Intip 13 Makanan yang Mengandung Sodium Paling Tinggi

964

Sodium berbeda dari garam dapur, jadi anggapan bahwa keduanya sama adalah tidak benar, tapi sodium dan natrium itu sama. Sodium sendiri diperlukan oleh setiap tubuh manusia, sama seperti asupan mineral iodium, magnesium, hingga kalium dan kalsium. Kekurangan sodium sendiri bisa menjadi pemicu gangguan pada jantung dan otot, lalu makanan yang mengandung sodium apa saja yang patut kita konsumsi supaya tak kekurangan sodium?

  1. Keju Olahan (745 mg per 232 gram)

Keju olahan memang menjadi sumber sodium yang baik, tapi bukan berarti ini aman sebab Anda perlu menghindarinya. Keju cottage justru jauh lebih baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan Anda ketimbang keju olahan yang mengandung pewarna makanan serta bahan pengembang.

  1. Buah Zaitun (72 mg per 8 gram)

Buah zaitun kaya akan antioksidan memang dan kandungan-kandungan baik di dalamnya pun diyakini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Apabila ingin menjadi sehat dengan sumber sodium ini, Anda perlu memasukkannya ke daftar menu sarapan yang tentu akan lebih nikmat disantap bersama omelet.

  1. Seledri (88 mg per 110 gram)

Kandungan sodium di dalam seledri cukup aman dan bahkan tergolong yang paling sehat. Tak hanya itu, sumber sodium satu ini mengandung antioksidan serta enzim yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh. Bahkan seledri juga merupakan makanan yang mengandung vitamin C tinggi serta kaya akan folat, kalium dan juga vitamin K.

Tak perlu khawatir untuk mengonsumsi seledri sebab pada dasarnya seledri adalah jenis sayur yang mengandung banyak air. Seledri yang masih mentah khususnya, bisa Anda coba tambahkan pada salad Anda jika menyukai makanan yang sehat dan ingin memenuhi kebutuhan asupan sodium.

  1. Ham (730 mg per 56 gram)

Ham juga adalah sumber sodium yang tinggi, namun tentunya masih mengandung beberapa nutrisi lain seperti zat besi, protein dan juga zinc. Apabila ingin mengonsumsi ham secara aman, Anda perlu memilih ham rendah lemak dan Anda bisa mengonsumsinya sebagai menu sarapan bersama omelet ataupun sebagai topping sandwich.

  1. Kecap (1,006 mg per 18 gram)

Kecap yang terbuat dari kedelai ini kaya akan sodium namun juga kaya akan sifat antioksidan yang alami. Saat menumis sayuran, kecap ini paling tepat untuk Anda gunakan demi menyedapkannya. Selain itu, menurut hasil studi pada tahun 2005 pun, kecap dari kedelai diketahui mampu mengatasi masalah alergi meski masih diperlukan penelitian lanjutan.

  1. Acar (1,251 mg per 143 gram)

Salah satu jenis makanan probiotik ini rupanya juga merupakan sumber sodium yang bisa Anda andalkan. Karena probiotik baik dalam menjaga kesehatan pencernaan sekaligus mencegah berbagai macam gangguan pencernaan, maka acar adalah makanan yang baik dikonsumsi tapi tentu tak secara berlebihan.

Kandungan sifat antioksidannya pun baik untuk Anda, jadi konsumsilah secara cukup dan tidak terlalu banyak, seperti untuk menu sarapan. Sandwich selai kacang yang diberi acar beberapa buah pun akan sangat nikmat jika dimakan pagi-pagi untuk mengawali aktivitas Anda.

  1. Salami (2,554 mg per 113 gram)

Makanan sejenis sosis ini umumnya dibuat dari daging babi atau sapi dan tak hanya menjadi sumber sodium, salami pun kaya akan vitamin B12 dan zat besi. Dengan begitu, mengonsumsi salami dapat menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bahkan juga mampu meningkatkan fungsi otak.

  1. Dendeng Sapi (443 mg per 20 gram)

Karena merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi, makanan ini kerap dianggap sebagai makanan yang cukup sehat tanpa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Supaya lebih sehat, Anda bisa mengonsumsi dendeng sapi bersama dengan salad, tapi tentu dengan porsi yang tak berlebihan.

  1. Garam Meja (13,174 mg per 292 gram)

Garam meja memiliki kandungan sodium yang tergolong tinggi dan garam meja ini memang kerap menjadi bumbu penyedap dengan menaburi sejumput pada masakan. Bila Anda dalam kondisi tubuh yang sehat, tak perlu menghindari garam meja, tapi juga pastikan untuk menggunakannya tidak terlalu banyak.

  1. Makanan Beku (500 mg per sajian)

Kadar sodium juga rupanya cukup tinggi pada makanan-makanan beku, seperti nugget dan juga sosis. Daging olahan tersebut memang tidaklah sama antara satu dengan lainnya, hanya saja sejumlah makanan beku diketahui per sajiannya memiliki kadar sodium sebanyak 500 gram.

  1. Makanan Kalengan (>1,000 mg per kaleng)

Sup kalengan memiliki kandungan sodium yang juga cukup tinggi sehingga jika pun Anda ingin mengonsumsi sup kalengan, pastikan bahwa ada label bertuliskan rendah sodium. Kacang kalengan pun demikian di mana setengah kebutuhan harian tubuh akan sodium dapat terpenuhi cukup dengan mengonsumsi semangkuk kecil kacang kalengan.

  1. Sereal (300 mg per mangkuk kecil)

Sereal yang terdapat sodiumnya adalah sejenis cornflake di mana kandungan per mangkuk kecil saja sudah cukup besar. Padahal konsumsi sereal biasanya tak dilakukan dengan porsi semangkuk kecil bukan? Banyak orang bahkan kemungkinan mengonsumsi dengan porsi dua kali lipatnya. Namun dengan mengetahui kadar sodium di dalamnya, Anda sebaiknya mulai membatasi dengan baik

  1. Dressing Salad (214 mg per sendok)

Anda perlu tahu bahwa dressing pada salad pun kaya akan sodium. Meski Anda mengonsumsi salad yang memang terdiri dari sayuran sehat, menambahkan dressing yang terlalu banyak bisa juga menjadi berbahaya karena tubuh menerima asupan sodium secara berlebihan.

Itulah daftar makanan-makanan yang mengandung sodium tinggi yang hendaknya Anda perhatikan batasan konsumsinya mulai dari sekarang. Walau tubuh memerlukan sodium, pastikan untuk tidak lebih dari 1100-1300 mg per harinya, sementara itu asupan sodium bagi penderita darah tinggi tidak boleh di atas 2300 mg per hari.