Sponsors Link

8 Terapi Punggung Bungkuk Paling Efektif

Sponsors Link

Ada beragam penyebab yang bisa memicu timbulnya punggung yang bungkuk. Bisa jadi lantaran kebiasaan hidup buruk yang berkelanjutan atau juga bisa lantaran terjadinya kelainan tulang sedari usia dini. Postur punggung tergolong penting lantaran saat mengalami gangguan maka kita tak akan dapat beraktifitas secara maksimal tanpa adanya gangguan. Maka dari itu jika anda tengah mengalami keluhan punggung bungkuk maka tak ada salahnya anda mulai baca beberapa daftar terapi di bawah ini ya:

ads

Baca juga: Cara Agar Punggung Tidak BungkukPenyebab Tubuh BungkukPenyebab Sakit PunggungPenyebab Lordosis

1.Yoga pose kobra

Salah satu terapi punggung bungkuk sederhana yang bisa anda latih sendiri secara mandiri di rumah anda sesering mungkin yakni dengan menggunakan tekhnik yoga dengan berpose jenis kobra. Hal yang mula-mula anda perlu lakukan yakni sediakan alas yang nyaman lalu kemudian ambillah posisi tengkurap dan perlahan angkat dan dongakkan tubuh anda bagian atas mulai dari pinggang. Secara perlahan cobalah untuk menarik kepala anda mendongak sampai ke arah punggung anda. Dengan kedua tangan anda berjaga di samping badan secara lurus dan posisi jemari mengarah lurus ke depan. Tahan posisi kepala anda yang mendongak ke belakang sekitar sepuluh kali tarikan napas. Usahakan untuk rileks dan melenturkan badan anda sebisa mungkin. Setelah sepuluh tarikan nafas anda bisa berhenti sejenak untuk kemudian mulai lagi secara berkala. Lakukan latihan ini secara rutin untuk penerapan terapi alami demi memperbaiki postur punggung yang bungkuk.

2.Yoga pose anak

Untuk jenis terapi punggung bungkuk selanjutnya yakni anda bisa menggunakan latihan yoga dengan jenis pose anak. Pertama-tama yang anda harus lakukan yakni duduk di atas alas anda bertumpu pada lutut anda. Langkah selanjutnya angkatlah atau tarik tangan anda ke atas kepala dengan arah telapak tangan saling berhadapan. Pada posisi ini berhentilah sejenak untuk mengatur pernafasan anda. Lalu kemudian mulailah lagi dengan langkah selanjutnya yakni menurunkan dahi anda tepat di atas lantai secara perlahan layaknya posisi bersujud dan bukalah telapak tangan anda hingga merapat dengan lantai juga. Ulangi pergantian posisi ini secara perlahan minimal lima kali sekali waktu percobaan. Lakukan secara rutin untuk latihan peregangan beserta terapi punggung bungkuk secara mandiri dalam keseharian.

Baca juga: Penyebab Sakit Tulang BelakangSakit Punggung Sebelah KiriTerapi Syaraf Kejepit

Sponsors Link

3.Yoga pose gunung

Terapi mandiri untuk punggung bungkuk yang selanjutnya masih dengan berlatih yoga dan kali ini dengan menggunakan jenis pose gunung. Yang pertama kali harus anda lakukan yakni cobalah untuk berdiri di atas kaki anda. Usahakan untuk sedikit membuka kaki anda sebagai keseimbangan yang lebih sempurna dalam menahan berat tubuh. Langkah selanjutnya yakni cobalah untuk berusaha memelukkan tangan anda ke tubuh anda sendiri hingga sebisa mungkin jemari anda mampu meraih tulang belikat anda pada arah yang berlawanan. Tunggu sejenak dan lepaskan perlahan untuk kemudian anda ganti posisi selanjutnya dengan mengangkat tangan anda ke atas kepala anda dalam posisi lurus dan arahkan pandangan anda lurus ke depn tanpa menunduk sedikitpun. Atur pula pernafasan anda. Dan anda bisa lakukan gerakan ini secara berulang demi hasil latihan maksimal.

4.Terapi bola belikat

Latihan terapi yang satu ini bagus untuk digunakan sebagai peregangan otot sekaligus untuk terapi memperbaiki postur punggung yang bungkuk. Hal yang perlu anda lakukan yakni dengan menarik bahu anda ke arah belakang atau punggung sampai yang paling jauh bisa anda lakukan. Kunci utamanya yakni untuk mempertemukan kedua belikat anda. Atau anda bisa bayangkan di antara belikat anda sekarang ada sebuah bola dan rasakan seolah anda telah menggerakkan bahu anda untuk meremas perlahan bola tersebut. Tahan gerakan anda tetap seperti itu pengulangannya selama sekitar sepuluh detik. Beri waktu jeda sebentar lalu anda bisa untuk mengulanginya kembali sesuai yang anda lakukan pada latihan awal yang sebelumnya tadi.

5.Terapis egoscue

Selain dengan usaha secara mandiri di rumah untuk memperbaiki postur punggung bungkuk anda juga dapat untuk melakukan janji temu dengan seorang ahli terapi egoscue. Pada dasarnya terapi ini akan dipandu oleh seorang ahli yang akan melatih anda untuk tekhnik penguatan otot, meminimalisir masalah yang terjadi pada tulang belakang, memperbaiki permasalahan punggung dan juga membantu untuk berlatih lebih maksimal pada area pinggul anda demi mencapai kesembuhan yang lebih maksimal.

Baca juga: Manfaat Terapi IonTerapi SetrumTerapi Air PutihKegunaan Hipnoterapi

Sponsors Link

6.Chiropractor

Lebih spesifik dari sekedar ahli terapis yang akan membantu anda berlatih otot dan tulang sekitar punggung maka chiropactor akan bekerja lebih mendetail dengan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kondisi punggung bungkuk anda secara lebih seksama. Anda kemungkinan harus menjalani pemeriksaan x ray untuk melihat kondisi tulang punggung anda yang sebenarnya. Dengan bantuan chiropractor anda akan lebih jelas lagi mengetahui perisal permasalahan punggung yang menjadi penyebab kebungkukan hingga seberapa parah tingkatan yang telah terjadi pada kebungkukan tersebut. Dengan beragam pemeriksaan ini maka jenis pilihan terapi yang akan dijalankan juga akan dapat lebih diseleksi semakin efektif.

7.Pijatan

Sebagai langkah terapi untuk punggung bungkuk pijatan juga ternyata sangatlah bermanfaat. selain berfungsi untuk merilekskan otot dan melancarkan peredaran darah maka pijat secara rutin juga dapat membantu anda untuk semakin terbantu dalam memperbaiki postur pungung yang cenderung bungkuk.

8.Kebiasaan

Selain pijatan nyaman pada punggung hal lainnya yang tak kalah harus anda perhatikan adalah sikap tubuh anda keseharian. Usahakan untuk selalu menjaga postur tubuh anda tetap tegap. Baik saat sedang berjalan, berdiri maupun posisi duduk saat santai ataupun bekerja. Usahakan pula untuk tidak membawa beban berlebihan secara berkesinambungan. Lebih pilihlah jenis tas ransel yang nyaman bagi keseimbangan beban tubuh khususnya area bahu anda. Sesuaikan pula posisi tidur anda sesuaikan dengan yang paling nyaman serta aman bagi tubuh anda selama beristirahat. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Penyebab Kelainan Tulang BelakangBahaya High HeelsSakit Pinggang BelakangKelainan Tulang Akibat Posisi Duduk Yang Salah

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 10th, January 2017 / 02:11 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang