Ini 11 Olahraga Untuk Meningkatkan Stamina Fisik Paling Baik

755

Setiap manusia membutuhkan stamina, yakni energi dan juga kekuatan untuk dapat melakukan berbagai kegiatan. Jika Anda merasa bahwa stamina tubuh kurang memadai sehingga menjadikan Anda cepat lelah dalam melakukan rutinitas, maka berikut ini adalah sejumlah rekomendasi olahraga untuk meningkatkan stamina yang bisa coba dipraktekkan.

  1. Lari

Olahraga lari bukan hanya menjadi olahraga yang membakar kalori, melainkan juga bagus untuk meningkatkan stamina. Berlari setiap hari 15-30 menit akan menambah stamina tubuh sambil juga menjaga kesehatan serta kekuatan organ jantung Anda. Kecepatan lari dapat Anda sesuaikan dengan kemampuan fisik begitu juga dengan jaraknya; asal rutin, maka Anda akan memperoleh hasil maksimal.

  1. Jogging

Ada lagi olahraga super murah meriah yang juga memberikan manfaat besar bagi tubuh, yakni lari kecil alias jogging. Jogging adalah kegiatan lari tapi dalam tempo yang lambat, tapi olahraga ini merupakan cara membakar lemak yang sangat efektif sekaligus penambah stamina tubuh apabila dilakukan rutin dengan jarak 2-4 km sesuai dengan kemampuan fisik Anda.

  1. Jalan Kaki

Olahraga jalan kaki juga merupakan jenis olahraga yang sederhana, paling simpel dibandingkan dengan lari dan jogging. Berjalan kaki adalah sebuah cara melancarkan peredaran darah yang alami sekaligus penambah stamina yang ampuh. Lakukan setiap hari paling tidak 30 menit yang juga bisa dilakukan dengan menambah jarak tempuh ketika sudah terbiasa.

  1. Circuit Training

Olahraga ini berintikan beberapa jenis latihan fisik, mulai dari melakukan 20-40 detik lompat tali, 6-8 kali lari bolak-balik atau yang juga disebut dengan shuffle run, 6-10 kali melakukan push up, 10-15 kali sit up, 15-20 kali back up, 10 kali lunges, serta 10-15 kali sumo squat.

Tanpa adanya jeda, Anda perlu melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara beruntun barulah selesai di aktivitas fisik terakhir Anda bisa beristirahat. Untuk hasil yang maksimal dalam menambah stamina tubuh, Anda bisa melakukannya seminggu 1-2 kali secara rutin. Memang dibandingkan lari, jogging dan jalan, circuit training lebih berat namun juga lebih efektif dalam meningkatkan stamina.

  1. Bersepeda

Olahraga peningkat stamina tubuh selanjutnya yang bisa dilakukan secara rutin adalah bersepeda. Entah itu bersepeda biasa maupun statis, Anda tetap bisa menambah stamina sekaligus menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit. Jika bersepeda biasa, Anda perlu berkonsentrasi dalam hal jarak tempuhnya.

  1. Angkat Beban

Angkat beban bukan hanya diperuntukkan bagi binaragawan saja, sebab Anda yang ingin menambah stamina tubuh juga dapat mencoba melakukan angkat beban. Pria maupun wanita bisa melakukan jenis olahraga ini tak hanya sebagai penambah stamina, tapi juga menjadi peningkat kekuatan serta massa otot tubuh.

  1. Renang

Renang tak hanya menjadi olahraga untuk menambah tinggi badan yang paling efektif bagi para remaja. Renang adalah jenis olahraga seru yang mampu meningkatkan stamina sekaligus fleksibilitas tubuh. Bagi Anda yang ingin bagian leher, pinggul dan bahu lebih kuat tapi juga fleksibel, maka renang adalah latihan fisik yang dianjurkan.

Mengapa renang? Tubuh bekerja secara keras dalam melawan air pada setiap gerakannya, karena resistansi air yang tinggi inilah, olahraga renang akan memperkuat tubuh dan otot yang otomatis juga ikut meningkatkan stamina. Melakukannya beberapa kali seminggu jauh lebih baik daripada hanya seminggu sekali.

  1. Yoga

Latihan Yoga merupakan jenis olahraga yang bermanfaat bagi tubuh di mana hasil sebuah studi di tahun 2016 membuktikan bahwa melakukan Yoga selama 6 minggu lamanya mampu meredakan stres, menguatkan stamina, hingga menurunkan risiko kecapekan. Jadi untuk Anda yang mencari cara menghilangkan stres dan ingin tubuh lebih kuat, Yoga bisa dipilih.

  1. Lompat Tali

Olahraga lain yang boleh Anda coba lainnya untuk meningkatkan stamina adalah lompat tali. Anda bisa memulainya dari 1 menit lebih dulu. Meski efektif dalam menambah kekuatan fisik serta mendukung proses pembakaran lemak, hal ini akan berhasil jika Anda tahu cara bakar lemak dengan lompat tali yang tepat supaya meminimalisir terjadinya cedera.

  1. Squat

Latihan fisik lain yang terbilang sederhana bisa dilakukan kapan saja tapi ampuh dalam menambah stamina adalah squat. Cukup dengan melakukan posisi setengah berjongkok dan menahannya selama beberapa detik hingga beberapa menit, bukan hanya stamina bertambah, melainkan otot perut bakal jadi lebih kencang sekaligus kecil.

  1. Senam Aerobik

Jenis olahraga kardio ini seru dan kebanyakan para wanitalah yang lebih menyukainya. Selain menjadikan tubuh lebih aktif, olahraga aerobik menjamin peningkatan stamina dan energi pada tubuh secara menyeluruh dan bahkan untuk waktu yang termasuk lama. Melakukan aerobik sekitar 75-90 menit bisa menjadi alternatif jika Anda kurang suka dengan beberapa rekomendasi olahraga sebelumnya.

Apapun jenis olahraga untuk meningkatkan stamina yang Anda pilih, lakukan sesuai dengan kemampuan fisik Anda dan hindari bahaya olahraga yang berlebihan. Bahkan dalam setiap memulai olahraga yang Anda sukai, pastikan ada pemanasan supaya mencegah pula bahaya olahraga tanpa pemanasan.