Begini 8 Cara Menghilangkan Rasa Asam di Mulut Mudah dan Ampuh !

2445

Selain mulut terasa pahit, terkadang beberapa orang dapat mengalami yang namanya mulut terasa asam. Kondisi di mana timbul rasa asam di mulut dalam istilah medisnya adalah dysgeusia dan kondisi ini bisa saja dialami cukup lama atau bahkan hanya sebentar saja. Biasanya, faktor-faktor berikut inilah yang pada umumnya membuat mulut terasa asam.

  • Flu
  • Sinusitis
  • Infeksi gigi
  • Periodontitis
  • Radang gusi
  • Alergi
  • Efek samping suplemen atau obat tertentu (misalnya: obat osteoporosis, antihistamin, diuretik, steroid, tekanan darah, antibiotik, antijamur, dan antidepresan)
  • Efek samping kemoterapi
  • Penyakit diabetes
  • Penyakit gagal ginjal
  • Kehamilan
  • GERD atau kenaikan asam lambung
  • Penggunaan gigi palsu yang kebersihannya kurang terjaga
  • Tambalan gigi yang kurang tepat

Itulah beberapa kondisi yang secara umum dapat menjadi penyebab dari timbulnya rasa asam di mulut sehingga Anda tak merasa nyaman. Bila Anda mengalami keadaan mulut semacam ini, maka berikut adalah sejumlah cara menghilangkan rasa asam di mulut yang bisa dilakukan agar Anda bisa merasa nyaman kembali.

  1. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Buah dan sayuran segar dapat membantu Anda untuk menjaga kesegaran sekaligus kesehatan mulut sehingga Anda bisa mengatasi masalah rasa asam di mulut secara alami. Konsumsilah sayur dan buah yang memang kandungan seratnya tinggi, dan buktikan sendiri ketika bangun tidur pun mulut tak akan terasa asam lagi.

  1. Menyikat Gigi Teratur

Tingkat kebersihan mulut yang kurang bisa jadi adalah salah satu faktor pemicu rasa asam untuk timbul. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan mulut dengan menyikat gigi teratur, yakni sehari 2-3 kali. Pastikan pula menyikat gigi dilakukan dengan benar, yakni menyikat bagian lidah juga serta membersihkan sela-sela gigi (flossing). Bahkan membersihkan gigi tiruan adalah hal wajib agar tidak berpengaruh pada peningkatan keasaman air liur.

  1. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur tak hanya berguna sebagai pendukung kebersihan mulut, tapi juga dapat menyegarkan mulut. Oleh karena itu, setiap sehabis menyikat gigi Anda bisa berkumur dnegan obat kumur. Daripada menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol, lebih dianjurkan untuk menggunakan obat kumur alami saja.

Setiap pagi dan malam Anda bisa menyediakan lebih dulu setengah gelas air putih yang dicampur bersama bubuk baking soda sebanyak ½ sendok teh. Setelah tercampur rata, Anda bisa menggunakannya untuk berkumur selama kurang lebih 1-2 menit lamanya. Melakukan cara ini rutin, mulut asam Anda akan teratasi dengan baik dan efektif.

  1. Membatasi Asupan Gula dan Karbohidrat

Anda perlu tahu bahwa air liur memiliki tingkat keasaman yang bisa meningkat. Peningkatan kadar keasaman tersebut bisa saja dipengaruhi oleh asupan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk mulai mengurangi makanan bergula dan berkarbohidrat tinggi apalagi karbohidrat olahan.

  1. Menghindari Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Jika mulut asam disebabkan oleh kondisi GERD atau masalah naiknya asam lambung, Anda perlu menghindari makanan-makanan tertentu. Soda, makanan pedas, alkohol, kafein, bawang putih, bawang merah, makanan asam, dan bahkan coklat merupakan pantangan Anda. Minimalkan konsumsi seluruh makanan tersebut untuk mengembalikan kondisi mulut dan juga mengatasi GERD.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika masalah utama yang memicu rasa asam di mulut adalah kondisi tubuh yang sedang kurang baik, seperti terkena pilek atau infeksi sinus, maka tingkatkanlah daya tahan tubuh Anda. Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa dilakukan secara alami adalah dengan menambah asupan vitamin C.

Jadi, pastikan Anda mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi agar tubuh kembali sehat, segar dan bugar. Ketika daya tahan tubuh kembali normal, biasanya kondisi gejala flu yang cukup mengganggu akan mulai mereda dan akan hilang dengan cukup cepat.

  1. Berkonsultasi dengan Dokter

Apabila ada masalah pada kesehatan mulut Anda, seperti halnya radang gusi, tambalan gigi menurut Anda kurang tepat, infeksi gigi dan semacamnya, segera datang ke dokter gigi untuk mengonsultasikannya. Rasa asam di mulut bisa jadi berasal dari kondisi-kondisi tersebut, maka mintalah bantuan dokter ahlinya untuk mengatasi.

Anda juga bisa ke dokter untuk mengonsultasikan serta memastikan apakah rasa asam di mulut ditimbulkan oleh kondisi penyakit gagal ginjal atau penyakit gula. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh solusi perawatan yang paling sesuai dari dokter menurut faktor penyakit yang menyebabkan keluhan mulut asam.

  1. Berhenti Minum Obat Tertentu

Seperti telah disebutkan sebelumnya, ada kemungkinan bahwa asamnya mulut disebabkan oleh penggunaan atau konsumsi obat-obatan tertentu. Biasanya, efek samping obat akan hilang setelah berhenti menggunakan obat tersebut, jadi Anda bisa mencoba berhenti dulu dalam penggunaan obat dan lihat hasilnya. Jika Anda ragu, konsultasikanlah dengan dokter tentang adakah obat alternatif yang tak menimbulkan efek semacam ini.

Demikianlah cara menghilangkan rasa asam di mulut yang bisa Anda lakukan. Pastikan juga untuk memiliki waktu istirahat yang cukup, minum air putih yang cukup dan bahkan usahakan untuk lebih banyak, serta mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi supaya kesehatan mulut tetap terjaga baik.