Sakit Pada Perut Bagian Kanan – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sakit pada perut bagian kanan merupakan indikasi bahwa jaringan perut sedang dalam kondisi tidak baik yang bisa menyerang segala usia. Setiap individu memiliki faktor penyebab munculnya sakit pada perut bagian kanan atau lebih dikenal sebagai usus buntu yang berbeda beda, Tetapi bisa disembuhkan dengan cara tradisional.

Penyebab

Sakit pada perut bagian kanan atau penyakit usus buntu dibagi menjadi 2 bagian yang saling berkaitan, Contohnya :

1. Sakit pada perut bagian kanan atas, Penyebabnya meliputi:

  • Akibat gangguan organ hati
    Organ hati terletak pada bagian kanan atas jaringan perut yang mudah teroksidasi oleh serangan virus dan mudah mengalami perubahan sel menjadi abnormal akibat pengawet makanan, Pewarna makanan atau makanan yang mengandung kolesterol jahat dalaam jangka panjang. Kondisi ini menyebabkan munculnya bahaya hepatitis, Kanker hati atau Penyakit liner abcess dimana penyakit tersebut adalah penyebab sakit pada perut bagian kanan atas yang sering menyerang orang dewasa.
  • Akibat gangguan ginjal
    Ginjal manusia terdiri dua organ dengan ukuran dan fungsi yang sama, salah satunya adalah mengontrol racun dalam tubuh. Namun ketika ginjal sebelah kanan mengalami pembentukan batu ginjal , Serangan infeksi bakteri atau ditumbuhi sel kanker maka akan menimbulkan sakit pada perut bagian kanan atas yang memicu rasa mual dan muntah.
  • Akibat gangguan Pankreas
    Dibawah organ lambung terdapat pankreas dan sudut letak pankreas adalah tepat pada perut bgaian kanan atas . Jika organ pankreas terjadi luka dan infeksi maka sakit pada perut bagian kanan atas sangat menyiksa ketika lambung penuh dengan makanan. Kondisi ini terjadi karena luka luka pada organ pankreas akan mendapat tekanan atau himpitan dari lambung yang penuh oleh makanan dan akibatnya merangsang munculnya rasa nyeri.
  • Akibat gangguan Empedu
    Diatas organ harti ada kantung empedu dimana letaknya ada disebelah kanan perut bagian atas yang dapat menyebabkan rasa sakit pada perut bagian kanan atas jika kantung empedu terdapat luka, Iritasi atau peradangan akibat pembentukan batu empedu atau bisa juga disebabkan tumbuhnya sel sel kanker empedu.

Baca juga:

langkah pencegahan batu empedu
Pengobatan batu empedu

  • Masalah hernia hiatus
    Munculnya gejala hernia hiatus pada pria dan wanita akibta sebagian atau hampir keseluruhan darai organ lambung jatuh kebagian rongga diafragma yang menyebabkan munculnya sakit pada perut bagian kanan atas, Diaman intensitas rasa nyerinya akan bertambah saat penderita melakukan aktivitas yang mengandalkan tenaga besar (misalnya mengangkat beban berat) dan rasa nyerinya bisa meluas kebagian pinggang dan area kandung kemih.

2. Sakit pada perut bagian kanan bawah, Penyebabnya meliputi:

  • Akibat penumpukan kista ovarium
    Gangguan kista seringkali menyerang wanita dewasa termasuk kista ovarium yang tumbuh diarea ovarium atau indung telur sebelah kanan. Kista bersifat berkembang dan akan mengalami pembesaran seiring berjalannya waktu, Akibatnya pembesaran tersebut menimbulkan penyumbatan pada area kandung kemih. Kondisi tersebut dapat mendorong dan menekan dinding perut sehingga menimbulkan sakit pada perut bagian kanan bawah. (Baca juga: Cara mengobati kista)
  • Akibat Gangguan jaringan Endometrium
    Endometrium adalah seperti plasenta yang melapisi organ rahim bergeser dan berada diluar rahim maka akan ada tekanan terhadap ovarium yang dekat dengan usus dan menyebabkan sakit pada perut bagian kanan bawah . Peristiwa sering muncul pada wanita ayang sedang mengalami siklus haid. Tetapi rasa sakit pada perut juga bisa muncul akibat permukaan yang melapisi rahim terjadi luka atau robekan kecil akibat infeksi bakteri. (Baca juga: Ciri-ciri Rahim Sehat)

