16 Obat Herbal Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan bisa jadi merupakan salah satu penyakit yang sangat umum dijumpai di masyarakat. Bisa jadi pola hidup tidak sehat memicu penyakit ini. Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, pada beberapa kasus radang tenggorokan bisa disebabkan oleh penyakit lain yang memicu penyakit radang tenggorokan itu sendiri.

Radang tenggorokan sangat mudah dikenali. Gejala paling umum penyakit ini adalah rasa sakit pada tenggorokan. Rasa sakit tersebut biasanya akan semakin parah ketika digunakan untuk menelan. Selain itu, ada beberapa gejala radang tenggorokan yang bisa Anda jadikan patokan untuk segera melakukan pengobatan, di antaranya:

(Baca juga: gejala radang tenggorokan)

Beberapa gejala di atas biasanya akan reda dengan sendirinya setelah 5 sampai 7 hari. Namun untuk beberapa kasus radang tenggorokan yang sudah parah sebaiknya dilakukan pengobatan atau pemeriksaan secara medis. adapun gejala yang ditunjukkan ketika radang tenggorokan sudah tergolong parah adalah:

  • suara serak sudah berlangsung lebih dari 2 minggu
  • radang tenggorokan sering kambuh
  • mengalami sesak nafas atau kesulitan bernafas
  • muncul suara mengi ketika bernafas
  • sering meneteskan air liur karena kesulitan menelan
  • rasa sakit menjalar hingga telinga (baca juga: penyebab telinga sakit dan berdengung)
  • air liur yang bercampur dengan dahak
  • muncul benjolan pada leher

Untuk radang tenggorokan yang sudah tergolong parah harus segera dilakukan tindakan pengobatan. Tindakan pengobatan bisa dilakukan secara medis dan juga secara herbal (alami). Untuk mengurangi resiko ataupun efek samping anda bisa melakukan tindakan pengobatan dengan cara herbal. Berikut ini beberapa metode pengobatan radang tenggorokan secara herbal yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

1. Air Garam

Cara paling efektif untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri ialah dengan metode pengobatan antibiotik. Salah satu metode yang dimaksud ialah dengan berkumur menggunakan cairan antiseptik. Cairan antiseptik bisa anda buat dengan cara alami. Caranya ialah dengan mencampurkan garam dengan air. Air garam merupakan cairan antiseptik alami yang berguna untuk membunuh kuman atau bakteri penyebab radang tenggorokan. Berkumur dengan air garam tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi radang tenggorokan, tetapi juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut karena cairan garam tersebut efektif untuk melawan berbagai macam kuman yang ada di mulut. Untuk radang tenggorokan yang disertai dengan batuk dahak anda bisa melakukan tindakan pengobatan dengan minum air garam tersebut.

(Baca juga: bahaya konsumsi garam berlebih)

2. Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang bisa anda manfaatkan untuk mengobati radang tenggorokan adalah bawang putih. Menurut penelitian, bawang putih mengandung senyawa allicin yang berguna sebagai anti bakteri dan juga anti inflamasi sehingga sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan dan juga meredakan rasa nyeri pada tenggorokan. Untuk mengobati radang tenggorokan menggunakan bawang putih yang perlu anda lakukan adalah dengan mengunyah bawang putih mentah. Untuk menetralkan rasa menyengat bawang putih anda bisa langsung berkumur menggunakan air putih atau dengan mengkonsumsi madu. Namun bagi mengkonsumsi bawang putih mentah ini sebaiknya jangan berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping bagi tubuh.

(baca juga: bahaya bawang putih mentah)

3. Madu dan Lemon

Bahan alami yang bisa mengobati radang tenggorokan selanjutnya adalah madu dan lemon. Untuk mengobati radang tenggorokan yang perlu anda lakukan hanya mencampurkan air perasan jeruk lemon dan juga madu kemudian mengkonsumsi campuran keduanya secara rutin 3 kali setiap hari. Seperti yang kita ketahui, jeruk lemon mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga efektif menangkal infeksi oleh bakteri maupun virus. Sementara itu madu juga memiliki manfaat yang tidak kalah penting bagi tubuh. Kandungan senyawa yang ada di dalam madu dipercaya efektif untuk mengatasi masalah inflamasi dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

