6 Cara Seimbangkan Hormon Alami, Wanita Perlu Tahu

Hormon adalah zat penting yang berada di dalam tubuh manusia dengan peran vital membuat fungsi tubuh berjalan dengan baik. Hormon merupakan zat yang ada di dalam peredaran darah mengalir ke setiap organ tubuh dan jaringan. Fungsi tubuh tertentu dapat terpengaruh ketika sedikit saja terjadi perubahan pada jumlah hormon.

Bahkan saat hormon tak seimbang (khususnya antara hormon progesteron dan estrogen), sejumlah kondisi ini rentan terjadi pada wanita:

  • Ketidaknyamanan pada payudara
  • Keringnya organ intim wanita
  • Mood yang mudah berubah
  • Selalu merasa cepat lelah
  • Perut terasa tidak nyaman
  • Timbul jerawat berlebihan
  • Mengalami gangguan tidur
  • Menstruasi tidak teratur
  • Menjadi pelupa dan mudah bingung

Ketika tanda-tanda ini mulai dialami, jangan abaikan dan remehkan itu karena itu artinya kita perlu segera menyeimbangkan kembali kadar hormon dalam tubuh. Tinggi estrogen tapi rendah progesteron? Ketidakseimbangan ini bisa coba diatasi dengan beberapa hal berikut ini di mana para wanita perlu mengetahuinya.

1. Makan Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung zat besi serta serat tinggi di mana mengonsumsinya bukan hanya mencegah anemia maupun gangguan pencernaan, melainkan membantu menyeimbangkan hormon secara alami. Mengonsumsi rutin akan mendukung penambahan energi dalam tubuh; jadi konsumsilah secara langsung atau menjadikannya smoothie lalu meminumnya setiap hari.

2. Makan Apel

Selain serat, ada kandungan tinggi vitamin serta mineral di dalam buah apel yang akan menutrisi tubuh. Tak hanya memperlancar saluran pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh, dampak dari kebiasaan makan apel juga akan mendetoksifikasi tubuh serta membantu menyeimbangkan lagi hormon-hormon yang tidak seimbang. Boleh dimakan langsung setiap hari, boleh juga diolah menjadi jus ataupun smoothie agar terasa lebih segar.

3. Minum Teh Hijau

Tinggi sifat antioksidan menjadikan teh hijau minuman yang super menyehatkan, apalagi jika menjadikannya sebagai penyeimbang hormon alami. Segala bentuk racun dalam tubuh akan dibuang oleh antioksidan dari teh hijau ini di mana biasanya racun dan zat-zat kimia inilah yang membuat hormon terganggu. Oleh sebab itu, minumlah teh hijau hangat setiap hari atau setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

4. Mengonsumsi Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan yang meliputi kacang Lima, kacang merah, kacang pinto, kacang flageolet, kacang cannellini, hingga kacang borlotti adalah cara menjaga supaya hormon tetap seimbang dan baik. Kaya akan asam lemak omega-9 dan omega-3, tentunya ada banyak manfaat lain lagi yang bisa diperoleh.

5. Makan Buah Berry

Berbagai jenis buah berry tak hanya segar di mulut tapi menawarkan manfaat besar lho bagi tubuh dan keseimbangan hormon dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Berry-berryan ini bisa membuang segala macam toksin dalam tubuh yang memicu ketidakseimbangan atau gangguan hormon. Makanlah langsung atau buatlah jus maupun smoothie hasil dari kombinasi buah berry.

6. Makan Buah Jeruk

Satu lagi buah yang mengandung vitamin C tinggi di mana mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memberikan efek keseimbangan hormon. Mengonsumsi buah jeruknya langsung atau meminum jus jeruk rutin setiap hari menjadikan tubuh terhindar dari berbagai efek buruk radikal bebas lho.

Jadi saat beberapa gejala tak nyaman pada tubuh terjadi seperti yang telah disebutkan di atas, mungkin hal tersebut mengarah pada hormon yang terganggu dan tak seimbang. Mulailah mengonsumsi makanan dan minuman sehat tersebut, serta tak lupa konsultasikan ke dokter jika keluhan berlanjut.