Cuka Apel untuk Katarak, Benarkah Efektif Menyembuhkan?

Katarak kita tahu merupakan jenis penyakit mata di mana saat lensa mata mulai mengeruh dan penglihatan makin kabur, maka itulah tanda utamanya. Hal ini lebih rentan terjadi pada orang yang menginjak usia lanjut karena protein yang ada pada lensa mata mampu mengalami penggumpalan sehingga justru mengeruhkan lensa.

Operasi katarak selalu menjadi pengobatan yang utama pada banyak kasus, namun sebenarnya penyakit ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah berantioksidan tinggi seperti apel lho seperti dilansir dari Detik Food. Nah kalau apel bisa mencegah penyakit katarak dengan menurunkan risikonya sampai 15 persen, cuka apel justru diyakini ampuh dalam menyembuhkan, benarkah?

Benar tidak sih cuka apel efektif mengobati katarak?

Katarak sendiri terjadi yang diduga dapat dipengaruhi oleh stres oksidatif di mana radikal bebas justru memisahkan sel-sel yang sehat. Seperti disebutkan sebelumnya, terjadi penggumpalan protein pada lensa mata yang jika tak segera diatasi justru mampu membuat mata makin berkabut karenanya. Suplemen maupun makanan tertentu sekalipun tak mampu membantu mengatasi ketika protein pembentuk lensa telah rusak oleh radikal bebas.

Sementara itu, cuka sari apel atau cuka apel merupakan produk fermentasi dari buah apel dengan kandungan nutrisi super tinggi dan mampu mengatasi banyak masalah kesehatan. Bukan menyembuhkan, dilansir dari LiveStrong.com, cuka apel menurut buku berjudul Dr. Earl’s Mindell’s Amazing Apple Cider Vinegar mampu mencegah katarak.

Sebelumnya telah disebutkan bahwa buah apel sendiri mampu mencegah katarak, maka tak heran hasil fermentasinya pun mampu berperan sama. Sesendok makan cuka apel kaya akan antioksidan sehingga hal inilah yang diduga erat menjadi pelawan efek-efek radikal bebas bila dikonsumsi rutin. Selain penggunaan atau konsumsi cuka apel untuk katarak, beberapa hal lainnya ini mampu mendukung perlambatan perkembangan katarak lho:

  • Mengonsumsi makanan berantioksidan tinggi lainnya, seperti bayam, buah bit, biji-bijian, stroberi, bluberi maupun coklat hitam.
  • Menjaga berat badan tetap stabil dan sehat.
  • Berhenti merokok jika sebelumnya memiliki kebiasaan tidak sehat ini.
  • Menghindari paparan sinar matahari serta bahaya sinar ultraviolet yang meningkatkan risiko berkembangnya katarak.
  • Berolahraga secara rutin.

Namun jikapun ingin mencoba cuka apel dalam bentuk suplemen atau bahkan perawatan lainnya, konsultasikan dulu dengan dokter. Hindari penggunaan suplemen maupun perawatan berbahan cuka apel jika belum ada diskusi bersama dokter Anda.

Pada dasarnya, katarak sendiri tak memerlukan perawatan kecuali kalau penglihatan memang benar-benar sudah tak nyaman karena saking kaburnya. Saat aktivitas membaca atau berkegiatan lainnya terganggu, saat itulah segera ke dokter. Umumnya pembedahan adalah satu-satunya yang bisa mengobati katarak, sementara cuka apel diketahui hanya bisa memperlambat perkembangan katarak saja.