Sponsors Link

25 Ciri Ciri Masuk Angin Pada Anak dan Orang Dewasa

Sponsors Link

Masuk angin adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh orang-orang namun banyak yang belum mengetahui tentang ciri-ciri dari penyakit itu sendiri. Berikut ini adalah ciri-ciri masuk angin :

ads
  1. Tubuh terasa kedinginan

Tubuh merasa kedinginan adalah salah satu ciri dari orang yang mengalami masuk angin. Dengan sering terpaparnya tubuh dengan udara dingin akan menyebabkan udara dingin tersebut masuk kedalam tubuh Dan menyebabkan tubuh kita merasa menggigil seperti dalam ruangan yang dingin. Biasanya ciri tubuh menjadi menggigil sangat mudah dirasakan bagi penderita yang terkena masuk angin. (baca juga: tubuh menggigil tanpa demam)

  1. Perut terasa kembung

Orang yang terkena masuk angina biasanya juga akan mengalami namanya perut terasa kembung. Hal ini dapat terjadi karena udara yang masuk kedalam tubuh kita terlalu berlebihan dan berdampak pada perut kita. Lambung yang mengandung banyak udara juga akan menyebabkan perut terasa kembung juga terasa begang akibat udara yang masuk kedalam tubuh kita. (baca juga: cara mengatasi perut kembung)

  1. Mual juga mulas

Mual juga mulas juga merupakan ciri yang dialami oleh orang yang sedang masuk angin. Mual dan mulas ini juga bermula dari perut yang terasa kembung kemudian lama kelamaan akan berdampak pada gejala mual dan mulas. Ketika mual dan mulas ini seseorang akan sulit untuk mengkonsumsi makanan dikarenakan adanya rasa tidak enak pada perut. (baca juga: cara mencegah masuk angin dan perut kembung)

  1. Tubuh terasa sangat lelah

Masuk angina memang bukan hal yang sepele dan kita remehkan karena dampak dari masuk angina ini  akan sangat kita rasakan dalam keseharian kita. Tubuh yang terasa lelah juga menjadi ciri orang yang sedang masuk angin. Dengan tubuh yang mudah lelah tentu kita tidak dapat menjalakan segala aktifitas kita dengan baik dan dapat menggagu segala aktifitas yang kita lakukan. (baca juga: cara mengobat masuk angin)

  1. Sering mengantuk

Sering mengantuk juga menjadi salah satu ciri dari orang yang sedang kena gejala masuk angin. Ketika tubuh kita mengalami daya tahan tubuh yang menurun tentu akan berdampak pada performa dalam tubuh kita. Dengan performa yang menurun akan menyebabkan segala aktifitas kita menjadi terganggu dan kita akan mudah lelah. 0rang yang mudah lelah biasanya akan sering mengantuk dikarenakan tubuh perlu untuk memperbarui performanya agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. (baca juga: angin duduk mematikan)

  1. Nafsu makan berkurang

Dengan tubuh yang sakit tentu nafsu makan kita akan berkurang. Jika hal ini sering terjadi maka tubuh kita tidak akan mendapatkan asupan sebagai gizi dalam tubuh kita. Memang orang yang masuk angina akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun tubuh ini juga perlu mendapat asupan, apalagi orang yang sedang sakit tentu asupan yang dibutuhkan akan lebih banyak dari orang yang sehat. (baca juga: cara meningkatkan nafsu makan)

  1. Sulit mengelurkan gas dari dubur
Sponsors Link

Orang yang sedang masuk angin juga akan mengalami sulitnya mengeluarkan gas dari dubur. Hal ini dapat terjadi dikarenakan perut orang yang sedang masuk angin biasanya akan mengalami masalah dan juga lambung akan sukar untuk melakukan kinerjanya sehingga akan mengalami sulitanya mengelurkan gas melalui dubur. Namun jika gas tersebut sudah gampang keluar dari dubur maka pertanda pencernaanya mulai berkerja dengan baik. (baca juga: makanan yang mengandung gas tinggi)

  1. Keringat dingin

Keringit dingin merupakan ciri awal seseorang akan mengalami yang namanya masuk angin. Keringat dingin juga sebagai pertanda sesorang akan sedang dalam proses penurunan daya tahan tubuh. Dalam menanggapi tubuh yang akan terserang penyakit tubuh akan mengalami respon-respon tertentu salah satunya adalah denga keluarnya keringat dingin dari dalam tubuh kita.

