Intip Daftar 7 Buah Penurun Kadar Trigliserida Tinggi, Baik Bagi Kesehatan!

89

Trigliserida dikenal sebagai sebuah jenis lemak yang memang seringkali berkadar tinggi menyertai kondisi kolesterol tinggi. Jenis lemak ini pasti ada dalam setiap darah manusia, tak hanya produksi secara sendirinya dalam tubuh yang digunakan menjadi energi, tapi juga dapat berasal dari sejumah asupan minuman maupun makanan sehari-hari.

Trigliserida tentunya tak akan berbahaya bagi tubuh apabila kadarnya normal, dan untuk mengecek apakah kadar trigliserida normal atau tidak dengan melakukan tes darah. Bagaimana kita tahu kadarnya memang termasuk normal atau bahkan malah sangat tinggi?

  • Ketika angka menunjukkan kurang dari 150 mg/dL, maka kadar trigliserida Anda normal.
  • Ketika angka menunjukkan antara 150-199 mg/dL, maka kadar trigliserida sebenarnya cukup tinggi.
  • Ketika angka menunjukkan antara 200-499 mg/dL, maka kadar trigliserida Anda termasuk tinggi.
  • Ketika angka menunjukkan di atas 500 mg/dL, berhati-hatilah karena kadar tersebut menjadi tanda bahwa kadar trigliserida sudah sangat tinggi.

Anda perlu rutin mengecek kadarnya supaya mampu menghindari risiko sindrom metabolik hingga jenis-jenis penyakit jantung. Dan buah-buah penurun kadar trigliserida ini bisa Anda asup setiap hari demi turunnya trigliserida yang tadinya melonjak menjadi normal lagi.

  1. Alpukat

Buah berwarna hijau ini memang dikenal membawa vitamin E tinggi dan baik dalam meningkatkan kesehatan kulit. Tapi ternyata tak hanya itu khasiat yang diberikan kepada tubuh, sebab lemak tak jenuh tunggal di dalamnya pun siap untuk menormalkan kembali kadar trigliserida dan LDL yang tinggi dalam darah.

Untuk memperoleh khasiat maksimal dari buah apel dalam menurunkan kadar trigliserida, konsumsilah alpukat tanpa pemanis. Konsumsilah daging buahnya secara langsung, atau bisa juga mengolahnya menjadi jus tapi tidak dengan menambahkan pemanis apalagi susu coklat.

  1. Lemon

Pada pemilik kadar trigliserida tinggi, makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi, lalu juga makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi serta kalori tinggi sangat perlu dihindari agar kadar tak makin tinggi. Tapi selain itu, ada satu buah sehat yang sangat pas untuk Anda konsumsi supaya trigliserida normal lagi serta penyakit jantung dan stroke diminimalisir, yakni buah lemon.

  1. Stroberi

Pada penderita trigliserida tinggi, buah stroberi akan sangat membantu dalam menutrisi tubuh secara aman. Pastikan untuk menghindari buah yang kandungan fruktosa tinggi, dan stroberi adalah salah satu jenis buah yang memang fruktosanya rendah sehingga Anda bisa konsumsi setiap hari, tapi juga jangan berlebihan karena asupan fruktosa pun tidak sebaiknya lebih dari 50 atau 100 gram/hari.

  1. Melon Warna Jingga

Daripada melon yang berwarna hijau, Anda para pemilik trigliserida tinggi dapat mencoba mengonsumsi juga melon yang berwarna jingga. Ada kandungan fruktosa yang lebih rendah di dalam melon jingga ketimbang melon hijau, jadi jika Anda ingin buah yang aman, melon bisa dinikmati sekaligus menjadi penurun tekanan darah tinggi.

  1. Jeruk

Satu lagi rekomendasi buah yang kandungan vitamin C-nya tinggi selain stroberi dengan fruktosa yang juga rendah, yakni buah jeruk. Untuk menurunkan kadar trigliserida ampuh dan cepat, Anda perlu mencoba mengonsumsi jeruk, tapi juga tak boleh sampai terlalu berlebihan karena fruktosa rendah tapi diasup berlebih pun akan terjadi penumpukan lebih di dalam tubuh.

  1. Tomat

Buah lainnya yang juga bisa menormalkan lagi kadar trigliserida adalah tomat. Kandungan likopen di dalam tomat termasuk tinggi, baik itu tomat dikonsumsi dengan memasaknya atau mengolahnya menjadi bentuk lain selain masakan. Anda akan tetap menikmati efek baiknya dengan mengonsumsi jus tomat sekalipun.

  1. Apel

Apel memang buah ajaib yang dibutuhkan banyak orang dalam menjaga kesehatan. Dampak dari kebiasaan makan apel juga sangat baik dalam membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Selain trigliserida, kolesterol jahat atau LDL yang membuat kadar HDL rendah pun dapat diatasi dengan mengonsumsi apel rutin sehingga kadar HDL kembali tinggi dan kadar kolesterol juga normal. Selain itu, risiko pengerasan pada arteri pun bisa dicegah dengan kandungan serat larut pada buah apel ini.

Itulah daftar buah penurun kadar trigliserida tinggi yang meskipun tak terlalu banyak pilihannya dapat Anda konsumsi teratur setiap hari dengan variasi sesuai selera. Perhatikan juga untuk membatasi makanan-makanan tertentu yang bisa menyebabkan trigliserida makin tinggi agar kadarnya bisa lebih cepat kembali normal.