Kenali 9 Hal Yang Tubuh Alami Saat Kamu Tidak Jaga Kesehatan

211

Kenali 9 Tanda Yang Tubuh Alami Saat Kamu Tidak Jaga KesehatanMenjaga kesehatan dengan pola hidup yang benar adalah suatu kunci untuk bisa tampil menarik serta berperforma maksimal sehari-hari. Namun ketika sudah mulai ada beberapa keluhan atau gejala ringan yang dirasakan terus-menerus seperti berikut ini, tandanya kita tak jaga kesehatan dengan baik dan benar lho.

  1. Insomnia

Salah satu tanda paling umum bahwa kita kurang jaga kesehatan adalah susah tidur di malam hari, ya alias mengalami insomnia. Entah itu karena saking lelahnya sampai tak bisa tidur, tekanan dan stres yang membayangi, atau karena ketidaknyamanan di bagian otot dan sendi yang berhubungan juga dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

  1. Kelelahan Lebih dari Biasanya

Ketika rasa lelah seperti tak biasanya, maka sebenarnya ini bisa jadi tanda bahwa tubuh mendapatkan sedikit istirahat. Istirahat adalah yang paling dibutuhkan tubuh agar bisa mengembalikan energi yang sudah hilang karena aktivitas. Kelelahan ekstrem atau berlebihan bisa terjadi sebagai tanda bahwa kita tak istirahat secara cukup.

  1. Rambut Rontok

Ketika mulai mengalami kerontokan rambut padahal sebelumnya tak pernah terjadi hal semacam ini, penting untuk mulai menengok kembali apakah kita sudah menjaga kesehatan dengan benar. Dari mulai pola makan, pola tidur dan olahraga harus diperhatikan. Meski rambut rontok bisa saja terjadi karena penggunaan produk perawatan rambut yang salah, kerontokan rambut bisa saja dipicu oleh tekanan dan stres yang mungkin tak disadari.

  1. Sakit Kepala

Berkegiatan padat atau bekerja terlalu keras terkadang adalah suatu alasan kenapa kita tak bisa jaga kesehatan dengan baik. Sering sakit kepala adalah salah satu tanda tubuh kita kurang sehat dan juga bisa menandakan bahwa tubuh kita kurang terhidrasi.

  1. Jerawatan

Pada umumnya, jerawatan terjadi pada masa remaja, namun orang dewasa pun sebenarnya juga dapat mengalami kondisi seperti ini. Jerawatan dapat termasuk di dalam tanda bahwa tubuh kita, atau lebih tepatnya kulit kita kurang sehat dan sedang berada di bawah tekanan alias stres. Untuk menjaganya tetap sehat dan cantik, perawatan kulit sekaligus teknik relaksasi rutin bisa dicoba.

  1. Nyeri Setelah Olahraga

Ketika setiap sehabis olahraga tubuh mengalami rasa sakit dan nyeri, dan sebelum berolahraga lagi kita harus menunggu sampai beberapa hari demi menunggu rasa sakitnya hilang, ini juga tanda tak baik. Ini bisa jadi adalah efek bahaya olahraga yang berlebihan. Memang benar bahwa kurang olahraga bisa bikin otot sendi menegang, tapi berolahraga secara berlebihan juga bukan cara yang baik dalam menjaga kesehatan.

  1. Sering Sakit

Saat tubuh lebih rentan terkena masuk angin atau penyakit flu, ini bisa jadi adalah tanda bahwa tubuh mengalami penurunan pada sistem kekebalannya. Sistem daya tahan tubuh yang melemah dapat disebabkan oleh kelelahan fisik berlebih, kurang istirahat, kurang asupan nutrisi dan juga kurang terhidrasi.

  1. Konsentrasi yang Buruk

Seperti halnya saat kurang minum air putih, tubuh yang mengalami dehidrasi bakal lebih sulit untuk fokus atau berkonsentrasi pada hal-hal yang kita kerjakan. Sama halnya dengan sakit-sakitan, kurang konsentrasi bisa saja karena kurang asupan cairan tubuh, kurang berolahraga, kurang tidur, atau bahkan kurang dan sering telat makan.

  1. Sakit Perut

Sakit perut sesekali, mungkin memang itu tanda bahwa ada masalah dengan apa yang kita makan. Namun jika sakit perut terjadi setiap hari setiap sehabis makan, ini adalah suatu tanda bahwa gangguan pencernaan sedang terjadi. Entah itu karena kebanyakan makan, diet yang kurang tepat, atau pemilihan makanan yang kurang sehat bisa jadi alasan kenapa sakit perut sering dialami.

Setiap hari, seberat apapun hari kita, pastikan untuk makan tepat waktu secara cukup tanpa berlebihan dan juga memerhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Tak hanya itu, cukup minum air putih, cukup istirahat, dan bahkan cukup olahraga adalah penting dalam menjaga tubuh tetap bugar dan menghindari segala tanda-tanda buruk di atas.