  1. Badan terasa tidak enak

Biasanya badan yang akan mulai terserang penyakit akan menyebabkan tidak enak badan, demikian halnya yang terjadi pada orang yang masuk angin akan mengalami tidak enak bada dengan hal yang serupa. Ketika kita mengalami tidak enak badan tentu akan menurunkan segala performa kita dalam menjalankan segala aktifitas kita, baik akan mengganggu aktifitas kita maupun akan menurunkan hasil kerja kita. Dan tidak enak badan ini biasanya lebih sering dirasakan bagi orang yang akan masuk angin. (baca juga: keringat di telapak tangan dan kaki)

  1. Pilek

Bagi orang yang sedang masuk angin organ hidungnya juga akan menerima dampak dari masuk angina ini salah satunya adalah pilek. Pilek memang sering terjadi pada seseorang yang mengalami masuk angin gejala pilek pun beragam ada yang hanya sering mengeluarkan ingus cair hingga mengalami hidung tersumbat. Pilek juga akan sangat akan merepotkan kita karena organ yang berfungsi sebagai alat bantu dalam pernafasan akan terganggu dengan kehadiran pilek sehingga proses pernafasan dalam tubuh kita menjadi terganggu. (baca juga: cara menghilangkan pilek)

  1. Pusing kepala

Pusing merupakan salah satu ciri  dari seseorang yang mengalami masuk angin. Pusing juga merupakan hal yang wajar bagi seseorang yang menderita masuk angin. Bagi orang yang mengalami masuk angin tentu membuat aktifitas yang kita jalankan akan terganggu karena akan menyebabkan konsentrasi kita menjadi tidak baik lagi. Tentu dalam segala aktifitas kita sangat memerlukan konsentrasi yang cukup agar aktifitas tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang kita inginkan.

  1. Batuk-batuk

Orang yang mengalami masuk angin biasanya akan mengalami batuk-batuk. Batuk-batuk ini merupakan gejala awal daya tahan tubuh yang mengalami penurunan. Ketika daya tahan tubuh kita menurun tentu akan menyebabkan segala aktifitas yang kita lakukan sehari-hari akan terganggu. Batuk-batuk memang sangat merepotkan bagi kita apalagi ketika kita sedang makan, ketika kita makan kemudian kita tiba-tiba mengalami batuk-batuk tentu akan menyebabkan kita sukar mengkonsumsi makanan juga menimbulkan rasa ketidaknyamanan dalam mengkonsumsi makanan.

  1. Sakit perut

Yang namanyan sakit perut akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi tubuh kita. Dengan sakit perut yang kita alami maka tentu makanan yang kita konsumsi akan terasa tidak enak bagi kita. Sakit perut ini juga akan menganggu kita dalam mengkonsumsi makanan yang kita makan. Ketika masuk kedalam lambung bukan rasa nyaman yang kita rasakan setelah mengkonsumsi makanan, namun rasa tidak yang ditimbulkan setelah makanan tersebut masuk kedalam lambung kita. Lama kelamaan kita akan menimbulkan rasa yang tidak enak ketika kita mengkonsumsi makanan. Padahal orang yang sedang sakit tentu harus selalu mendapatkan asupan dan gizi yang sehat. (baca juga: penyebab nyeri perut bagian bawah)

  1. Muntah-muntah

Sakit adalah salah satu pertanda seseorang mengalami penurunan daya tahan tubuh. Ciri seseorang sedang sakit tentu sangat beragam dan berbagai macam jenisnya. Muntah-muntah merupakan ciri yang dialami oleh seseorang yang sedang masuk angin. Ketika seseorang mual sehingga terjadi muntah-muntah dan akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan dalam tubuh kita. Muntah-muntah ini juga akan menyebabkan asupan yang masuk kedalam perut kita akan keluar lagi sehingga kita tidak mendapatkan asupan sama sekali, Ini sangat akan berakibat fatal bagi tubuh kita. Karena lama kelamaan tubuh kita akan kekurangan asupan dan akhirnya sakit yang dialami tubuh kita tak kunjung sembuh.

