka akan kehilangan kesadaran serta kehilangan keseimbangan tubuhnya sehingga dapat menyebabkan seseorang terjatuh atau terpeleset sehingga menyebabkan gegar otak ringan atau bahkan gegar otak berat. Seseorang yang telah dipengaruhi minuman keras tidak akan mampu lagi merasakan sakit kepala ketika kepalanya terbentur dengan kencang. Hal inilah yang sangat berbahaya untuk kelanjutan hidupnya dimasa depan.

You may also like