Minum Soda Saat Haid Boleh Atau Tidak? Ini 6 Alasan Wajib Diketahui

1084

Saat sedang menstruasi atau haid, maka ada beberapa larangan turun temurun yang tidak boleh dilakukan atau setidaknya dihindari seperti keramas karena dikatakan bisa meningkatkan durasi menstruasi, menggaruk area pinggang dan perut karena bisa menyebabkan selulit, menjauhi minuman bersoda karena bisa menyebabkan nyeri dan lain sebagainya. Untuk larangan keramas dan juga menggaruk area pinggang dan perut yang gatal selama haid sudah dibuktikan dari penelitian jika hal tersebut hanyalah mitos belaka. Namun, bagaimana dengan minum soda saat haid, apakah hanya mitos atau memang benar? Agar bisa lebih jelas, berikut ini kami punya ulasan lengkapnya untuk anda khususnya para wanita.

Hubungan Minum Soda Dengan Haid

Sampai saat ini, banyak orang yang menyarankan untuk minum soda justru sewaktu tengah haid yang konon katanya bisa dijadikan cara mempercepat menstruasi dan melancarkan aliran darah yang keluar selama masa menstruasi tersebut sehingga bisa lebih singkat. Namun sampai saat ini, masih tidak ada penelitian medis yang bisa membuktikan hubungan antara minuman berkarbonasi dengan siklus menstruasi tersebut.

Minuman soda yang juga mengandung kafein hanya bakal memperburuk gejala tidak nyaman selama menstruasi. Menurut seorang pakar, mengkonsumsi minuman berkarbonasi berhubungan dengan akibat kelebihan estrogen tinggi sehingga bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan juga endometrium.

Bolehkah Minum Soda Sewaktu Sedang Haid?

Meski saran untuk mengonsumsi soda saat haid sudah terjadi secara turun temurun, namun sebaiknya hal ini Anda hindari dan hentikan. Ada beberapa bahaya minuman bersoda saat haid yang menjadi alasan mengapa minuman bersoda tidak baik dikonsumsi selama masa menstruasi seperti ulasan kami berikut ini.

  1. Meningkatkan Nyeri Haid

Selain ada bahaya minuman bersoda bagi ginjal, minum minuman berkarbonasi selama masa haid tidak akan melancarkan dan mempercepat menstruasi namun hanya memperburuk gejala haid yang ditimbulkan seperti rasa nyeri yang semakin meningkat. Dalam minuman soda mengandung gula dan kafein yang bisa meningkatkan rasa nyeri selama haid tersebut dan bahkan bisa sampai mengganggu aktivitas sehari hari.

  1. Meningkatkan Stress dan Depresi

Disaat normal saja, seorang wanita selama masa menstruasi sudah mengalami gangguan hormon yang menyebabkan depresi, kecemasan, stres dan juga perubahan mood semakin meningkat. ketika ditambah dengan mengkonsumsi minuman bersoda, maka kandungan kafein dalam minuman tersebut hanya akan meningkatkan perasaan depresi yang dialami seorang wanita.

  1. Memperburuk Kram Perut

Dalam minuman bersoda memiliki sifat vasokonstrikor yang berasal dari kandungan kafein minuman berkarbonasi penyebab kram perut. Saat minuman ini dikonsumsi selama haid, maka kafein akan mempersempit pembuluh darah yang ada pada rahim sehingga memperburuk kram perut ditambah dengan kandungan gula tinggi dalam minuman bersoda.

  1. Cepat Kelelahan

Selain menjadi salah satu penyebab darah beku saat haid, bahaya minum soda selama menstruasi berikutnya adalah bisa meningkatkan rasa lelah meski tidak sedang melakukan aktivitas berat seperti olahraga. Hal ini bisa terjadi karena kandungan gula tinggi dalam minuman bersoda yang bisa membuat kekebalan tubuh menjadi tidak seimbang dan akhirnya tubuh cepat merasa lelah dan kekurangan energi.

  1. Menghambat Keluarnya Darah Kotor

Mengkonsumsi minuman bersoda juga tidak baik dilakukan selama haid karena bisa menghambat keluarnya darah kotor termasuk pembuluh darah di area rahim penyebab menstruasi lama. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan mitos yang beredar jika minum minuman bersoda selama haid akan mempercepat durasi haid tersebut.

  1. Memperburuk Gejala Menstruasi

Kandungan kafein dalam minuman bersoda juga bisa memperburuk gejala gejala menstruasi yang membuat tidak nyaman seperti bahaya minum kopi pada saat haid. Selain itu, mengkonsumsi minuman tinggi kafein seperti soda juga bisa merusak kesehatan wanita sehingga sangat tidak disarankan untuk minum soda selama masa haid sedang berlangsung.

Dari ulasan diatas bisa dilihat jika minum soda saat haid tidaklah sama dengan kepercayaan secara turun temurun dimana soda dikatakan bisa mempercepat durasi haid. Minuman bersoda justru hanya akan memperburuk gejala yang ditimbulkan baik dari perubahan mood atau rasa sakit yang ditimbulkan selama haid. Untuk itu sebaiknya hindari mengkonsumsi minuman bersoda dan juga yang mengandung kafein tinggi agar anda tidak mengalami beberapa masalah yang sudah dijelaskan diatas.