  1. Sesak napas

Tubuh sangat memerlukan yang namanya sirkulasi udara dalam tubuh kita. Kandungan oksigen yang terdapat dalam udara lah yang diperlukan dalam tubuh untuk membantu metabolisme dalam tubuh kita. Sesak nafas yang merupakan ciri dari seseorang yang mengalami masuk angin akan menganggu sirkulasi udara dalam tubuh kita sehingga akan menurunkan kinerja pernafasan dalam tubuh kita. Sesak nafas yang berkepanjangan juga akan membuat dada akan terasa sakit dikarenakan sukarnya proses pernafasan yang terjadi dalam tubuh kita.

  1. Panas tinggi

Masuk angin memang mempunyai ciri-ciri yang banyak baik yang dirasakan tiba-tiba maupun yang dialami berangsur-angsur. Panas tinggi yang terjadi saat masuk angin biasanya tidak akan bertahan lama ketika seseorang istirahat yang cukup. Panas tinggi ini terjadi karena adanya respon tubuh dalam  menolak penyakit yang menyerang tubuh kita. Dengan adanya panas yang tinggi diharapan akan membangkitkan daya tahan tubuh kita yang menurun akibat penyakit yang menyerang kita. Namun banyak orang yang tidak tahan dan tidak kuat ketika mengalami panas tinggi. (baca juga: bahaya demam berdarah)

  1. Diare berkepanjangan

Diare merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi kita, namun masih banyak orang yang meremehkan penyakit tersebut. Penyakit diare ini bahkan dapat menimbulkan seseorang mengalami kematian apabila diare yang dialami sudah terlalu parah. Seseorang yang mengalami diare bisa juga dikatakan seseorang tersebut mengalami masuk angin. hal ini bisa terjadi karena biasanya orang yang mengalami masuk angin akan mengalami gangguan pencernaan yang bahkan akhirnya akan menyebabkan gejala diare. Ketika seseorang yang mengalami diare tentu akan menyebabkan daya tahan tubuh kita akan menurun dan membuat tubuh kita terasa lemah.

  1. Badan dan semua persendian terasa sakit

Aktifitas yang kita alami terkadang banyak membuat kita lupa akan kesehatan kita sendiri. Kadang rasa capek dan lelah yang kita rasakan juga selalu kita abaikan sehingga membuat tubuh kita menjadi sakit. Badan dan semua persendian terasa sakit merupakan salah satu ciri dari seseorang yang mengalami masuk angin. Hal ini terjadi karena tubuh mengalami kelelahan akibat aktifitas yang kita lakukan terlalu berlebihan. Dengan aktifitas yang berlebihan tentu akan menyebabkan dampak yang sangat buruk bagi tubuh kita. Apalagi hingga menyebabkan tubuh kita terasa sakit dan menurunkan performa tubuh kita.

  1. Sering bersendawa

Sendawa merupakan hal yang wajar dan sering dilakukan orang-orang. Ternyata sering sendawa juga merupakan salah satu ciri dari orang yang mengalami masuk angin. Hal ini terjadi karena tubuh terlalu banyak mengandung udara sehingga terjadinya kegiatan bersendawa sebagai pengeluaran udara yang berlebihan pada tubuh kita. namun perlu diketahui dengan sendawa yang berlebihan akan menjadi tanda bahwa kita akan mengalami masuk angina maka agar masuk anginnya tak berlanjut maka sebaiknya perlu diantisipasi semenjak dulu untuk menjaga kesehatan kita. (baca juga: sering bersendawa)

  1. Pegal-pegal

Pegal-pegal merupakan efek dari tubuh yang mengalami kelelahan dan kecapek an akibat aktifitas yang dilakukan tubuh dalam sehari-hari. Ternyata pegal-pegal juga menjadi ciri dari seseorang mengalami masuk angin. Hal ini terjadi karena tubuh yang sejatinya memerlukan istirahat juga memerlukan waktu untuk memperbarui performa tubuh yang tubuh akibat keseharian yang dilakukan oleh tubuh kita. Tentu dengan tanda tubuh kita mengalami pegal-pegal kita akan lebih mengenal tubuh kita sedang terserang gangguan-gangguan seperti masuk angin. pegal-pegal ini sangat mudah dihilangkan hanya dengan mengistirahatkan tubuh kita maka lama kelamaan pegal-pegal dalam tubuh kita akan hilang dengan sendirinya bahkan dengan metode pemijatan yang pas kita dapat menghilangkan pegal-pegal dalam tubuh kita dengan cepat.

