Kalau Tubuh Merasakan 6 Hal Ini, Tandanya Kamu Sedang Stres

Tanpa disadari, saat kita sedang stres sebenarnya hal ini berpengaruh pada kondisi fisik kita. Namun seringkali, berbagai tanda keluhan pada tubuh ini tak dianggap serius dan tak ada hubungannya dengan rasa stres, padahal ada. Hati-hati lho, jika tubuh mulai merasakan beberapa hal ini, artinya diri kita sedang merasakan stres.

1. Pundak Terasa Sakit

Tiba-tiba pundak terasa berat dan nyeri? Mungkin hal ini kerap dianggap biasa dan nantinya bakal hilang sendiri. Padahal, bisa saja pundak sakit karena efek stres di mana rasa sakit akan hilang ketika sudah tak lagi stres. Ada baiknya tak semua hal dipendam sendiri, mengomunikasikan hal ini kepada orang terdekat yang dipercaya akan meringankan beban kita.

2. Sakit Kepala

Mulai merasakan sering sakit kepala padahal sepertinya tidak sedang flu atau bahkan tak banyak kegiatan? Mungkin pikiran kitalah yang terlalu sibuk memikirkan ini dan itu tiada henti, maka sakit kepala pun jadi sering menghampiri.

Pekerjaan yang mengharuskan segala sesuatunya serba cepat karena deadline maupun stres memikirkan kegagalan yang sempat terjadi, memang tak mudah diterima dan membuat diri sendiri stres. Hanya saja sebagai efeknya, sakit kepala jadi gampang muncul lho. Duduk dan rilekslah barang sejenak; bermeditasi, melatih pernafasan, atau jalan-jalan ke luar sebentar bisa menjadi cara menghilangkan stres pikiran yang ampuh.

3. Sakit Pinggang

Sakit di bagian pinggang bisa saja adalah efek terlalu banyaknya menghabiskan waktu bekerja dan berpikir tentang banyak hal. Redakanlah sakit pinggang dengan mencari cara mengatasi stres yang tepat, seperti ambil waktu untuk peregangan, jalan-jalan menghirup udara segar, atau berolahraga barang 15-20 menit.

4. Sakit Punggung

Tak hanya pinggang, punggung juga bisa saja merasakan sakit yang sama ketika bekerja terlalu lama ditambah stres yang tak kunjung hilang. Ambil waktu untuk berbaring, mengistirahatkan diri, atau berolahraga dan berwisata supaya stres hilang dan tubuh jadi kembali segar. Dengan begini, kita akan siap kembali untuk menghadapi tantangan-tantangan baru keesokan harinya.

5. Sakit di Bagian Kaki dan Tangan

Sakit atau seringnya kram pada bagian tangan dan kaki ada kemungkinan memang tubuh sedang kekurangan mineral kalium. Hanya saja, kurangnya olahraga ditambah padatnya aktivitas dan stres menumpuk jelas berpengaruh pada kesehatan tangan dan kaki kita.

6. Sakit Leher

Saat kita stres, ketegangan dapat menyerang bagian leher di mana rasanya akan begitu kaku, nyeri dan tidak nyaman. Stres mengerjakan pekerjaan yang terus menumpuk serta stres pikiran yang tak kunjung hilang mampu memicu sakit leher lho. Jadi, jangan lupa setiap 2 atau 3 jam sekali regangkanlah tubuh, khususnya bagian leher agar lebih rileks.

Saking fokusnya pada banyak kegiatan, kita kerap tak sadar bahwa diri sendiri sedang stres hingga akhirnya mulailah timbul rasa tak nyaman, nyeri, dan gejala tak wajar pada beberapa bagian tubuh. Segera lakukan terapi menghilangkan stres atau temui dokter untuk memperoleh solusi yang tepat.