Intip 3 Senam Jantung Sehat Bermanfaat Patut Dicoba !

932

Jantung adalah organ tubuh yang termasuk vital namun juga paling sering terkena gangguan kesehatan. Oleh karena itu, berbagai cara sebenarnya dapat dilakukan agar bisa menjaga kesehatan fungsi jantung sebagai pemompa darah supaya bisa mengalir ke seluruh tubuh secara lancar. Aktif bergerak merupakan kunci untuk jantung yang sehat selain menjaga pola makan yang bernutrisi.

Tips diet sehat perlu Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, tapi hindari untuk berfokus hanya kepada asupan makanan, sebab jenis olahraga yang Anda pilih pun dapat berpengaruh besar pada kesehatan jantung. Bila Anda tak memiliki waktu untuk pergi ke gym dan berolahraga di sana, beberapa senam jantung sehat murah meriah dan simpel ini bisa dicoba.

  1. Senam Untuk Jantung

Senam khusus untuk kesehatan jantung seperti senam SKJ, terutama yang dilakukan beramai-ramai tak hanya bakal seru tapi juga sangat bermanfaat dalam menjadi cara melancarkan peredaran darah. Ketika aliran darah lancar, otomatis pembuluh darah tak gampang terkena sumbatan.

Jantung kita dapat bermasalah karena pada umumnya terjadi sumbatan pembuluh darah oleh lemak dan kolesterol jahat bukan? Dengan melakukan senam khusus untuk jantung yang biasanya dilakukan selama setengah jam, tubuh justru terbantu untuk memperoleh kebutuhan oksigen sekaligus sebagai cara membakar lemak yang sederhana namun efektif sehingga lemak dan kolesterol tak menghalangi aliran darah.

Berikut ini merupakan gerakan umum senam untuk jantung sehat yang biasa dilakukan, mulai dari pemanasan (ingat untuk menghindari bahaya olahraga tanpa pemanasan), gerakan intinya, hingga langkah pendinginan.

  • Pemanasan – Tundukkan dan miringkan kepala, lalu bahu diangkat sambil kemudian kedua telapak tangan Anda tekan dan jari-jari tangan Anda tarik seperti peregangan pada umumnya. Putar tubuh ke kiri dan kanan, lalu rentangkan tangan sambil kedua bahu ditarik. Tak lupa, putar badan, putar sisi tubuh, dan badan dibungkukkan. Pemanasan diakhiri dengan menekuk kaki ke belakang dan menekannya secara bergantian.
  • Inti – Selalu awali gerakan inti dengan berjalan di tempat terus-menerus namun dengan gerakan tubuh atas yang bervariasi. Pertama, bahu dan kepala digerak-gerakkan, lalu tangan bisa Anda rentangkan sambil mendorong lengan. Masih berjalan di tempat, tangan lagi-lagi direntangkan dan kedua lengan Anda angkat, setelah hitungan berakhir, ganti gerakan dengan menggerakkan badan (tangan masih terentang). Akhir gerakan inti adalah berlari di tempat dengan gerakan bagian tubuh atas yang bisa Anda variasikan.
  • Pendinginan – Awali gerakan pendinginan dengan membuka kedua kaki (lebarnya selebar bahu) kemudian lanjutkan dengan membungkuk sebelum disusul dengan gerakan memutar tubuh ke kiri dan kanan. Kaki dan lengan dapat Anda luruskan dan tarik sebagai gerakan akhir.
  1. Naik Turun Tangga

Jenis senam sederhana lainnya yang bisa dilakukan, khususnya bagi Anda yang tinggal di rumah berlantai dua, naik turun tangga bisa jadi senam untuk jantung sehat yang efektif. Tak perlu harus di rumah, di kantor pun pada jam istirahat bisa Anda gunakan waktu untuk melakukan olahraga tersimpel ini.

Anda bisa melakukan selama 15 menit untuk aksi naik turun tangga; lalu, apakah itu tidak terlalu melelahkan? Berikan waktu 5 detik untuk istirahat setelah melakukan naik 5-10 anak tangga dan turun 5-10 anak tangga. Jika Anda masih kuat, ulangi 1-2 kali, terutama bila kondisi lutut Anda masih tergolong sehat.

  1. Yoga

Yoga mungkin sepintas dianggap sebagai bentuk olahraga senam lantai dan untuk jantung yang sehat ditambah dengan otot tubuh yang lebih fleksibel, latihan fisik ini bisa Anda coba. Telah dibuktikan dari sebuah hasil penelitian dalam jurnal European Journal of Preventive Cardiology, Yoga adalah cara untuk membuat paru-paru serta jantung penderita masalah jantung jadi lebih baik.

Bahkan beberapa hasil penelitian lainnya pun menyatakan bahwa Yoga merupakan jenis latihan fisik yang dapat menurunkan risiko jenis-jenis penyakit jantung. Tak ada ruginya memulai jenis senam satu ini karena latihan Yoga juga biasanya diandalkan sebagai cara mengatasi stres yang ampuh, khususnya bagi orang-orang penderita penyakit jantung yang mengalami tekanan.

Agar jantung tetap sehat, ketiga senam jantung sehat tersebut adalah yang paling mudah untuk Anda lakukan secara rutin. Untuk hasil terbaik bagi kesehatan jantung, Anda bisa melakukan aktivitas fisik tersebut seminggu 4-5 kali masing-masing dengan durasi setidaknya setengah jam atau 30 menit. Menambah durasi olahraga sangat boleh, tapi sesuaikan dengan usia serta kemampuan fisik Anda dan hindari bahaya olahraga yang berlebihan.