7 Olahraga yang Bikin Good Mood di Pagi Hari

164

Bad mood di pagi hari dapat terjadi pada beberapa orang entah itu karena enggan bangun pagi namun harus bangun awal gara-gara ada sesuatu mendesak. Belum barang ketinggalan, macet atau bahkan pagi-pagi sudah mengobrol dengan orang yang bikin kesal. Tak hanya bisa meluapkan emosi lewat medsos, sebenarnya ada kok jenis olahraga yang bikin good mood di pagi hari.

  1. Peregangan

Melakukan peregangan atau stretching sangat membantu dalam membuta mood jadi baik di pagi hari. Regangkan seluruh tubuh saat bangun tidur, mulai dari leher, punggung, lengan sampai kaki entah itu di atas tempat tidur atau ketika sudah berdiri.

  1. Yoga

Olahraga ringan yang mampu membuat fisik dan mental seimbang adalah latihan Yoga. Yoga adalah bentuk latihan yang bisa diandalkan saat ingin memperbaiki suasana hati karena gerakan dan metode pernapasannya sangat pas dalam meredakan ketegangan sekaligus negativitas. Jika tak ingin olahraga yang terlalu berat, maka Yoga adalah pilihan yang ringan dan menenangkan.

  1. Squat

Untuk membuat mood jauh lebih baik, sebenarnya squat adalah jenis olahraga yang juga bisa dilakukan. Bokong dan kaki adalah bagian tubuh yang perlu dilatih, maka ambil posisi seperti hendak duduk, tegakkan punggung, tahan bagian bokong dan paha. Pagi-pagi 10 squat saja sudah cukup kok yang pastinya menjadi cara melancarkan peredaran darah yang efektif sehingga suasana hati ikut membaik.

  1. Jumping Jack

Aksi melompat seperti jumping jack adalah jenis olahraga atau latihan yang juga bisa dilakukan agar mood baik di pagi hari. Posisi awal lengan pastikan ada di samping tubuh, lalu ketika melakukan lompatan kaki melebar sementara tangan menutup di atas kepala. 10 lompatan untuk pemula lebih dianjurkan namun jika mampu, 100 kali akan lebih baik.

  1. Tinju

Untuk latihan yang lebih berat, tinju juga bisa dilakukan sebagai peluap emosi yang positif. Olahraga ini membiarkan diri kita meninju samsak yang tentunya lebih baik daripada meninju manusia. Proses terapeutik ini mampu menjadi cara mengatasi rasa tegang dan stres namun juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan kepala sampai kaki lho.

  1. Lari Cepat atau Sprint

Sprint alias lari cepat juga merupakan jenis olahraga yang mampu meningkatkan kembali suasana hati yang sedang turun. Tak harus berlari mendaki bukit atau berada di jalanan jika di sekitar rumah tak ada tempat yang tepat untuk melakukannya, sebab ada gym dan treadmill yang dapat digunakan. Tingkatkan kecepatan treadmill dan berlarilah sampai terengah-engah sehingga mood meningkat cepat.

  1. HIIT / High-Intensity Interval Training

Bila ingin mencoba sesuatu yang berintensitas tinggi dengan tantangan yang juga lebih besar, latihan seperti ini adalah yang paling dibutuhkan agar hormon baik seperti endorfin lebih banyak terlepas. HIIT sendiri adalah latihan kardio dalam waktu singkat (5-20 menit) yang mengombinasikan berbagai gerakan, seperti misalnya bagi pemula bisa lakukan jumping jack 1 menit, disusul plank 30 detik, squat thrust 1 menit, plank lagi 30 detik, squat jump 30 detik, selanjutnya ladder exercise/gerakan naik-turun satu anak tangga di akhir selama 1 menit, dan akhiri dengan sit up 1 menit sebelum pendinginan.

Namun sebelum melakukan salah satu atau beberapa olahraga yang bikin good mood di pagi hari ini, pastikan sudah lakukan pemanasan ya. Jangan lupa bahwa ada bahaya olahraga tanpa pemanasan yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Perhatikan pula durasinya supaya tak terlalu lama karena bahaya olahraga yang berlebihan juga cukup besar lho bagi tubuh.