(baca juga: madu bagi penderita asam lambungmadu untuk penderita asam urat)

4. Jahe

Manfaat jahe bagi tubuh memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Tanaman rimpang yang satu ini sejak dahulu dipercaya sebagai bahan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya sebagai bahan alami untuk mengobati radang tenggorokan. Adapun kandungan senyawa di dalam jahe yang berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan adalah senyawa zingiberin. Senyawa tersebut memiliki sifat yang akan merilekskan tubuh sehingga aliran darah di dalam tubuh lebih lancar. Senyawa tersebut juga berguna sebagai senyawa anti racun dan juga anti inflamasi sehingga efektif untuk mengatasi masalah pada tenggorokan yang mengalami radang. Untuk mengobati radang tenggorokan menggunakan jahe anda hanya perlu memanggang satu ruas jahe. Jahe yang telah dipanggang tersebut kemudian digeprek. Seduh jahe tersebut menggunakan air panas. Untuk menambah rasa nikmat anda bisa menambahkan gula jawa atau gula aren pada air seduhan jahe tersebut. Selain berguna untuk mengobati radang tenggorokan, air seduhan jahe tersebut juga dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan seperti maag, mual, dan muntah.

(baca juga: efek samping jahe bagi kesehatan)

5. Sup Ayam

Siapa yang tidak menyukai sup ayam? Hampir setiap orang pasti akan menyukai makanan yang satu ini. Jika ada obat yang paling enak tentu makanan yang satu ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat. sup ayam selain memiliki rasa yang nikmat ternyata juga berkhasiat sebagai obat radang tenggorokan. Kuah hangat di dalam sup ayam ternyata memiliki khasiat anti inflamasi yang efektif untuk mengurangi rasa nyeri pada radang tenggorokan. Anda bisa mengkonsumsi sup ayam setiap hari untuk mengobati radang tenggorokan. Namun tidak disarankan menambahkan sambal pada sup ayam yang anda konsumsi sebab makanan pedas bisa memperparah radang tenggorokan anda.


6. Minyak Kayu Putih

Anda yang menderita radang tenggorokan mungkin akan menggunakan minyak kayu putih sebagai obat oles untuk meredakan nyeri atau hanya sekedar untuk aroma terapi saja. Namun minyak kayu putih ternyata memiliki khasiat lain untuk mengatasi radang tenggorokan. Ada mungkin sudah mengetahui teknik pengobatan steaming. Teknik pengobatan steaming merupakan teknik pengobatan yang memanfaatkan uap untuk melancarkan peredaran darah sehingga efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti sakit kepala, mengurangi gejala radang, bahkan efektif untuk mengurangi gejala stres. Salah satu bahan yang bisa anda manfaatkan untuk teknik steaming ini adalah minyak kayu putih. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan satu baskom air panas atau air hangat yang masih menguap. Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih pada baskom yang berisi air tersebut. Untuk mengurangi gejala radang tenggorokan hiruplah aroma minyak kayu putih dari baskom tersebut. Lakukan metode tersebut secara berulang hingga gejala radang yang anda alami berkurang.

7. Pisang

Penderita radang tenggorokan disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur lunak. Salah satu makanan yang disarankan dan relatif membuat perut kenyang dalam kurun waktu yang lebih lama adalah buah pisang. Mengkonsumsi buah pisang bagi penderita radang tenggorokan sangat disarankan. Selain tepat karena memiliki tekstur yang relatif lunak, buah pisang juga asupan yang yang kaya akan kandungan potasium. Di mana potasium merupakan senyawa yang efektif untuk mengurangi peradangan. Jadi, selain mengenyangkan pisang juga cepat menyembuhkan penyakit radang tenggorokan.

8. Air Putih

Meningkatkan asupan air putih juga tidak kalah penting sebagai langkah pengobatan radang tenggorokan. Selain baik bagi kesehatan tubuh ternyata mengkonsumsi banyak air putih efektif untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. Meningkatkan asupan air putih ternyata sangat efektif untuk membuat selaput mukosa dan area sekitar tenggorokan selalu lembab. Cara tersebut berguna untuk melawan berbagai macam kuman penyebab radang tenggorokan. Dengan kata lain, menjaga area tenggorokan selalu lembab sangat penting agar radang tenggorokan cepat sembuh. Selain melawan penyakit radang tenggorokan, mengkonsumsi banyak air putih juga efektif untuk melawan gejala flu, batuk, dan juga demam.

9. Teh

Minum teh juga bisa menjadi salah satu solusi praktis untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. Seperti yang kita tahu, teh merupakan asupan yang kaya akan kandungan antioksidan di mana antioksidan tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin baik sistem kekebalan tubuh maka akan semakin cepat proses penyembuhan radang tenggorokan sebab bakteri atau virus penyebab radang akan lebih mudah dilawan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, anda bisa mencampur teh dengan lemon atau dengan madu.

10. Daun Kemangi

siapa yang menyangka daun kemangi ternyata juga efektif untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. Untuk mengobati radang tenggorokan anda hanya perlu berkumur dengan air rebusan daun kemangi atau air seduhan daun kemangi. Daun kemangi ternyata memiliki kandungan senyawa yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama pada tenggorokan sehingga proses penyembuhan radang tenggorokan menjadi lebih cepat.

(Baca juga: efek samping daun kemangi)

11. Buah Belimbing

Bahan alami lainnya yang berguna untuk mengobati radang tenggorokan adalah buah belimbing. anda bisa mengkonsumsi jus buah belimbing setiap hari untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. Kandungan senyawa di dalam buah belimbing dipercaya mampu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan karena sifatnya anti radang. Sementara itu, buah belimbing juga sangat kaya akan kandungan vitamin C di mana vitamin tersebut efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

12. Cengkeh

Bahan herbal yang bisa mengobati radang tenggorokan selanjutnya adalah cengkeh. Untuk memanfaatkan cengkeh sebagai obat radang tenggorokan anda hanya perlu menyeduh cengkeh layaknya menyeduh teh. Cengkeh memiliki senyawa eugenol yang bersifat anti radang dan juga anti bakteri sehingga efektif untuk mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

13. Kunyit

Kunyit juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengobati radang tenggorokan. Untuk mengobati radang tenggorokan anda hanya perlu mengambil air ekstrak kunyit atau mengkonsumsi kunyit asam. Adapun kandungan senyawa di dalam kunyit adalah minyak atsiri yang bersifat anti radang dan juga anti bakteri. Selain itu, kunyit ternyata juga mengandung vitamin C yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga proses penyembuhan radang tenggorokan lebih cepat.

14. Es Batu

Cara lain untuk mengobati radang tenggorokan adalah dengan mengisap es batu. Cara ini memang tidak akan menyembuhkan radang tenggorokan dengan cepat namun mengisap es batu cukup efektif untuk meredakan rasa nyeri pada tenggorokan yang sedang mengalami radang. selain mengisap es batu, anda juga bisa meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan dengan mengkonsumsi permen pelega tenggorokan.

(Baca juga: bahaya makan es batu setiap hari)

15. Hindari Asap Rokok

Langkah lain yang tidak kalah penting untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan adalah dengan menghindari asap rokok. Asap rokok merupakan salah satu paparan zat kimia yang akan memperparah radang tenggorokan. Selain memperburuk radang tenggorokan, asap rokok juga terbukti meningkatkan resiko terhadap penyakit lain seperti gangguan saluran pernafasan.

16. Istirahat

Langkah terakhir yang tidak kalah penting untuk mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan adalah dengan meningkatkan intensitas istirahat. Meningkatkan intensitas istirahat akan membantu mengembalikan stamina tubuh dan juga memperbaiki jaringan tubuh yang rusak sehingga tubuh kembali bugar dan juga sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

Itulah beberapa metode pengobatan radang tenggorokan secara alami. Untuk mencegah radang tenggorokan kembali kambuh konsumsilah makanan yang kaya akan kandungan vitamin C sehingga sistem kekebalan tubuh meningkat. Selain itu, rutin melakukan olah raga dan juga tidak merokok merupakan pilihan efektif untuk mencegah radang tenggorokan.

, ,
Post Date: Thursday 24th, November 2016 / 16:58 Oleh :
Kategori : Herbal