Ini 6 Alasan Kenapa Olahraga di Pagi Hari Itu Baik

Mungkin dengan berbagai kesibukan di sepanjang hari, banyak orang begitu enggan melakukan olahraga pagi hari walaupun sangat ingin. Entah itu khawatir olahraga malah membuat tubuh capek sehingga tak bisa maksimal dalam berkegiatan atau malas bangun terlalu pagi karena waktu yang ada bisa untuk tidur lebih lama, ini menjadi alasan kenapa banyak orang tak mau olahraga pagi-pagi.

Padahal, berolahraga di pagi hari punya banyak manfaat dan alasan yang baik lho. Bagi yang tertarik dan ingin memulai olahraga pagi tapi masih ragu, inilah beberapa hal yang bisa menjadi motivasi untuk benar-benar melakukannya.

1. Tak Lagi Perlu Minum Kopi

Minum kopi di pagi hari adalah alasan untuk tetap bertenaga dan fokus selama mengerjakan aktivitas sepanjang hari. Nah, dengan memilih olahraga di pagi hari kita tak lagi perlu mengonsumsi kopi karena efek olahraga bisa sama seperti efek kafein. Bagi yang sedang ingin mengurangi asupan kafein, gantilah kopi dengan melakukan olahraga supaya lebih melek dan bersemangat saat bekerja.

2. Gym Masih Sepi

Untuk yang suka berolahraga di gym, pagi hari adalah waktu terbaik karena kita bisa fokus dengan aktivitas latihan fisik lalu langsung pulang ketimbang saat sudah ramai orang. Ada beberapa orang yang mungkin saat gym ramai, kecenderungan untuk bersosialisasi timbul sehingga akhirnya makin berlama-lama di gym tanpa proses maksimal bagi fisik dan hanya menghabiskan waktu mengobrol.

3. Menjernihkan Kepala

Bangun tidur apalagi pagi-pagi memang mungkin rasanya kepala masih belum bisa berpikir secara jernih. Oleh sebab itu, bersiap diri melakukan olahraga akan membuat kepala jernih dan bahkan saat olahraga dilakukan kita akan lebih melek dan terbangun. Tak ada yang lebih baik dari mengawali hari dengan olahraga yang tak hanya membuat fisik bersemangat dan bugar, tapi juga menjadikan pikiran kita lebih segar.

4. Menjaga dan Meningkatkan Metabolisme

Olahraga pagi hari pun menurut beberapa hasil studi terbukti mampu menaikkan metabolisme dan menjaganya tetap maksimal sepanjang hari. Ketika metabolisme meningkat, kinerjanya lebih cepat maka artinya menurunkan berat badan bukan hal mustahil. Berolahraga angkat beban di pagi hari lebih disarankan.

5. Membakar Kalori Lebih Banyak

Ada kaitannya dengan metabolisme yang meningkat, olahraga pagi hari juga dikatakan baik karena otomatis proses pembakaran kalori serta lemak dalam tubuh jauh lebih cepat dan maksimal. Selain itu, kalori yang terbakar bisa lebih banyak karena juga tenaga kita pakai pertama kali untuk langsung berolahraga daripada melakukan kegiatan lainnya.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Banyak orang mencoba untuk olahraga di malam hari agar bisa tidur lebih nyenyak karena menganggap tubuh akan terasa lelah dan rasa kantuk hebat akan melanda. Namun nyatanya, banyak orang berolahraga malam hari justru malah menghambat tidur nyenyak setelahnya.

Justru melakukan olahraga setiap pagi akan membantu agar kita bangun selalu pada waktu yang sama. Waktu untuk berolahraga pun kita sudah atur dengan baik sehingga jadwal tidur nantinya pun ikut jadi teratur. Ini karena berolahraga pagi mampu mendukung pengaturan ritme sirkadian dan tiroid tubuh kita, jadi tak ada salahnya mencoba rutin berolahraga pagi lho.

Itu dia sejumlah alasan baik kenapa kita perlu mencoba olahraga di pagi hari dan bukannya sore atau malam hari. Hanya saja, kembali lagi pada jadwal kegiatan sehari-hari kita ya. Bila aktivitas terlalu sibuk dan sering begadang karenanya sehingga sulit untuk bangun terlalu pagi, sesuaikan saja waktu olahraga dengan jadwal rutinitas Anda asal tidak kurang olahraga.