8 Langkah Pencegahan Batu Empedu

Empedu merupakan bagian tubuh yang ukurannya cukup kecil. Letaknya berada di bagian bawah hati. Keadaan empedu ini bertugas sebagai pembentuk cairan yang di gunakan untuk pencernaan. Kemudian cairan tersebut nantinya akan di ekskresikan ke dalam bagian usus. Terutama dalam membantu penccernaan lemak.

( Baca : operasi batu empedu )

Banyak sekali masalah yang di timbulkan dari empedu. Sebab bagian empedu ini memiliki banyak kegunaan. Jika anda tidak terbiasa hidup sehat, akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Misalnya muncul penyakit batu empedu, penyebab batu empedu pengerasan bagian empedu,  gejala batu empedu, efek empedu di angkat dan lain sebagainya.

Seperti apakah batu empedu ?

Batu empedu merupakan salah satu bentuk penyakit yang menyerang tubuh anda. Yakni adanya proses pengerasan di bagian empedu. Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara bagian kolestrol dan juga senyawa kimia yang ada pada bagian empedu.

Ada macam – macam bentuk dan ukuran yang di sebabkan oleh batu empedu. Mulanya batu empedu ini hany sebesar butiran pasir. Lantas juga bisa membesar seperti bola pingpong. Jumlahnya juga bervariasi, ada yang hanya satu di dalam kantung empedu. Namun ada juga yang banyak, seperti dua dan tiga batu empedu.

( Baca : obat herbal batu empedu & cara mengobati batu empedu )

Sebenarnya, batu empedu ini tidak memiliki efek yang berbahaya bagi seseorang. Namun ketika batu empedu sudah mulai menyumbat di bagian saluran kantung empedu, ini menjadi awal mulanya sakit. Penderita akan mengalami sakit yang sangat parah di bagian perut sebelah kanan secara tiba – tiba.

Ada banyak penyebab seseorang mengalami resiko penyakit batu empedu. Misal karena memang faktor usia yang sudah mulai menua, yakni sekitar 40 tahun ke atas. Lantas jenis kelamin juga berpengaruh, yakni wanita memiliki resiko lebih tinggi dari pada pria. Kemudian karena anda memiliki berat badan berlebihan atau obsesitas. Kebiasaan hidup dengan pola tidak sehat juga bisa, seperti terlalu banyak konsumsi alkohol dan rokok.

(Baca : pengobatan batu empedu )

Langkah Pencegahan Batu Empedu

Jangan khawatir, karena batu empedu ini bisa di cegah terlebih dahulu. Seperti kata pepatah, bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobat. Lantas apa saja langkah – langkah yang bisa di gunaka  untuk mencegah resiko penyakit batu empedu ?

1. Konsumsi lemak jangan terlalu banyak

Untuk mencegah munculnya batu empedu pada bagian tubuh anda, maka bisa di lakukan dengan mengurangi konsumsi lemak. Sebab asupan lemak yang terlalu banyak bisa menyebabkan pengerasan pada bagian cairan empedu. Jika anda tidak ingin mengalami gejala pengerasan pada bagian empedu, maka kurangilah konsumsi lemak berlebihan.

( Baca : Makanan yang baik untuk batu empedu )

2. Lakukan diet yang sehat

Selain itu, masih ada cara lain yang bisa bermanfaat untuk mencegah adanya batu empedu. Yakni dengan melakukan diet yang sehat. Maksud diet adalah bukan mengurangi porsi makan. Namun mengurangi konsumsi lemak dan karbohidrat dalam sehari. Namun tetap perhatikan beberapa konsumsi zat lain seperti vitamin, mineral, dan protein yang baik untuk tubuh.

3. Atur pola makan teratur

Aturlah pola makan anda agar teratur. Jangan hanya makan sekali dalam satu hari. Tetap makan tiga kali dalam sehari dengan kandungan gizi yang cukup dan baik untuk tubuh. Menjaga dan mengatur pola makan bertujuan agar anda tetap sehat. Setelah sehat, bisa menjaga tubuh tetap terpenuhi gizi dan nutrisinya.

( Baca : makanan yang dapat menyebabkan batu empedu )

4. Olah raga teratur

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, perlu juga melakukan olah raga. Misalnya dengan melakukan lari lari kecil di setiap pagi hari. Tidak usah olah raga dengan berat dan berlebihan. Lakukanlah olah raga agar lemak tubuh anda terbakar. Selain itu, dengan olah raga bisa menjaga kesehatan tulang anda.

5. Kurangi konsumsi alkohol

Selalu kurang konsumsi konsumsi makanan dan minuman yang tidak baik untuk tubuh. Misal alkohol. Minuman ini tidak baik untuk tubuh. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian tubuh seperti otak dan jantung. Untuk itu, jika anda ingin mulai hidup sehat hindari makanan seperti ini.

6. Kurangi konsumsi kopi

Kopi juga berbahaya bagi tubuh jika di konsumsi banyak – banyak. Bahkan kopi menjadi salah satu pemicu terjadinya batu empedu. Untuk itu, jika anda adalah penikmat kopi, sebaiknya kurangi konsumsi minuman ini untuk menjaga empedu. Sebab kopi ini memiliki kaefein yang kandungannya membuat kecanduan.

7. Kurangi makanan manis

Selain makanan yang penuh dengan daging, anda juga harus kurangi konsumsi makanan yang manis. Misal seperti sirup, cokelat, dan makanan manis lainnya. Sebab makanan yang cenderung manis ini mampu membantu meningkatkan kadar lemak yang tidak seimbang. Tentu saja hal ini akan memperparah pengerasan batu empedu.

8. Kurangi konsumsi makan nasi atau karbohidrat

Selain makan ayam dan sapi, anda juga harus mengurangi konsumsi makanan yang berasal dari padi atau gandum. Nasi merupakan bahan makanan yang kaya akan karbohidrat. Jika di konsumsi terlalu banyak, juga bisa menyebabkan kadar lemak yang ada di dalam tubuh meningkat. Padahal jika lemak meningkat, maka semakin memperkeras batu di bagian empedu.

itulah beberapa cara pencegahan yang bisa di lakukan untuk mengurangi resiko batu empedu. Semoga berhasil.