Amankah Sauna Saat Menstruasi? Wanita Harus Tahu !

612

Sauna sebenarnya adalah sebuah ruangan yang kering dan memiliki suhu panas (biasanya bisa diatur) di mana ketika kita masuk ke dalam ruangan ini, maka kita akan dibantuk untuk mendetoks tubuh melalui keluarnya keringat banyak dari tubuh. Inilah salah satu cara membakar kalori secara lebih banyak yang juga bahkan berguna dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Sauna diketahui dan terbukti ampuh dalam membantu para penderita kerusakan jantung ringan untuk memiliki peningkatan fungsi pembuluh darah jantung asal melakukan sauna setiap hari dan rutin selama 2 minggu (namun tidak dianjurkan untuk terlalu lama ketika sudah berada di dalam). Masalahnya, bagi wanita amankah sauna saat menstruasi?

Sauna di kala datang bulan aman atau tidak?

Kabar baiknya, sauna bagi wanita yang tengah haid justru dianggap aman karena sebagai bagian dari relaksasi yang bisa membantu meredakan rasa nyeri haid. Wanita yang sedang menstruasi dan melakukan sauna diketahui mampu meningkatkan peredaran darah sekaligus memberikan efek kehangatan yang meredakan rasa nyeri haid.

Selain sauna, beberapa hal yang aman dan bahkan dianjurkan bagi Anda yang sedang menstruasi supaya jauh lebih rileks dan berenergi antara lain adalah:

  • Spa – Selain sauna, spa adalah jenis perawatan yang diperlukan, khususnya massage seluruh tubuh, belum lagi ditambah mani-pedi serta facial yang akan membantu meningkatkan suasana hati menjadi jauh lebih baik. Wanita yang tengah haid memiiki ketidakstabilan emosi karena perubahan hormonal, maka relaksasi dalam bentuk sauna dan juga spa adalah penting.
  • Yoga – Jikapun ingin melakukan aktivitas yang sedikit lebih aktif namun tetap bisa merilekskan diri, maka latihan Yoga adalah pilihan yang tepat. Selain menjadi lebih fleksibel, Yoga akan membantu meningkatkan keseimbangan jiwa, pikiran, dan juga tubuh Anda di waktu yang sama. Melakukannya di kala haid justru malah bisa menjadi solusi berbagai macam gangguan datang bulan, khususnya bridge pose, bersila, dan juga pose yang dilakukan dengan bantuan alat berupa kursi.
  • Mandi menggunakan air hangat – Mandi dengan air hangat yang diguyurkan ke tubuh akan sangat bermanfaat bagi para wanita yang sedang haid karena otot-otot tubuh yang terasa sakit, termasuk perut yang kram bisa mereda. Jika ingin lebih berkhasiat, Anda boleh memberikan minyak esensial pilihan Anda beberapa tetes ke dalam air mandi lalu mengguyurkannya ke badan untuk bisa lebih rileks.
  • Tertawa – Menonton video atau film lucu, bercanda bersama dengan keluarga ataupun teman dekat juga menjadi hal yang aman dan malah sangat dianjurkan bagi Anda yang sedang menstruasi. Ini karena endorfin akan terlepas dari tubuh sehingga tertawa menjadi cara mengatasi stres yang ampuh karena Anda bisa jauh lebih santai. Mood yang buruk pun bisa berubah menjadi lebih baik.
  • Menikmati coklat hitam – Dark chocolate atau coklat hitam yang dikonsumsi selama haid juga turut menjadikan produksi endorfin meningkat. Suasana hati pun akan berubah kembali jadi baik dan mencegah Anda untuk menjadi terlalu emosi. Sementara itu, kandungan sifat antioksidannya yang tinggi siap untuk menjaga kesehatan jantung serta menunda serta mencegah penyebab penuaan dini.

Sauna adalah kegiatan yang aman ketika Anda sedang menstruasi, apalagi jika melakukan kegiatan-kegiatan lain yang telah disebutkan tersebut. Anda akan merasa jauh lebih baik ketimbang hanya banyak tidur dan duduk walaupun memang rasa nyeri haid cukup mengganggu dan menghambat Anda melakukan aktivitas fisik.

Hal-hal yang Tidak Dianjurkan saat Menstruasi

Sauna bukanlah aktivitas yang berbahaya karena masuk dan bersantai di ruangan panas ini akan membantu mendetoksifikasi tubuh secara alami melalui keluarnya keringat. Untuk pantangan yang perlu diperhatikan ketika sedang haid, hal-hal berikut inilah yang Anda harus tahu.

  • Berenang – Walaupun memungkinkan apabila Anda memakai tampon, kontak dengan air malah hanya akan meningkatkan potensi membukanya pembuluh darah sehingga ditakutkan bisa bocor.
  • Berolahraga berat – Olahraga ringan seperti Yoga, peregangan dan gerakan-gerakan ringan lainnya sah-sah saja, tapi olahraga dengan gerakan terlalu berat dan aktif tidak dianjurkan bagi yang sedang haid karena dikhawatirkan berisiko terjadi perdarahan berat. Bahkan senam aerobik sekalipun bisa menyebabkan perdarahan cukup berat bagi beberapa wanita yang sedang haid.
  • Berhubungan intim dengan pasangan – Dengan alasan ketidaksterilan, ketidaknyamanan dan adanya risiko infeksi, saat menstruasi kegiatan berhubungan seksual dengan pasangan sebaiknya dihindari dulu.

Jadi, amankah sauna saat menstruasi? Justru sauna adalah salah satu yang paling disarankan bagi Anda untuk merasa jauh lebih rileks di kala haid. Karena mampu meredakan rasa sakit saat haid dan memperbaiki suasana hati, Anda bisa mencoba sauna ketika datang bulan. Selain itu, Anda pun akan terhindar dari risiko serangan jantung, lonjakan kadar tekanan darah, serta penyakit radang sendi.