Sakit Perut Bagian Bawah Atas Kemaluan : Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sakit dibawah perut bawah dan diatas kemaluan bisa terjadi pada wanita maupun pada laki-laki, menurut medis sakit perut bagian bawah biasanya kerap dideskripsikan sebagai nyeri panggul. Rasa sakit  perut bagian bawah dan diatas kemaluan bisa menyerang pria maupun wanita, meskipun pada kenyataannya sakit pada bawah perut dan diatas kemaluan lebih sering terjadi pada perempuan. Penyebab dari sakit perut bagian bawah dan diatas kemaluan dapat bermacam-macam, selain itu kita juga dapat mengetahui gejala gejala yang ditimbulkan dan juga bagaimana cara pengobatan Ketika seseorang mengalami sakit bagian bawah perut dan diatas kemaluan.

Penyebab

Penyebab sakit perut bagian bawah di atas kemaluan dapat bermacam-macam salah satunya adalah sebagai berikut :

1. Interstitial cystitis

Interstitial cystitis atau kandung kemih merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan kandung kemih sakit dan tertekan. Selain merasakan sakit dan tertekan pada kandung kemih intensitas cystitis juga dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian perut bawah.

2. Hernia inguinalis

Hernia inguinalis Jungle merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit pada bagian bawah perut dan diatas kemaluan. Hernia inguinalis terjadi ketika jaringan menonjol melalui titik lemah pada otot perut. Perlu diketahui pula efek samping hernia bagi pria dan wanita agar terlindungi dari hernia.

3. Kanker usus besar

Kanker usus besar juga dapat menjadi salah satu penyebab ketika seseorang mengalami sakit perut bagian bawah. Kanker usus besar berawal dari gumpalan saat kecil yang di mana gumpalan tersebut bersifat jinak. Kanker pada dasarnya bisa disembuhakan dengan radioterapi, tetapi perlu diketahui bahwa efek sampng radioterapi kanker tetap ada dan perlu diwaspadai selain itu hal yang membahayakan kanker diantaranya meliputi bahaya obesitas terhadap kesehatan hingga kanker 

4. Apendisitis

Apendisitis atau yang sering disebut dengan radang usus buntu juga merupakan salah satu penyebab terjadinya nyeri pada perut bagian bawah

5. Pembesaran pada lempar

Rasa sakit pada bagian perut bawah juga dapat disebabkan karena terdapat pembesaran pada limpa. Penyebab dari penyakit ini adalah infeksi yang bersifat bakteri dan parasit Selain itu ternyata kanker darah juga dapat menyebabkan terjadinya pembesaran limpa.

6. Prostatitis

Prostatitis  atau penyakit prostat merupakan pembengkakan ataupun peradangan yang terdapat pada kelenjar prostat laki-laki yang di mana pemekaran tersebut akan menyebabkan sakit pada bagian bawah perut, selain merasakan sakit pada bagian bawah perut prostatitis juga dapat menyebabkan penderitanya merasakan sakit ketika buang air kecil. (baca juga ; penyebab pembesaran prostat)

7. Batu ginjal

Penyakit ginjal salah satunya adalah Batu ginjal . batu ginjall dapat menyebabkan berbagai masalah pada saluran kencing. Biasanya seseorang yang terkena batu ginjal akan merasakan sakit bagian perut bawah dan juga pangkalan paha. Mereka juga akan merasakan sakit ketika buang air kecil yang itu urine yang dikeluarkan dapat berubah warna menjadi pink merah ataupun cokelat. (baca juga : gejala batu ginjalcara mencegah batu ginjal)


8. Sakit perut karena menstruasi

Seseorang siang sedang mengalami menstruasi biasanya sering mengalami rasa sakit pada bagian perut bawah dan diatas kemaluan. Hal ini sering terjadi pada wanita yang siklus menstruasinya tidak stabil. Jika hal ini terus terjadi maka segera periksa karena ke dokter dan tanyakanlah pada dokter mengapa hal itu bisa terjadi dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan harus dihindari, agar tidak menjadi penyakit penyakit lainnya.

9. Keguguran

Keguguran bukanlah harapan seorang ibu yang sedang mengandung, biasanya seseorang yang telah mengalami keguguran akan merasakan sedih karena telah kehilangan bayinya. Selain itu ternyata seseorang yang baru saja mengalami keguguran akan merasakan sakit pada perut bagian bawah dan diatas kemaluan. Jika sakit itu terus dirasakan oleh seorang ibu yang baru saja mengalami keguguran dan rasa sakit itu tidak kunjung sembuh maka segera periksa karena ke dokter Apakah kondisi anda baik-baik saja atau tidak.

Selain penyebab-penyebab di atas masih ada penyebab-penyebab lainnya, penyebab sakit perut bagian bawah di atas kemaluan yang lain adalah sebagai berikut :

10. Penyakit radang panggul

11. Kista ovarium

12. Fibroid

13. Kanker rahim

14. Radang saluran tuba

15. Abrupsi plasenta

16. Endometriosis

Itulah beberapa penyebab seseorang merasakan sakit perut bagian bawah. Selain penyebab-penyebab tersebut ada beberapa gejala-gejala yang akan dirasakan Ketika seseorang merasakan sakit bagian bawah perut dan atas kemaluan.

Gejala

Gejala sakit perut bagian bawah dan diatas kemaluan dapat disebabkan tergantung pada penyebab penyebabnya, Adapun gejala tersebut adalah

1. Nyeri pada perut bawah

Terasa nyeri pada bagian perut bawah merupakan salah satu gejala yang diakibatkan karena penyebabnya datang dari organ kelamin wanita. Biasanya nyeri pada bagian perut bawah ini terjadi karena siklus menstruasi yang tidak lancar terjadinya keputihan keguruan dan gangguan dalam hubungan seksual. Banyak penyebab yang menyebabkan penyebab nyeri perut bagian bawah yang juga harus diwaspadai begitu pula dengan sakit perut bagiaan bawah tengah

2. Nyeri pada perut kiri dan kanan

Nyeri pada bagian perut kiri atau kanan dapat disebabkan karena tidak berfungsi dengan baik organ kelamin pria Misalnya saja karena torsi testis. Banyak penyebab yang menyebabkan sakit perut bagian kiri dan kanan terutama penyebab sakit perut sebelah kanan bawah

3. Nyeri pada daerah punggung

Nyeri pada daerah punggung disebabkan karena nyeri akibat batu atau infeksi saluran kemih yang di mana nyari tersebut akan menjawab sampai daerah punggung. Jadi Salah satu gejala terjadinya sakit perut bagian bawah dan diatas kemaluan adalah nyeri pada daerah punggung. Selain penyakit ini banyak penyebab sakit pungggung yang juga perlu diwaspadai

4. Nyeri pada daerah selangkangan

Selain nyeri pada daerah punggung, nyeri pada daerah punggung dapat juga menjalar hingga terasa nyeri pada daerah selangkangan. Hal ini juga merupakan salah satu gejala dari terjadinya sakit pada bagian perut bawah dan atas kemaluan.

5. Nyeri kolik

Nyeri kolik yaitu penyebab nyeri yang berasal dari saluran pencernaan, penyebab utama dari gejala ini adalah Saluran pencernaan dan kebiasaan buang air besar merasa sulit ataupun diare.  adanya gangguan pada saluran pencernaan juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri pada bagian perut bawah dan diatas kemaluan.

baca juga : gejala sakit pingganggejala batu empedubahaya batu ginjal

Selain penyebab dan juga gejala yang ditimbulkan karena sakit perut bagian bawah dan diatas ke mana ada pula cara mengatasi atau menghindari terjadinya sakit perut bagian bawah di atas kemaluan. Adapun cara mengatasi sakit perut bagian bawah di atas kemaluan adalah sebagai berikut.

Pengobatan

1. Mengkonsumsi minuman yang cukup

Mengkonsumsi minuman air putih yang cukup dapat membantu untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian perut, mengkonsumsi minum putih yang cukup juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut bagian bawah atas kemaluan. Selain itu dengan mengkonsumsi air putih yang cukup 8 gelas per hari akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh sehingga kita tidak mudah terserang berbagai penyakit. Untuk itu konsumsilah air putih setiap harinya dengan takaran yang cukup. Tapi jangan terlalu banyak konsumsi air putih karena ada bahaya akibat terlalu banyak konsumsi air putih

2. Hindari makan makanan yang keras

Mengkonsumsi makanan-makanan yang keras dapat mengganggu pencernaan, untuk itu bagi Anda yang sedang menderita sakit perut bagian bawah atas kemaluan hindari untuk memakan makanan yang keras. Hal ini bertujuan untuk mempermudah atau mempercepat dalam penyembuhan penyakit tersebut. Dengan tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang keras akan membantu pencernaan untuk tidak bekerja lebih keras, dengan begitu sakit perut bawah atas kemaluan akan segera sembuh.

