Bolehkah Minum Es Saat Sariawan? Begini Penjelasannya Bagi Anda

617

Sariawan merupakan kondisi yang kelihatannya simpel karena muncul dalam bentuk luka kecil pada gusi ataupun jaringan lunak mulut, meski begitu tetap saja sangat tidak nyaman dan menurunkan selera makan bukan? Walau bukan termasuk jenis penyakit menular, sariawan tetap merupakan penyakit yang mengganggu. Namun jika Anda menyukai es, bolehkah minum es saat sariawan sedang menyerang?

Minum atau makan es aman tidak bagi penderita sariawan?

Biasanya ketika seseorang sedang sariawan, itu artinya kondisi kesehatan mulut sedang kurang baik dan kerap dianggap sebagai kondisi panas dalam. Bila makan makanan yang sembarangan, kemungkinan hal ini justru bisa menjalar hingga masalah radang tenggorokan karena juga termasuk dalam kondisi panas dalam.

Sariawan menjadikan anak-anak jauh lebih sulit untuk makan, namun kabar baiknya di sini adalah bahwa baik anak-anak maupun orang dewasa yang terkena sariawan boleh mengonsumsi es. Jika Anda ingin minum yang dingin-dingin atau bahkan makan es krim, begitu juga ingin memberikannya bagi anak kesayangan Anda, silakan saja.

Menurut dr. Meta Hanindita dilansir dari laman situs Detik Health, mengonsumsi minuman atau makanan dingin malah bisa menjadi pereda nyeri yang alami. Untuk mengobati rasa nyeri akibat luka sariawan di dalam mulut, lidah ataupun gusi, minumlah es. Tapi, sebaiknya pun konsumsi tidak secara berlebihan supaya tidak justru menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Anak akan lebih sulit dalam menahan rasa sakit karena sariawan yang muncul sehingga nafsu makannya turun dan pada akhirnya sulit makan dan berdampak pada berat badannya. Namun bukan lantas berarti sariawan hanya memerlukan minum es saja sebagai obatnya, sebab jika infeksi jamur adalah penyebabnya, tetap harus diberi obat agar penyebaran sariawan dapat dicegah.

Manfaat Minum Es Selain Sebagai Pereda Sariawan

Selain efektif dalam meredakan rasa nyeri akibat sariawan, minum es atau mengonsumsi yang dingin-dingin merupakan suatu langkah dalam meningkatkan kesehatan, terutama dalam beberapa kondisi. Berikut adalah sejumlah manfaat dari minum es yang bisa didapat oleh Anda:

  • Mengatasi cegukan – Hal ini belum dapat dibuktikan oleh studi tertentu, namun telah banyak orang yang meyakini bahwa masalah cegukan pun bisa diatasi cukup dengan meminum air dingin. Cegukan terjadi karena otot diafragma yang mengalami kejang, maka dengan minum es malah justru akan merilekskan otot yang kejang tadi.
  • Mencegah heatstroke – Saat tubuh tak mampu mengontrol suhu tinggi yang terpapar pada tubuh, hal ini kemudian bisa memicu heatstroke. Ketika Anda bekerja atau beraktivitas dengan paparan cuaca panas yang begitu menyengat tanpa diimbangi dengan banyak minum air putih, dehidrasi pun turut terjadi. Minum es akan menurunkan suhu tubuh yang terlalu tinggi sehingga tentunya akan menguntungkan bagi Anda yang terkena heatstroke.
  • Membakar kalori – Minum es, khususnya air es atau air dingin mampu menjaga kestabilan berat badan dan bahkan menjadi cara menurunkan berat badan yang jauh lebih baik ketimbang minum air hangat dan minum air putih biasa. Ini karena meminum air es justru bisa meningkatkan metabolisme tubuh yang otomatis mendukung proses pembakaran kalori jauh lebih efektif.

Jadi, amankah minum air es untuk para penderita sariawan? Justru minum es sangat dianjurkan bagi yang sedang menderita sariawan, baik itu anak-anak ataupun orang dewasa. Hanya saja, tentu minum es tidak dianjurkan untuk berlebihan sebab perlu juga diimbangi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi.

Namun, selalu ada kemungkinan bahwa sariawan pun tetap saja tak kunjung sembuh dalam waktu yang lama atau sering muncul dan kambuh-kambuhan. Jika demikian kasus yang Anda alami, pastikan bahwa Anda datang pada dokter untuk mengonsultasikannya hingga tuntas. Dokter jauh lebih tahu apa solusi yang paling tepat bagi sariawan Anda ketika cara mengobati sariawan alami kurang efektif.

Ada beberapa cara lainnya yang kiranya membantu Anda dalam menyembuhkan sariawan secara lebih cepat, yakni antara lain adalah:

  • Berkumur menggunakan air garam hangat.
  • Menghindari alkohol.
  • Menghindari aktivitas merokok.
  • Menggosok gigi sehari 2 kali secara teratur.
  • Menggunakan benang gigi untuk membersihkan secara rutin; istilahnya adalah dental flossing.
  • Menambah asupan vitamin B, vitamin C, serta asam folat dari sumber makanan yang tepat.
  • Mengonsumsi air putih sehari 2-3 liter.
  • Menghindari makanan maupun minuman yang rasanya asam.
  • Menghindari makanan maupun minuman yang terlalu panas.
  • Menghindari konsumsi makanan dengan rasa pedas sementara waktu.

Bolehkah minum es saat sariawan tengah terjadi? Ya, karena minum es bisa menjadi cara meredakan nyeri sariawan atau obat sariawan yang sangat efektif. Lakukan juga beberapa tips lain yang telah disebutkan untuk mempercepat kesembuhan sariawan. Namun ketika sariawan tidak kunjung hilang, Anda perlu untuk segera ke dokter supaya dokter bisa membantu penyembuhan lebih maksimal.