Begini 5 Cara Mengatasi Kecemasan Berlebih dengan Jahe Paling Mudah !

109

Kecemasan berlebih adalah salah satu kondisi kesehatan mental dan jiwa yang tak boleh diabaikan. Tangan yang berkeringat, detak jantung yang berdebar-debar, selalu merasa waspada di manapun dan kapan pun, hingga serangan panik adalah gejala-gejala dari kecemasan yang patut Anda atasi segera. Nyatanya jahe selain bisa mengatasi masuk angin, cara mengatasi kecemasan dengan jahe pun cukup efektif.

  1. Campuran Jahe dengan Madu dan Lemon

Bila umumnya campuran antara jahe, lemon dan juga madu adalah sebagai obat flu, maka kali ini Anda bisa memanfaatkannya ketika Anda sedang dilanda rasa cemas berlebihan. Jahe membawa efek positif bagi Anda yang memiliki kecemasan berlebihan melalui serotonin neurotransmitter sehingga suasana hati kembali baik dan rasa stres dan kegelisahan mereda secara berangsur.

  • Pastikan untuk menyediakan jahe segar yang Anda hancurkan atau bahkan bubuk jahe sebanyak 1 sendok teh.
  • Jus lemon juga siapkan sebanyak 1 sendok teh bersama dengan madu setengah sendok teh saja.
  • Campurkan ketiga bahan ini sampai rata, lalu konsumsilah sehari 3 kali.
  • Tak hanya bermanfaat untuk meredakan rasa cemas, ramuan ini nyatanya juga berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi serta mencegah berbagai gangguan sistem pencernaan.
  1. Teh Jahe

Bila teh jahe biasanya akan meredakan gejala flu, serta menangani masalah gejala masuk angin, maka kini teh jahe bisa Anda gunakan dengan tujuan berbeda. Karena kecemasan berlebih pun mampu menyebabkan ketegangan otot hingga sakit kepala, maka meminum teh jahe akan sangat bisa menolong dan meringankan kondisi Anda, apalagi ketika stres dan tekanan datang terus-menerus.

  • Parutlah jahe secukupnya (biasanya sesendok teh atau setengah sendok teh yang paling dianjurkan).
  • Seduh dengan air panas, lalu campurkan dengan madu atau lemon atau bahkan keduanya jika Anda suka.
  • Bahkan Anda pun boleh menambahkan berbagai macam buah ke dalamnya supaya menambah variasi rasa.
  • Penambahan gula sebagai penolong rasa manis sebaiknya tidak dilakukan karena madu jauh lebih dianjurkan sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh Anda juga.
  1. Jahe pada Kue

Anda bisa membuat berbagai macam kue dengan campuran jahe di dalamnya, seperti biskuit jahe dan roti jahe. Bahkan puding jahe pun bisa membantu Anda dalam meredakan rasa cemas dan stres berlebihan. Tak hanya sebagai campuran, Anda dapat pula menjadikan jahe sebagai pelengkap pada berbagai makanan atau kue yang Anda nikmati.

  1. Jahe pada Masakan

Anda bisa memarut jahe secukupnya lalu menambahkan atau mencampurkannya pada masakan yang Anda buat sendiri di rumah. Ketika Anda merasa bahwa kecemasan berlebih mulai memicu gangguan pencernaan, cobalah untuk menenangkan pencernaan dengan jahe, apalagi kalau Anda mulai juga merasakan mual disertai muntah-muntah.

Berbagai masakan yang bisa ditambahkan jahe adalah masakan China dan Thailand, begitu juga dengan sushi salmon. Memasukkan jahe dalam bentuk parutan halus ke dalam masakan Anda, manfaatnya sebagai penenang alami dan juga pereda stres bisa Anda peroleh secara maksimal; selain itu, jahe juga biasanya mampu melengkapi rasa masakan secara sempurna.

  1. Suplemen Jahe

Suplemen herbal dengan kandungan jahe pada dasarnya cukup banyak dan mudah dijumpai. Jika Anda ingin meredakan stres dan mengatasi kecemasan berlebih, cobalah mengonsumsi suplemen jahe dan memasukkannya pada tips diet sehat yang Anda jalani. Konsumsi suplemen jahe adalah alternatif bagi Anda yang tak begitu suka mencampurkan jahe ke dalam minuman maupun makanan, maka cara ini bisa dicoba.

Itulah berbagai cara mengatasi kecemasan dengan jahe secara luar biasa mudah dan ampuh. Namun bagi Anda yang memiliki kondisi perdarahan atau kondisi liver/hati yang yang buruk, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter dan tanyakan apakah jahe bisa Anda konsumsi. Ibu hamil dan menyusui pun perlu persetujuan dokter untuk bisa menikmati jahe.