Sponsors Link

22 Makanan untuk Penderita Tipes

Sponsors Link

Tifus atau tipes, merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi. Biasanya bakteri ini menempel pada makanan atau minuman, sehingga bagi yang mengkonsumsinya akan terserang penyakit ini.

ads

makanan untuk penderita tifusGejala Penyakit Tifus

Ada beberapa gejala yang bisa dilihat apabila seseorang menderita penyakit tifus, yaitu :

  1. Sakit perut dan mual
  2. Demam tinggi
  3. Denyut nadi yang melambat
  4. Lidah yang berwarna putih pucat
  5. Lemas sekujur tubuh

Penyakit tifus sebenarnya cukup mudah untuk disembuhkan. Hanya tinggal melakukan perawatan secara rawat inap agar mendapatkan perlakuan medis yang baik hingga sembuh. Pada umumnya para penderita tifus akan mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis, hal ini dikarekana para penderita tifus tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan berserat dan berkarbohidrat tinggi.

Lalu makanan apa sajakah yang boleh dikonsumsi oleh penderita tifus? Berikut ini adalah beberapa makanan penderita tifus :

Makanan Tinggi Protein

Untuk memperoleh tenaga dan stamina, selain harus mendapatkan asupan karbohidrat karena para penderita tifus juga harus mendapatkan asupan protein yang cukup. Asupan protein ini diperoleh dari berbagai macam sumber protein yang ada, seperti protein hewani dan protein nabati.

Protein ini bermanfaat dan berguna sebagai sumber tenaga pada penderita tifus tersebut. Berikut ini beberapa sumber protein yang baik bagi penderita tifus :

  1. Daging ayam rebus – Daging ayam merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Apabila digabungkan dengan jenis makanan lain, maka dapat memenuhi kebutuhan nutrisi karbohidrat dan protein yang cukup bagi penderita tifus. Bagian dada ayam juga sering dijadikan makanan rendah kalori yang baik untuk dikonsumsi.
  2. Hati ayam – Hati ayam, selain lunak dan mudah dicerna juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan protein pasien penderita tifus.
  3. Ikan rebus – Ikan rebus atau ikan yang di tim akan sangat nikmat untuk dikonsumsi. Selain itu, ikan juga memiliki kandungan protein hewani yang baik untuk pemenuhan kebutuhan energi dan juga jenisikan salmon banyak dikonsumsi sebagai makanan penambah berat badan.
  4. Kacang kedelai – Seperti diketahui, kacang kedelai memiliki kandungan protein nabati yang tinggi dan baik untuk tubuh. Kacang kedelai rebus, bisa dikonsumsi sebagai tambahan protein bagi penderita tifus.
  5. Tahu – Sebagai bahan olahan dari kacang kedelai, sudah tentu tahu memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik bagi penderita tifus. Selain itu, tahu memiliki tekstur yang sangat lembut, yang akan membuat penderita tifus mudah mencernanya.
  6. Margarin – Margarin memiliki sedikit kandungan protein dan lemak. Lemak ini juga dibutuhkan oleh tubuh penderita tifus untuk menambah energi tubuh. Namun, perlu diperhatikan agar penggunaannya tidak berlebihan.
Sponsors Link

Makanan Rendah Serat

Salah satu pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tifus adalah jenis makanan yang mengandung kadar serat tinggi. Beberapa jenis sayur dan buah memiliki kadar serat yang sangat tinggi, yang ternyata tidak boleh diberikan kepada penderita tifus

Ada baiknya untuk mencoba mengkonsumsi jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang rendah, apabila masih ingin tetap mengkonsumsi jenis sayur-sayuran. Jenis-jenis makanan rendah serat tersebut :

  1. Kacang Panjang
  2. Buncis Muda
  3. Labu Ssiam
  4. Pepaya
  5. Pisang
  6. Alpukat
  7. Wortel

Makanan yang Lunak

Para penderita tifus hendak mengkonsumsi makanan dengan kadar serat yang rendah, sehingga mereka membutuhkan jenis makanan yang lunak dan mudah dicerna, namun tetap memiliki nutrisi yang tinggi bagi penderita tifus. Contoh makanan-makanan tersebut antara kain :

Sponsors Link

  1. Bubur – Bubur yang dimasak menggunakan kaldu ayam memiliki sumber karbohidrat dan protein yang cukup bagi penderita tifus. Selain itu, bubur juga mudah dimakan dan dicerna karena sifatnya yang lembek dan cenderung encer.
  2. Nasi Tim Ayam – Pilihan lainnya adalah nasi tim ayam. Makanan ini memiliki tekstur nasi yang lebih lembek daripada nasi putih biasa dan memiliki kandungan protein yang terkandung pada daging ayam tersebut. Makanan ini akan sangat membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein dari pasien penderita tifus.
  3. Kentang Tumbuk – Kentang tumbuk atau bisa juga kentang rebus dapat menjadi alternatif bagi penderita tifus dan juga makanan bagi penderita diabetes. Dengan teksturnya yang lembek dan mudah dicerna, serta kandungan nutrisinya yang baik, maka penderita tifus bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan ini.
  4. Roti Bakar – Roti bakar dapat dioles dengan mentega untuk menambah kadar karbohidrat dan lemak sebagai tambahan sumber tenaga bagi pasien penderita tifus.
  5. Puding – Puding memiliki tekstur yang lembut, serta mudah dicerna. Selain itu puding juga terdiri dari beberapa bahan-bahan yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan gula pada puding, juga bisa menjadi sumber tenaga bagi pasien tifus.
  6. Biskuit – Selain kandungan karbohidrat yang tinggi per kepingnya, ini terlalu sehingga membuat dapat menjadi pilihan bagi yang sedang menderita tifus.
  7. Pisang – Pisang memiliki kadar nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu teksturnya yang lunak juga dapat memudahkan penderita tifus dalam mencerna yang juga cocok untuk makanan untuk anak diare.
  8. Alpukat – Sama seperti buah pisang, alpukat juga sangat berguna dan bermanfaat bagi penderita tifus. Teksturnya yang lembut, serta kandungan vitamin di dalamnya akan membantu memenuhi kebutuhan energinya.

Makanan yang Tidak Bersifat Asam dan Pedas

Selain itu, penderita tifus tidak boleh mengkonsumsi makanan yang bersifat terlalu asam dan terlalu pedas, karena bahaya makanan pedas, tidak baik bagi pencernaan. Kombinasikan beberapa bahan makanan yang dimiliki untuk membuat berbagai menu makanan yang ramah dan dapat dikonsumsi oleh penderita tifus.

Itulah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi para penderita tifus. Satu lagi hal yang penting adalah bahwa penderita tifus haruslah sering minum air putih secara teratur.

Artikel Tifus Lainnya

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 25th, February 2015 / 10:16 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat