Home Featured Hindari Konsumsi 10 Makanan Ini Saat Perut dalam Kondisi Kosong

Hindari Konsumsi 10 Makanan Ini Saat Perut dalam Kondisi Kosong

by Erlita

Ketika perut dalam kondisi kosong belum terisi apapun dan tanda lapar berat sedang menghampiri, pilih makanan yang benar-benar tepat sebagai pengisinya. Ada beberapa orang yang jika memakan makanan-makanan ini dalam keadaan perut kosong malah justru berdampak pada kenaikan asam lambung, jadi bagi yang punya gangguan pencernaan pada lambung hendaknya bisa lebih berhati-hati.

  1. Sayur Hijau Mentah

Berkandungan asam amino, sayur hijau kurang bagus dimakan ketika kondisi sangat lapar dan perut benar-benar kosong. Timun misalnya, memakannya hanya akan memicu perut terasa penuh seperti bergas karena kembung. Hati-hati juga karena mengonsumsi sayur hijau mentah juga dapat menaikkan risiko mulas.

  1. Tomat

Sumber makanan yang mengandung vitamin C tinggi ini memang baik untuk pemenuhan kadar vitamin C dalam tubuh, tapi konsumsinya juga jangan saat perut benar-benar kosong. Saat lapar berat, hindari tomat karena kandungan asam tannic-nya akan menaikkan asam lambung dan bahkan berpotensi memicu luka lambung. Makanlah tomat usai perut terisi dengan makanan berkarbohidrat.

  1. Jeruk

Buah jeruk jenis apa saja tak dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai camilan atau menu utama sarapan pagi. Beberapa orang mungkin baik-baik saja ketika menikmatinya dalam kondisi perut kosong, namun sebaiknya hindari karena mampu memicu masalah lambung serta bikin perut sakit pada sebagian orang lainnya dikarenakan tingginya kandungan asam pada jeruk.

  1. Yogurt

Makanan lainnya yang sebenarnya dianggap menyehatkan apalagi di kala sedang diet, padahal juga dapat berbahaya bagi lambung adalah yogurt. Produk susu ini hasil fermentasi maka ketika dikonsumsi saat perut belum terisi apapun dapat memicu pembentukan asam klorida yang menjadi pemicu keasaman di dalam lambung. Hati-hati karena selain perut jadi sakit, akibatnya juga bisa bikin diare.

  1. Pisang

Saat lapar dan perut dalam kondisi kosong memang ada banyak yang mengatakan kalau pisang adalah asupan yang tepat. Selain memberi efek kenyang tahan lama, pisang juga mampu menjadi obat pencahar alami bagi yang mengalami gangguan pencernaan semacam sembelit.

Hanya saja, di dalam pisang itu kaya kalium dan magnesium yang akan memicu kadar kedua mineral tersebut jadi tak seimbang dalam darah. Efek tersebut bakal terjadi ketika mengonsumsinya ketika perut masih dalam kondisi belum terisi apapun. Pisang ambon adalah contoh jenis pisang yang hendaknya dihindari karena mampu menyebabkan kekambuhan sakit maag.

  1. Makanan Pedas

Bagi penyuka makanan pedas, sah-sah saja kok untuk memakannya namun pastikan di waktu yang tepat. Sarapan langsung yang pedas-pedas kurang bagus untuk kesehatan lambung lho, apalagi kalau perut sama sekali kosong lalu diisi makanan pedas. Produksi asam lambung bisa meningkat dan bahkan iritasi lambung dapat terjadi sebagai efek buruknya.

  1. Buah Pir

Buah pir bukankah menyegarkan ketika dikonsumsi saat perut kosong? Kandungan air yang tinggi dengan tekstur mirip buah apel biasanya dianggap menjadi pengisi perut lapar yang efektif. Namun perlu diketahui bahwa di dalam buah pir ada kandungan serat kasar yang hanya akan membuat membran mukosa halus terluka nantinya.

  1. Produk Gula Olahan

Konsumsi gula olahan pada waktu kondisi perut lapar berat dan belum terisi apapun sebelumnya hanya akan membuat kondisi pencernaan terganggu nantinya. Bila pun ingin mengonsumsi yang manis-manis alias bergula tinggi, isi perut dengan makanan bergizi lebih dulu atau setidaknya isi dengan air putih lebih dulu.

  1. Kopi

Apabila tak ingin mengalami gangguan pencernaan sepanjang hari berikut juga sakit maag yang tiba-tiba kambuh, hindari konsumsi kopi ketika perut lapar dan bahkan masih kosong. Kopi sebagai minuman sarapan utama hanya akan membuat jumlah hormon stres jauh lebih tinggi yang diproduksi oleh tubuh, bahkan ketika kopi dipilih sebagai camilan saat sedang lapar berat.

  1. Minuman Soda

Sewaktu udara panas, minuman soda memang salah satu yang bisa menyegarkan, namun sebaiknya konsumsinya tidak pada waktu perut kosong ya. Membran mukosa bisa rusak kalau mengonsumsinya saat perut kosong serta berefek pada suplai darah yang turun ke perut sehingga proses pencernaan makanan terganggu.

Pilih makanan yang aman untuk perut kosong ya, seperti bubur jagung, oatmeal, minum madu, telur rebus, apel, anggur, semangka, atau roti gandum. Makanan yang mengandung gas tinggi serta yang rasanya pedas, asam serta sangat manis bukanlah pilihan tepat.

You may also like