Home Featured 10 Tanda Tubuh Harus Istirahat dari Rutinitas Padat

10 Tanda Tubuh Harus Istirahat dari Rutinitas Padat

by Erlita

Dengan kesibukan yang tiada akhir, bahkan di akhir pekan sekalipun, sebagian orang tanpa sadar sedang tidak memberikan kesempatan istirahat bagi pikiran dan tubuh. Beberapa orang memiliki sejumlah keluhan yang sebenarnya bisa saja tanda tubuh harus istirahat segera. Sebelum kondisi tubuh dan mental makin serius, ini lho tanda kalau istirahat itu perlu dilakukan secepatnya.

  1. Pikiran Tidak Jernih

Fisik yang terlalu lelah dapat berdampak pada kesehatan fungsi otak dan mental kita. Ketika konsentrasi mulai menurun, pikiran terasa tidak jernih, ini saatnya untuk merencanakan waktu istirahat. Jangan sampai membiarkan ketidakjernihan pikiran menghambat produktivitas kita apalagi kehidupan sosial lho.

  1. Kaki Kram

Mengalami kram terlalu sering di bagian kaki? Memang ada kalanya kekurangan mineral kalium itu jadi sebab utamanya, namun selain itu sebenarnya kelelahan fisik bisa jadi pemicunya juga. Selain menambah asupan makanan yang mengandung kalium dan magnesium tinggi, ambil waktu untuk beristirahat cukup ya.

  1. Badan Kaku dan Tegang

Rasa lelah yang menandakan bahwa kita membutuhkan istirahat itu salah satunya datang dari badan yang mengalami kekakuan dan ketegangan. Selain banyak istirahat, cobalah untuk menghilangkan kekakuan dengan mendapatkan pijatan sambil memakai minyak aromaterapi supaya tubuh serta pikiran lebih tenang.

  1. Banyak Murung

Sudah waktunya memberi waktu bagi diri sendiri untuk istirahat ketika suasana hati selalu buruk, sering merasa cepat lelah, apalagi sampai depresi. Bukan hanya pikiran, emosi pun dapat dipengaruhi oleh fisik yang kelelahan sehingga jadi lebih gampang menangis, mudah putus asa, makin pesimis, jadi pemarah dan terlampau sensitif sehingga gampang tersinggung.

  1. Susah Tidur

Tubuh yang lelah tak selalu memudahkan kita untuk terlelap. Nyatanya, banyak orang justru jadi sulit tidur saat tubuh sedang capek-capeknya. Ketika kualitas tidur jadi menurun dan memburuk, seperti seringnya terjaga di tengah malam, cobalah untuk rileks dan carilah cara menghilangkan stres pikiran yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Gampang Sakit

Kelelahan fisik dan mental yang berlebihan mampu menurunkan sistem daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh melemah, otomatis kita jadi gampang jatuh sakit, entah itu sakit kepala, flu, masuk angin hingga sariawan.

  1. Detak Jantung Tak Seperti Normalnya

Tubuh kelelahan dan perlu istirahat terkadang dapat ditandai dengan kondisi detak jantung yang meningkat. Hal ini bahkan bisa saja disertai dengan tekanan darah yang ikut naik lho, jadi atasi stres fisik dan mental dengan latihan pernapasan, meditasi, ataupun Yoga supaya detak jantung normal lagi.

  1. Tidak Lapar

Saat tubuh kelelahan dan butuh istirahat, tubuh juga jadi tak gampang merasa lapar. Sistem metabolisme yang telanjur kacau karena kelelahan itulah berujung pada nafsu makan yang menurun dan lama-lama hilang. Walau tak nafsu makan, coba untuk tetap mengonsumsi makanan sehat agar tubuh memperoleh nutrisi lebih sehingga tubuh juga jadi pulih.

  1. Wajah Berjerawat

Jerawat bisa timbul karena dipicu oleh stres dan juga kurang istirahat. Produksi sebum serta minyak pada kulit akan jauh lebih banyak ketika seseorang sedang dalam kondisi stres, maka ketika jerawat makin banyak saja silakan untuk merencanakan waktu supaya bisa beristirahat lebih banyak.

  1. Urine Berwarna Kuning Pekat

Tanda lainnya bahwa tubuh harus segera istirahat adalah warna urine yang kuning pekat gelap saat buang air kecil. Kelelahan disertai dengan kurang asupan cairan bisa menimbulkan keluhan seperti ini. Untuk mengembalikan warna urine kembali jernih, cobalah untuk minum lebih banyak air putih sambil mengurangi aktivitas fisik yang terlalu berat.

Itulah sederet tanda tubuh harus istirahat sehingga perlu untuk mengambil cuti barang 1-2 hari. Perbaikilah kualitas tidur serta pola makan untuk membuat tubuh kembali segar dan bugar. Lakukanlah olahraga yang bisa membuat tubuh rileks, seperti Yoga atau olahraga ringan lainnya semacam jalan kaki; namun jika kondisi tubuh tak membaik juga, cepat-cepat temui dokter ya.

You may also like