  • Akibat kehamilan ektopik
    Kehamilan ektopik merupakan kehamilan abnormal atau kehamilan yang terjadi diluar rahim akibat pemakaian kontrasepsi berbentuk spiral, Pernah mengalami kehamilan ektopik sebelumnya dan lain lain. Kehamilan ektopik rentan menyebabkan keguguran dan munculnya rasa sakit pada perut bagian kanan bawah.
  • Akibat Radang tuba falopi
    Tuba falopi adalah saluran telur yang ada dikanan dan kiri sebagai penghubung antara uterus (rahim) dan ovarium. Jik saluran telur sebelah kanan menderita peradangan maka akan menyebabkan sakit pada perut bagian kanan bawah dan juga sebaliknya.
  • Akibat Hernia inguinalis
    Ketika membran yang ada dipermukaan rongga perut mengalami pembesaean diarea ototnya maka pembesarn tersebut akan menyerupai tonjolan yang dapat menyebbakan rasa sakit pada perut bagian kanan bawah.
  • Masalah Uretero Lithiasu
    Uretero lithiasu adalah kasus penyumbatan yang terjadi disepanjang organ ginjal, Lambung dan saluran kandung kemih. Penyumbatan yang terjadi pada ureter sebelah kanan dapat menimbulkan reaksi rasa sakit pada perut bagian kanan bawah.
  • Akibat penyumbatan usus
    Penyakit yang berhubungan dengan penyumbatan usus atau lebih dikenal sebagai penyakit usys buntu terjadi saat usus menfalami sumbatan akibat serangan infeksi yang menimbulkan nyeri disekitar perut bagian kanan bawah dan menimbulkan mual, Muntah dan hilangnya nafsu makan.

Hubungan antara cedera akibat benturan/pukulan dengan sakit pada perut bagian kanan atas dan bawah
Tahukah anda bahwa benturan atau pukulan keras yang mengenai perut bagian kanan dapat mencederai dinding perut bagian dalam yang menyebabkan munculnya rasa mual dan muntah, Akibatnya sakit pada perut bagian kanan atas atau bawah (atau terjadi pada keduanya) dapat memicu rasa nyeri yang menjalar kebagian jaringan lain termasuk pinggang, dada dan area kandung kemih.

Gejala

Sakit pada perut bagian kanan atas dan bawah mempunyai gejala yang sama, Meskipun munculnya disebabkan oleh penyebab yang berbeda. Kondisi ini disebabkan dampak kerusakan dan kelainan yang terjadi sama-sama menyerang bagian perut sebelah kanan. Berikut beberapa gejala sakit pada perut bagian kanan bawah:

Pengobatan medis

Tips cara mengatasi sakit pada perut bagian kanan dengan menggunakan bahan bahan alami herbal yang ada disekitar kita

1. Adas

Biji adas salah satu obat tradisional yang dapat menyembuhkan sakit pada perut bagian kanan dan meningkatkan kesehatan jaringan hati dan memperkuat sistem pencernaan. Biji adas dapat dihaluskan untuk kemudian dimasukan dalam segelas air matang hangat dan diaduk hingga merata. Airnya disaring untuk kemudian diminum satu kali sehari secara teratur.

2. Daging lidah buaya

Khasiat lidah buaya untuk kulit memiliki efek mendinginkan yang dapat juga Menenangkan dan meringankan rasa sakit pada perut bagian kanan akibat peradangan usus. Lidah buaya bisa dibuat menjadi jus harian yang diminum 2 kali sehari sampai sembuh dan dapt terus dikonsumsi setelah sembuh untuk menjaga dan melindungi jaringan perut dari serangan bakteri penyebab infeksi.

3. Rimpang jahe merah

Jahe merah mengandung zat anti radang dan senyawa gingerol yang terbukti mampu mengurangi efek buruk akibat radikal bebas terhadap jaringan perut dan memperbaiki daya tahan tubuh terhadap infeksi yang disebabkan bakteri atau virus termasuk infeksi pada jaringan usus dan kandung kemih. Rimpang jahe merah dapat diparut untuk kemudian diseduh dengan air matang panas dan tambahkan asam jawa dan madu secukupnya, Minuamn nikmat ini dapat diminum 2 kali sehari secara rutin. (Baca juga : Efek samping jahe)


4. Daun sembung

Daun sembung dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit pada perut bagian kanan dan meredakan nyeri pada wanita yang sakit perut akibat silkus haid. Daun sembung dapat direbus untuk kemudian disaring airnya untuk kemudian diminum 2 kali sehari secara rutin saat haid belum selesai.

5. Rimpang Kunyit

Rimpang kunyit dapat dijadikan solusi terbaik untuk penyembuhan sakit pada perut bagian kana dan kiri yang disebabkan karena serangan bakteri . Kunyit dapat diparut dan diseduh dengan air hangat matang untk kemiudian disaring dan diminum 2 kali sehari selama jaringan perut masih terasa kembung, Penuh dan melilit. Tambahakan sedikit gula aren dan asam kawak atau jawa agar dapat dikonsumsi anak anak yang menderita sakit perut.

Baca juga:

Pencegahan

Untuk mencegah terjadinya kambuh pada sakit pada perut yang sudah sembuh atau mencegah sakit pada perut bagian kanan agar tidak menjadi lebih parah, Maka dapat dilakukan beberapa pencegahan sebagai berikut:

  • Menghindari minuman bersoda, Minuman mengandung kafein (teh dan kopi), Minuman beralkohol
  • Mengkonsumsi makanan yang renadah lemak
  • Hindari apapun jenis makanan yang bercitarasa pedas
  • Mengompres perut yang sakit dengan handuk kecil yang sebelumnya telah direndam didalam air hangat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 04th, August 2017 / 07:57 Oleh :