  1. Demam

Demam merupakan ciri yang mencolok  dari seseorang yang  mengalami masuk angin. demam naik turun ini biasanya ditandai dengan adanya perubahan suhu yang dialami oleh tubuh kita. jika suhu dalam tubuh semakin meningkat tentu akan sangat berbahaya bagi tubuh kita karena dengan meningkatnya suhu tubuh maka pertanda tubuh kita akan mengalami gangguan-gangguan dalam tubuh. Dalam meredakan demam pun bisa dilakukan dengan cara yang beragam, bisa dengan dikompres hingga menempelkan es batu pada kepala kita hingga suhu dalam tubuh kembali menjadi normal. Dengan istirahat yang cukup pun bisa menormalkan suhu dalam tubuh kita sehingga demam yang dialami oleh tubuh kita bisa hilang dengan segera.

  1. Mata berkunang-kunang
sponsored links

Mata berkunang-kunang juga merupakan salah satu ciri dari seseorang yang mengalami masuk angin. Hal tersebut terjadi karena mata sebagai organ penting tidak mampu untuk menahan rasa capek dan lelah dari tubuh dengan berbagai aktifitas yang terlalu berlebihan . Mata yang berkunang-kunang ini juga menunjukan ketidakmampuan organ mata untuk melakukan kinerjanya dengan terlalu berat bahkan setelah mata berkunang-kunang maka biasanya orang yang mengalami hal tersebut akan pingsan apabila ini dalam kondisi yang terparah. Jika mata yang berkunang-kunang ini sudah terjadi usahakan untuk langsung mengkondisikan tubuh untuk istirahat segera agar tidak terjadi hal yanf tidak diinginkan.

  1. Terasa tidak enak saat menelan makanan

Sakit merupakan hal yang wajar dan akan dialami oleh tiap orang dan itu semua tergantung setiap kita dalam menjaga kesehatan kita masing-masing. Masuk angin juga merupakan sakit yang wajar dan bisa dialami oleh setiap orang kapan saja serta oleh setiap umur. Maka dari kita perlu untuk mengetahui ciri-cir dari penyakit ini agar kita lebih waspada terlebih dahulu. Orang yang mengalami masuk angin biasanya akan merasa tidak enak saat menelan makanan. Hal ini terjadi dikarenakan ganggun ternggorok yang dialami oleh penderita masuk angin sehingga makanan yang dikonsumsi menjadi tidak enak dan tidak nyaman untuk ditelan. Dan akhirnya akan membuat nafsu makan kita menjadi berkurang. (baca juga: cara mencegah demam kuning)

  1. Tenggorokan terasa tidak enak

Dampak dari orang yang sedang mengalami masuk angin adalah tenggorokan terasa tidak enak. Hal ini terjadi karena ketika daya tahan tubuh kita menurun maka akan mengakibatkan kinerja organ-organ dalam tubuh kita menjadi menurun salaha satunya adalah dengan menurunnya fungsi dari organ tenggorokan sebagai penyalur makanan yang masuk kedalam tubuh kita. jika tenggorokan sebagai penyalur makanan sudah terganggu maka biasanya nafsu makan kita akan menurun akibat makanan masuk kedalam tubuh membuat tidak nyaman saat dikonsumsi. Biasanya pula tenggorokan bukan hanya merasa tidak enak dalam mengkonsumsis makanan, namun juga tenggorokan mengalami rasa sakit saat ada makanan yang dikonsumsi oleh kita. ini pun juga adalah kondisi terparah dari sakit ini sendiri. (baca juga: cara mengobati radang tenggorokan pada anak)

  1. Bawaan tidur

Bawaan tidur adalah salah satu dari ciri orang yang sedanga mengalami masuk angin. Hal ini terjadi karena tubuh kita mampu lagi menahan rasa lelah dan capek akibat dari aktifitas yang kita lakukan secara berlebihan juga tubuh yang harusnya diistrirahatkan namun belum kunjung juga untuk diistirahatkan oleh kita sendiri. Bawaan tidur ini juga merupakan hal yang wajar apabila seseorang sedang mengalami masuk angin tandanya tubuh benar-benar butuh untuk diperbarui performanya melalui isirahat yang cukup juga waktu tidur yang sesuai dengan kubutuhan masing-masing orang. Dengan tidur yang cukup dan istirahat yang sesuai diharapkan akan membuat tubuh kita fit kembali dan terhindar dari yang namanya bawaan tidur yang akan menggaggu aktifitas kita.

