Jintan Hitam Untuk Menurunkan Berat Badan, Benarkah Efektif?

122

Ada berbagai cara menurunkan berat badan yang bisa dicoba di rumah tanpa harus menggunakan obat-obatan kimia dan sebagainya yang berefek samping berbahaya bagi kesehatan. Salah satu cara yang bisa dimanfaatkan oleh Anda adalah penggunaan jintan hitam. Tapi, benarkah jintan hitam untuk menurunkan berat badan bisa sangat efektif?

Jintan hitam benarkah bisa menurunkan berat badan?

Bila Anda tahu, jintan termasuk dalam golongan rempah yang sebenarnya cukup umum di Indonesia, tapi sebenarnya berasal dari India. Selain bisa menjadi obat herbal yang ampuh bagi berbagai macam penyakit, jintan khususnya jintan hitam juga terpercaya dalam menurunkan berat badan alias diet yang sehat.

Ada beberapa alasan mengapa jintan hitam kerap dipilih menjadi herbal penurun berat badan yang efektif. Berikut adalah beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam menggunakannya untuk diet.

  • Sebagai peluruh lemak – Jintan hitam diketahui mengandung antioksidan tinggi yang bukan hanya bisa melindungi tubuh dengan cara melawan berbagai efek radikal bebas. Antioksidan pun bisa mendukung pembakaran lemak dalam tubuh dan meluruhkannya sehingga jauh lebih mudah dan cepat untuk keluar.
  • Sebagai pelancar pencernaan – Alasan lainnya adalah karena jintan hitam mampu memperlancar sistem pencernaan, mulai dari masuknya makanan yang diasup ke dalam tubuh, pengolahan di saluran pencernaan, hingga proses keluarnya sisa-sisa makanan dan zat-zat berbahaya yang tubuh tidak perlukan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena lemak juga dibakar serta terluruhkan secara efektif.
  • Sebagai penambah kecepatan metabolisme – Sifat antioksidan di dalam jintan hitam termasuk tinggi dan itulah kenapa rempah ini sangat bermanfaat dala meningkatkan metabolisme. Saat metabolisme tubuh bertambah kecepatannya, penyerapan nutrisi dan pencernaan makanan dalam tubuh berjalan secara lebih cepat juga di mana hal ini akan membuat berat badan tidak naik secara kilat.
  • Sebagai pembakar kalori – Selain menjadi cara membakar lemak, pada dasarnya mengonsumsi jintan hitam juga sangat membantu dalam membakar kalori berlebih dalam tubuh pemicu perut buncit. Karena lemak terluruhkan secara efektif, begitu juga dengan kalori yang bisa dibakar secara maksimal.
  • Sebagai pemberi rasa kenyang yang tahan lama – Kenaikan berat badan rata-rata terjadi sebab orang-orang sangat suka mengemil secara lebih sering karena keluhan cepat lapar. Kabar baiknya, pembakaran kalori yang didukung oleh jintan hitam akan memberikan manfaat besar seperti efek kenyang tahan lama di mana itu artinya nafsu makan Anda yang tadinya cukup besar akan menurun.

Dengan segudang manfaat untuk diet tersebut, tak ada salahnya Anda mencoba menggunakan jintan hitam sebagai penurun berat badan alami yang aman. Diet yang sehat dan benar bukanlah yang terlampau ekstrem sampai tubuh lesu dan lemas yang berujung pada tubuh sakit.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Jintan Hitam

Dilansir dari laman Boldsky, telah terbukti bahwa jintan hitam mampu menjadi penurun berat badan ampuh melalui hasil studi dengan melibatkan wanita 88 orang yang memiliki masalah obesitas. Para peneliti pun memberikan ramuan kombinasi jintan hitam dan lemon kepada para partisipan wanita tersebut dan dalam waktu 2 minggu sudah terlihat hasilnya.

Bila membandingkannya dengan diet lain, berat badan yang hilang jauh lebih banyak dengan menggunakan jintan hitam dan bahkan juga termasuk lebih cepat. Kabar baik lainnya adalah bahwa dari hasil studi ini juga menunjukkan bahwa kadar kolesterol tinggi dalam tubuh partisipan dapat ikut menurun.

  • Cukup sediakan jintan hitam sebanyak 2 sendok makan.
  • Pastikan juga menyiapkan sebuah lemon, potong menjadi 2 bagian, lalu ambil air perasannya.
  • Jintan hitam tadi harus Anda rendam dulu semalaman supaya melunak teksturnya.
  • Keesokan paginya jintan yang sudah lunak barulah Anda rebus di dalam segelas air.
  • Jika sudah mendidih, api bisa dimatikan lalu air rebusan jintan hitam bisa Anda saring.
  • Perasan lemon tadi kemudian Anda campurkan saja langsung ke air rebusan yang sudah lebih hangat.
  • Konsumsilah secara rutin setiap pagi sebelum sarapan 1 gelas.
  • Tunggu setengah jam setelah mengonsumsi ramuan ini baru Anda boleh sarapan.
  • Dalam waktu 2 minggu, buktikan apakah hasilnya efektif bagi tubuh Anda seperti yang dialami oleh 88 orang wanita tadi.

Tanpa harus memakai obat-obat tertentu, apalagi mengikuti tips diet yang ekstrem, jintan hitam untuk menurunkan berat badan telah terbukti. Selamat mencoba dan kiranya Anda bisa berhasil dengan cara menguruskan berat badan alami satu ini.