Ini 10 Alasan Kenapa Penting Minum Air Putih Minimal Semenit Setelah Bangun Tidur

158

Minum air putih cukup dalam sehari itu idealnya 8 atau lebih gelas atau setara dengan 2 liter yang sangat membantu agar fungsi tubuh lebih maksimal. Tahukah Anda kalau minum air putih minimal 60 detik atau semenit usai bangun dari tidur di pagi hari itu penting? Intip alasannya kenapa hal ini harus dijadikan kebiasaan sehari-hari.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Saat kita paling tidak semenit usai bangun tidur memilih minum 1-2 gelas air putih, khususnya pada kondisi perut masih kosong akan membantu peningkatan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme lebih baik, otomatis kinerja sistem pencernaan lebih sempurna juga jadinya sehingga penyerapan nutrisi juga berjalan optimal.

  1. Memulai Pencernaan Secara Sehat

Kalau metabolisme bisa meningkat dan lebih cepat, maka itu artinya pencernaan bisa dimulai sebesar 25 persen dalam waktu satu setengah jam. Konsumsi saja segelas air putih semenit usai bangun tidur supaya pencernaan lebih lancar, terhindar dari gangguan pencernaan semacam sembelit, dan jelas sistem pencernaan lebih sehat juga.

  1. Membuang Racun

Organ ginjal di dalam tubuh manusia memerlukan cairan yang cukup supaya bisa bekerja maksimal. Ini karena ginjal bekerja sebagai penyalur racun yang ada pada darah kita dan kemudian membilas sekaligus membuang seluruh toksin tadi keluar dari tubuh kita; asupan air putih yang cukup bahkan dimulai di pagi hari sangat penting untuk proses tersebut.

  1. Mencegah Sarapan Terlalu Banyak

Setelah bangun tidur langsung minum segelas air putih itu juga menjadi salah satu cara mencegah makan banyak di pagi hari lho. Jadi kalau ingin mengetahui cara menurunkan berat badan dengan makan secukupnya atau sedikit saat sarapan, kuncinya adalah minum air putih dulu usai bangun tidur di mana perut juga masih kosong.

  1. Membuat Kulit Bercahaya Alami

Ingin kulit bercahaya, bersinar atau berkilau alami? Sebenarnya ini bisa dicapai dengan memulai kebiasaan baik seperti minum air putih usai bangun tidur. Kulit yang bagus dan sehat itu diawali dari tubuh yang mendapatkan cukup cairan alias tidak dehidrasi.

  1. Menambah Daya Tahan Tubuh

Sistem limfatik dalam tubuh yang terganggu keseimbangannya cenderung menyebabkan imunitas tubuh menurun. Oleh sebab itu, agar keseimbangan sistem ini tetap baik dan stabil, minumlah air putih minimal semenit usai bangun tidur sehingga hal ini juga dapat jadi cara meningkatkan daya tahan tubuh alami.

  1. Mencegah Berat Badan Bertambah

Saat metabolisme tubuh meningkat, sistem pencernaan jadi lebih baik, racun-racun terbuang secara maksimal, otomatis keinginan untuk makan setiap saat yang memicu kegemukan bisa menurun. Perut jadi tak gampang lapar dan keinginan makan banyak serta sering pun berkurang sehingga hal ini dapat dijadikan langkah pencegahan pertambahan berat badan.

  1. Meningkatkan Kualitas Pertumbuhan Rambut

Asupan cairan tubuh yang kurang bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut. Memiliki kebiasaan minum air putih segelas saja setiap hari setidaknya 60 detik dari bangun tidur nyatanya mampu memperbaiki kualitas rambut dan bagus untuk pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan tebal.

  1. Mencegah Sakit Kepala

Bangun tidur atau setelahnya kepala sering pusing? Mungkin ini efek dehidrasi di mana tubuh tak mendapat asupan cairan selama kurang lebih 7-9 jam dari malam sampai pagi. Oleh karena itu, minum air putih cukup saat bangun tidur itu penting dalam pencegahan sakit kepala supaya tak makin serius.

  1. Mencegah Infeksi Kandung Kemih Maupun Batu Ginjal

Air putih yang dikonsumsi saat perut belum terisi apapun bagus dalam membantu asam penyebab batu ginjal lebih encer. Inilah yang jadi alasan kenapa pagi-pagi minimal semenit dari bangun tidur penting minum air putih 1-2 gelas, yakni melindungi ginjal dan kandung kemih tetap sehat dan meminimalisirnya dari penyakit semacam batu ginjal sekaligus infeksi kandung kemih.

Di malam hari, selalu sedia segelas atau dua gelas air putih di dekat tempat tidur agar keesokan paginya saat bangun tidur Anda bisa langsung menikmatinya. Selain manfaat-manfaat di atas, tentu saja bangun tidur langsung minum air putih bantu tubuh merasa lebih segar; jadi, selamat membiasakan aktivitas ini ya.