Cara Mengatasi Masuk Angin

  1. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dingin

Ketika tubuh mengalami masuk angin usahakan untuk menghindari dan tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dingin karena akan memperburuk sakit yang dialami oleh orang yang masuk angin. dengan kita menghindari makanan dan minuman yang dingin diharapkan akan membuat sakit yang dialami oleh orang yang masuk angin segera sembuh. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dingin sebenarnya tidak baik bagi tubuh kita apalagi yang mengkonsumsi tersebut ialah orang yang sedang sakit tentu akan memperparah penyakit yang dideritanya. (baca juga: cara meningkatkan fisik dengan cepat)

  1. Makan teratur

Ketika orang yang sedang sakit juga perlu asupan yang lebih baik dari biasanya. Maka orang yang sedang sakit harus selalu menjaga makanan yang hendak dia konsumsi. Makan dengan teratur adalah salah satu contoh dari menjaga asupan yang kita makan. Walaupun terkadag orang yang sedang sakit nafsu makannya akan menurun namun tubuh tetap memerlukan adanya asupan bagi tubuh kita sehingga walupun sedang sakit akan tetapi tubuh tetap terpenuhi kebutuhan asupannya. (baca juga: bahaya makanan yang di bakar)

  1. Menggunakan baju hangat

Baju hangat bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masuk angin. karena dengan baju hangat maka rasa meriang dan demam yang dialami oleh tubuh kita bisa hilang dengan kehangatan baju hangat yang kita pakai. Baju hanya memang sebenarnya sangat diperlukan oleh orang yang sakit bukan hanya dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit yang dialami oleh tubuh kita, namun juga dapat menormalkan suhu tubuh kita yang menurun saat sakit. Jadi selalu sedia baju hangat didalam lemari agar menjadi persiapan kita saat sakit datang menimpa kita serta dapat mengantisipasi kita saat-saat gejala sakit sudah mulai muncul. (baca juga: makanan pengganti nasi untuk diet sehat)

  1. Minum air jahe

Jahu adalah tanaman yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. jahe juga ternyata memilki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. bukan hanya sebagai minuman yang enak namun juga manfaat yang dirasakan oleh tumbuhan ini begitu berpengaruh terhadap tubuh kita. minum air jahe sangat disarankan bagi orang yang sedang masuk angin karena akan memberikan rasa hangat pada tubuh setelah mengkonsumsi air jahe ini. Kandungan yang terdapat dalam jahe pun akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dari biasanya. Ini dikarenakan kandungan dalam tumbuhan jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tubuh kite lebih kebal terhadap penyakit dan gangguan-gangguan yang ada diluar tubuh kita. (baca juga: cara mencegah mabuk perjalanan)

  1. Istirahat

Salah satu yang terpenting saat kita sakit adalah istirahat yang cukup dan juga teratur. Dengan kita istirahat yang teratur juga sesuai dengan kebutuhan kita diharapkan sakit yang kita alami segera sembuh dan tubuh kita dapat terhindar dari segala penyakit dan gangguan-gangguan yang ada dari luar tubuh kita. tenyata istirahat sangat penting bagi tubuh kita karena akan menaikan daya tahan tubuh kita juga dapat membantu metabolisme tubuh menjadi lancar dengan begitu tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan kita dapat menjalankan segala aktifitas kita dengan baik serta sesuai dengan yang kita inginkan.

Demikian lah pengetahuan kita tentang ciri dari masuk angin itu sendiri juga dengan beberapa cara dalam mengatasi masuk angin. dengan pengetahuan kita tentang hal ini diharapkan kita lebih peduli untuk menjaga kesehatan kita sendiri dan terhindar dari berbagai macam penyakit dan gangguan-gangguan dari luar tubuh.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 02nd, May 2016 / 15:28 Oleh :
Kategori : Masuk Angin