Home Featured Intip 6 Cara Mengatasi Mood Swing Saat PMS Layak Dicoba

Intip 6 Cara Mengatasi Mood Swing Saat PMS Layak Dicoba

by Erlita

Premenstrual syndrome atau yang kita kenal dengan istilah PMS memicu perubahan mood atau suasana hati yang mudah berubah pada wanita. Perubahan hormon merupakan sebab dari emosi wanita yang kerap kali sulit dikendalikan. Frustasi, stres, gampang tersinggung dan marah, hingga sangat sensitif adalah yang paling sering dirasakan bukan? Begini cara mengatasi mood swing saat PMS yang boleh dicoba.

  1. Jalan-jalan

Bad mood pada waktu PMS juga kerap disertai dengan gejala lainnya, semacam payudara lebih kencang hingga terasa nyeri, tubuh pegal-pegal, bahkan pinggul dan perut juga terasa sakit. Rutinitas harian bahkan bisa jadi pemicu untuk mood semakin buruk, oleh karena itu ambil waktu untuk jalan-jalan bersama orang favorit kita atau jalan sendiri demi menyegarkan pikiran.

  1. Latihan Nafas

Latihan pernapasan boleh juga menjadi cara mengatasi stres dan mood swing di kala PMS. Mood swing bisa bikin bad mood tak kunjung reda, jadi saat waktunya bisa rileks gunakan waktu sebaik mungkin untuk menarik nafas dalam-dalam beberapa menit lamanya supaya tubuh dan pikiran lebih tenang.

  1. Menghindari Makanan Bergula Tinggi

Makan manis itu bisa menjadi penghilang stres dan bikin mood jadi lebih baik kata banyak orang, apalagi para wanita. Namun menurut psikolog, justru makan makanan manis seperti cake, es krim, dan coklat hanya memberi efek bahagia yang sebentar. Ketika efek bahagia itu memudar, bersiaplah untuk merasakan bad mood atau stres yang lebih buruk.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin B6

Menurut ahli nutrisi dari Healthspan, Rob Hobson yang paling baik untuk tubuh melepaskan hormon bahagia atau serotonin lebih banyak adalah makanan dengan kandungan vitamin B6 tinggi. Lobak hijau, asparagus, paprika, kacang hijau, bayam, brokoli, ubi jalar dan juga kentang yang dipanggang sekulitnya bisa dikonsumsi.

  1. Olahraga

Sedang bad mood, justru dianjurkan berolahraga? Walau kelihatannya bakal melelahkan, sebenarnya olahraga bisa membantu tubuh melepaskan stres lho. Carilah olahraga yang sesuai dengan diri kita; yoga untuk yang lebih senang ketenangan, sementara senam aerobik dan zumba boleh dicoba untuk yang lebih suka melakukan gerakan aktif dan semangat.

  1. Menonton Acara Favorit

Untuk menghilangkan mood swing, pakai waktu senggang menonton acara favorit, entah itu video-video di YouTube, menonton film atau TV series, hingga drama Korea. Menonton acara yang sedih-sedih juga bisa membantu agar kita meluapkan perasaan lebih leluasa dan membuat diri sendiri lebih lega lho.

Jadi di kala mood swing melanda karena PMS, jangan khawatir bad mood berkepanjangan. Cara mengatasi mood swing saat PMS tersebut kiranya bermanfaat dan selamat mencoba agar suasana hati lebih baik.

You may also like