10 Cara Mengatasi Kram Kaki di Malam Hari Alami Paling Jitu

Kram di area kaki yang terjadi pada malam hari bisa terjadi pada siapa saja, namun paling sering terjadi pada orang tua dan juga wanita selama masa kehamilan. Kram yang terjadi saat sedang tertidur di malam hari tentunya sangat mengganggu karena rasa sakit yang terjadi dari kram tersebut sangat terasa sehingga menyebabkan kaki jadi sulit untuk digerakkan. Sebagian kram memang bisa hilang dengan sendirinya, namun sebagian lagi membutuhkan sedikit waktu dan tindakan agar tubuh bisa pulih seperti semula. Untuk anda yang kebetulan sering mengalami masalah ini, silahkan simak ulasan tentang cara mengatasi kram kaki di malam hari yang akan kami berikan.

1. Minum Air Tonik Kina

Air tonik yang mengandung kina sudah terbukti bisa meredakan kram kaki atau kaki mati rasa di malam hari. Sedangkan dari FDA menyarankan untuk menggunakan dosis kina yang lebih besar untuk mengatasi kram otot yang bisa ditemukan dalam obat qualaquin. Untuk mengkonsumsi air tonik kina ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk memperoleh dosis yang paling tepat.

2. Kompres Air Hangat

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kram kaki yang terjadi pada malam hari adalah dengan mengompre kaki memakai air hangat. Gunakan botol yang sudah diisi dengan air hangat atau juga bisa memakai bantalan pemanas elektrik untuk mengendurkan dan melonggarkan otot sehingga kram bisa diringankan.

3. Konsumsi Banyak Kalium

Kekurangan kalium menjadi salah satu penyebab kaki sering kram di malam hari sehingga mengkonsumsi suplemen kalium dan beberapa makanan yang mengandung kalium sangat disarankan agar masalah kram tersebut bisa diatasi secara cepat. Beberapa sumber kalium yang bisa anda konsumsi diantaranya adalah kurma, pisang, persik, aprikot, brokoli, anggur, kubis, jeruk keprik, ikan laut, daging sapi dan juga daging domba.

4. Konsumsi Suplemen Magnesium

Untuk kram kaki di malam hari yang dialami oleh ibu selama masa kehamilan, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen magnesium khususnya selama hamil muda. Suplemen magnesium ini sangat penting agar tubuh bisa berfungsi secara normal.

5. Minum Banyak Air

Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi juga menjadi hal penting untuk menyembuhkan kram kaki malam hari. Pastikan anda minum banyak air di siang hari agar kram kaki di malam hari bisa dicegah. Untuk wanita disarankan minum air putih minimal 2.2 liter per hari, sedangkan untuk pria disarankan minum 3 liter air minimal per hari.

6. Konsumsi Antagonis Kalsium

Antagonis kalsium atau yang dikenal juga dengan istilah calcium channel blocker mampu menjadi pencegah handal akan masuknya kalsium dalam dinding sel sekaligus pembuluh darah di dalam tubuh. Antagonis kalsium ini umumnya juga dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi yang juga bisa digunakan untuk menyembuhkan kram pada malam hari.

7. Minum Susu Sapi

Secara teori, susu sapi sangat baik untuk mengatasi ketidakseimbangan kalsium sehingga akan membantu mengatasi kram yang terjadi pada malam hari. Selain itu, dalam susu sapi murni juga mengandung fosfor yang sangat baik untuk mencegah kram kaki di malam hari semakin buruk.


8. Sabun Mandi

Saat kram sedang terjadi, anda bisa meletakkan sabun mandi batangan  atau mengoleskan sabun cair anti alergi  secara langsung pada bagian kaki yang mengalami kram. Tunggu beberapa detik dan kram pada kaki bisa mereda dan hilang seluruhnya. Ini bisa bekerja sebab molekul dalam sabun akan berdifusi keluar sehingga meredakan kram.

9. Konsumsi Ragi

Ragi bisa dikonsumsi untuk meningkatkan sirkulasi di bagian kaki dengan cara menambah asupan vitamin B dalam tubuh untuk mengatasi penyebab sering kram. Selain itu, mengkonsumsi ragi juga sangat direkomendasikan oleh dokter meski belum teruji secara klinis. Anda bisa mengkonsumsi 1 sendok makan ragi setiap hari untuk mengatasi masalah kram kaki di malam hari dengan teratur.


10. Teh Kamomil

Meminum teh kamomil bukan hanya menjadi cara mengatasi stres alami nan ampuh, melainkan juga dapat mengatasi kram kaki yang terjadi di malam hari. Meminumnya beberapa kali dalam sehari adalah lebih dianjurkan supaya mampu meningkatkan kadar asam amino alami di dalam tubuh pengonsumsinya yang akan menjaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit dengan gejala seperti kram.

Cara mengatasi kram kaki di malam hari bisa dilakukan dengan beberapa metode seperti atopik atau penggunaan luar dan juga mengkonsumsi beberapa asupan makanan dan minuman yang sangat penting untuk mencegah dan mengatasi kram kaki saat malam hari seperti yang sudah kami sampaikan diatas.

, , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kram