3. Hindari makanan yang berlemak

Menghindari makanan yang berlemak tidak hanya digunakan untuk mengobati atau membantu penyembuhan seseorang yang terkena penyakit perut bagian bawah atas kemaluan, namun dengan mengurangi atau tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit yang disebabkan karena kelebihan lemak.

4. Minum Sari lemon ditambah mint

Kandungan yang terdapat didalam Sari lemon dan jahe akan membantu untuk meredakan sakit pada perut anda, untuk mengurangi rasa mual Ketika anda mengkonsumsi minuman sari lemon dan juga jahe Anda dapat menambahkan ke dalam minuman tersebut. Hal ini tidak akan mengurangi khasiat dari minuman sari lemon tersebut. Konsumsilah Sari lemon yang ditambahkan dengan min untuk membantu dalam penyembuhan sakit perut bagian bawah atas kemaluan.


5. Gunakan bantal kompres panas

Menggunakan bantal kompres panas juga dapat berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian perut yang sakit, terutama pada bagian perut bawah di atas kemaluan. Untuk itu bagi Anda yang merasakan sakit dibagian perut bawah di atas kemauan anda dapat menggunakan cara ini untuk mengurangi rasa sakit yang anda Derita. Efek panas yang terdapat dalam bantal tersebut akan merelaksasikan tubuh dan perut Anda sehingga Anda akan lebih merasa nyaman dan tidak merasa sakit lagi.

6. CT scan

City scan dapat dilakukan untuk membantu menegakkan diagnosis agar dokter dapat menentukan pengobatan yang tepat dan Obat apa yang lebih tepat diberikan kepada pasien yang menderita nyeri perut bagian bawah diatas kemaluan. Selain sitisken biasanya dokter juga akan melakukan evaluasi terlebih dahulu dengan cara menangani pasien yang menderita sakit perut bagian bawah di atas kemaluan dengan beberapa pertanyaan. Adapun diagnosis yang biasanya dilakukan oleh dokter adalah sebagai berikut

Diagnosis

1. Berapa lama merasakan sakit

Biasanya dokter akan menanyakan berapa lama seseorang yang menderita sakit perut bagian bawah dan diatas kemaluan untuk menentukan tindak lanjut apa yang harus diambil oleh dokter.

2. Seperti apa rasa sakitnya

Memberikan pertanyaan Seperti apa rasa sakit yang diderita oleh pasien yang menderita sakit bagian perut bawah guna untuk menentukan Penyakit apa yang sedang diderita oleh pasien tersebut.

3. Kapan rasa sakit muncul

Kapan rasa sakit muncul juga sering ditanyakan oleh dokter untuk mengetahui Sudah berapa lamakah sakit itu diderita oleh pasien. Selain itu untuk mengetahui apakah penyakit yang diderita sering kambuh atau tidak.

4. Menyerang tubuh lain atau tidak

Biasanya dokter juga akan melontarkan pertanyaan Apakah rasa sakit yang diderita menyerang bagian tubuh lainnya atau tidak. Hal ini guna untuk menentukan tindak lanjut yang akan dilakukan oleh dokter setelah melakukan diagnosis.

5. Hamil atau tidak

Biasanya pertanyaan hamil atau tidak juga sering ditanyakan oleh dokter untuk mendiagnosis sakit perut bagian bawah di atas kemaluan. Sama seperti lainnya Hal ini ditanyakan oleh dokter untuk mengetahui tindak lanjut Apa yang harus dilakukan oleh dokter untuk menangani pasien tersebut.

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu dokter untuk Menindaklanjuti ke tahap selanjutnya. Biasanya bila tidak cukup dengan diagnosis aja dokter akan melakukan test darah tes urine dance pada vagina atau penis tes tinja ataupun tes kehamilan. Hal ini dilakukan guna untuk menentukan Obat apa yang akan diberikan kepada pasien penderita nyeri pada perut bagian bawah dan diatas kemaluan.

, ,
Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit