5 Bahaya Minuman Bersoda bagi Ginjal Harus Diketahui

Minuman bersoda memang enak, apalagi saat kondisi panas, minuman bersoda dingin akan terasa segar dan mampu menghilangkan dahaga. Selama ini banyak dari kita yang tidak tahu bahaya minuman bersoda bagi kesehatan anda terutama bagi kesehatan ginjal. Apakah anda tahu bahaya minuman bersoda bagi kesehatan ginjal anda? Artikel ini akan membahas tentang bahaya minuman bersoda bagi ginjal. Mari kita simak ulasan berikut agar anda lebih bijak dan tidak berlebihan mengkonsumsi minuman bersoda.

Minuman bersoda menduduki peringkat pertama dari minuman yang berbahaya untuk kesehatan ginjal. Minuman bersoda memiliki kandungan asam sofat, sodium, pemanis buatan, kafein, dan sirup jagung. Setiap kandungan dalam minuman bersoda memiliki efek samping bagi kesehatan ginjal anda. Lantas apa saja sih bahaya minuman bersoda bagi ginjal?

1 .Asam Sofat

Kandungan asam sofat dalam minuman bersoda sangat tinggi. Asam sofat dapat memengaruhi pembentukan batu ginjal di saluran kemih. Hal ini diakibatkan dari sifat asam sofat yang mengikat mineral, seperti kalsium di dalam ginjal, sehingga membentuk batu ginjal.

2 .Sodium

Soda mengandung sodium yang tinggi sehingga jika berlebihan kandungan ini akan mengakibatkan penyakit ginjal kronis. Sodium biasanya terkandung dalam garam. Penyakit ini ditandai dengan hilangnya fungsi ginjal menyaring limbah dari tubuh dan menumpuk racun dalam darah.

3 .Pemanis Buatan

Minuman bersoda diklaim sebagai minuman bebas gula, namun kenyataannya kandungan gula dalam pemanis buatan lebih tinggi dari gula normal. Kandungan ini memungkinkan penurunan pada ginjal anda. Semakin menumpuk kandungan gula dalam tubuh anda dapat menyebabkan penyakit ginjal kronik.

4 .Kafein

Rata-rata minuman bersoda mengandung kafein. Kandungan kafein inilah yang memiliki efek negatif terhadap ginjal anda. Kafein merupakan zat yang mampu meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan resiko penyakit ginjal.

5 .Sirup Jagung

Minuman bersoda memiliki kandungan jagung fruktosa yang tinggi. Sementara kandungan tersebut berisi kalori yang menyebabkan penyakit ginjal dan penekanan darah. Hal itu terjadi karena sirup jagung memiliki berperan terhadap sensivitas insulin dan obesitas.

Itulah 5 kandungan minuman bersoda yang dapat membahayakan fungsi ginjal anda. Mengkonsumi berliter-liter minuman bersoda setiap hari membawa masalah dalam hidup anda dan berujung kematian.

Hanya cukup minum 2 kaleng soda per-hari dapat merusak ginjal anda. Hasil ini didapatkan dari penelitian di University Of Japan dengan mengamati tes urine dari 12.000 karyawan. Hasilnya, sungguh mencengangkan. Karyawan yang minum 2 kaleng minuman soda atau lebih perhari meningkatkan kandungan protein dalam urine mereka.

Protein dalam urine merupakan indikasi utama bahwa adanya kerusakan ginjal. Namun, peneliti menjelaskan bahwa adanya protein dalam urine merupakan gejala awal penyakit ginjal dan dapat disembuhkan dengan perawatan dokter serta mengurangi konsumsi minuman bersoda. Tapi, tetap anda harus mewaspadai bahaya minuman bersoda bagi ginjal anda.

Bagaimana Jika Sudah Terkena Penyakit Ginjal?

Apabila anda atau saudara terkena penyakit ginjal, jangan khawatir. Ada langkah-langkah yang dapat anda tempuh untuk cara mengobati gagal ginjal. Namun, yang terpenting adalah mengurangi konsumsi minuman bersoda. Bagi anda yang sudah kecanduan usahakanlah menghindari minuman bersoda ini untuk kesehatan, masa depan, dan keluarga anda.

Itulah sekilas ulasan mengenai bahaya minuman bersoda bagi ginjal. Semoga dengan artikel ini dapat memberi manfaat untuk anda. Anda akan berpikir ulang jika ingin minum minuman bersoda. Dan memilih minuman sehat lain yang lebih bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda terutama kesehatan ginjal. Sayangilah keluarga dan orang-orang terdekat anda.