Home Tips KesehatanKesehatan Otak Ternyata Ini 10 Penyebab Daya Ingat Menurun di Usia Muda yang Berbahaya

Ternyata Ini 10 Penyebab Daya Ingat Menurun di Usia Muda yang Berbahaya

by Erlita

Apakah Anda masih berada di usia produktif, yakni antara usia belasan atau bahkan usia dewasa muda antara 20-30 tahunan tapi sudah sangat mudah lupa? Daya ingat menurun padahal masih ada di usia muda membuat Anda bertanya-tanya sendiri pasti tentang apa alasannya. Berikut adalah sejumlah penyebab daya ingat menurun di usia muda yang bisa Anda kenali.

  1. Kurang Asupan Vitamin B12

Anak muda pada umumnya kurang memerhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh mereka. Ketidaksadaran bahwa tubuh kekurangan vitamin B12 bisa jadi awal dari penurunan daya ingat. Tips diet sehat dan seimbang dapat mulai ditempuh dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi seperti produk susu, daging unggas, telur dan ikan.

Vitamin B12 yang didapat dari sumber-sumber makanan tersebut akan membantu supaya peredaran darah menuju otak lebih lancar. Jadi bisa dibilang, ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin ini otomatis sistem peredaran darah dalam tubuh kurang baik sehingga kinerja otak pun terganggu.

  1. Terlalu Capek

Di usia yang produktif, tentu hal ini pun menjadi alasan untuk beraktivitas lebih banyak bagi beberapa orang yang usianya masih muda. Namun, terlalu padatnya kegiatan akan memudahkan timbulnya ciri-ciri badan kecapekan di mana tubuh sebenarnya sudah memerlukan istirahat. Ketika fisik diforsir, maka berbagai macam penyakit yang disebabkan kecapekan fisik dan mental pun dapat terjadi.

  1. Kurang Tidur

Terlalu capek biasanya berkaitan dengan kurangnya istirahat atau kurang tidur. Tidur dalam waktu kurang dari 6 jam mampu menyebabkan daya ingat yang menurun. Perlu untuk mengatur waktu tidur paling tidak 6 jam supaya fungsi daya ingat tetap baik dan maksimal.

Tidak tidur dengan cukup maka akan memicu hambatan pada proses perbaikian sel-sel dan jaringan dalam tubuh yang biasanya terjadi di waktu kita sudah terlelap. Tak hanya daya ingat menurun, kurang tidur pun akan meningkatkan stres yang sudah ada. Jadi, pastikan tidur 6 jam setidaknya dan kalau bisa ditingkatkan menjadi waktu tidur ideal 8-9 jam per hari.

  1. Terlalu Banyak Menggunakan Gadget

Ketergantungan terhadap perkembangan teknologi, seperti gadget tentu membawa manfaat tersendiri memang, yakni menambah pengetahuan maupun memberi hiburan. Hanya saja, gadget pun dapat memicu seseorang mudah lupa bahkan di usia yang masih muda.

Ketidakmampuan dalam membatasi pemakaian gadget sehingga menggunakannya berlebihanlah yang menjadi faktor penyebab otak mengalami penurunan fungsi daya ingat. Ingatan menurun dapat disebabkan oleh terlalu bergantungnya pada segala aplikasi yang membuat segala urusan menjadi instan. Bahkan gadget jugalah yang menyebabkan banyak orang keranjingan main sampai lupa tidur sehingga fungsi otak pun akhirnya turun karena kurang tidur.

  1. Depresi

Terlalu padatnya kegiatan belum lagi ditambah kurang tidur dan asupan makanan yang tak seimbang, disertai juga dengan adanya berbagai masalah di lingkungan mampu menjadikan seseorang gampang stres atau depresi. Daya ingat dapat terpengaruh oleh faktor depresi, khususnya bila depresi ini sampai berkepanjangan tanpa adanya penanganan yang serius.

Berbagai peristiwa traumatis pun mampu menyebabkan seseorang di usia muda mengalami depresi. Karena depresi juga mampu memengaruhi fungsi kinerja otak, maka penurunan daya ingat pun dapat terjadi sebagai efeknya. Kasus seperti depresi sebaiknya ditangani dengan bantuan dokter atau konselor yang berpengalaman dan terpercaya; jika diperlukan penggunaan obat antidepresan kiranya bisa membantu.

  1. Gangguan Tiroid

Fungsi kelenjar tiroid yang mengalami gangguan mampu berdampak negatif bagi otak, termasuk fungsi daya ingat. Penyakit kelenjar tiroid mampu menyerang usia muda walau seluruh usia dapat mengalaminya, sehingga hal ini pun menjadi penyebab daya ingat penderita menurun sebagai efek penyakit tiroid yang sudah berkepanjangan dan makin menimbulkan kerusakan.

  1. Diabetes

Penyakit gula atau diabetes tak hanya berisiko tinggi terjadi pada orang-orang yang sudah tua, tapi juga dapat terjadi pada orang-orang yang usianya masih muda. Bahkan diabetes pada beberapa kasus adalah suatu efek keberlanjutan dari gagalnya sistem vaskular di dalam tubuh. Ketika tak segera ditangani secara tepat, diabetes pun mampu melemahkan daya ingat penderitanya.

Apakah penyakit gula dapat disembuhkan? Selalu ada cara untuk menyembuhkan diabetes, yakni dengan menstabilkan kembali kadar gula darah yang sudah terlalu tinggi melalui proses diet sehat atau diet rendah kalori yang ekstrem. Langkah yang tepat untuk mengendalikan diabetes otomatis juga akan berpengaruh baik pada daya ingat penderita.

  1. Alkohol

Anak muda kerap kali suka mencoba-coba, termasuk juga mencoba mengonsumsi alkohol. Kebiasaan mengonsumsi alkohol pada dasarnya hanya akan meningkatkan risiko bahaya minuman keras bagi kesehatan, terutama kesehatan sistem saraf otak.

Konsumsi alkohol secara berlebihan hanya akan meningkatkan potensi memori otak yang terlalu pendek alias daya ingat menjadi lebih lemah. Meksi efek alkohol sendiri sudah tak begitu besar bagi tubuh, dampaknya pada otak dapat terjadi begitu lama. Untuk itulah, daripada mengonsumsi alkohol, konsumsi air putih dan jus buah jelas jauh lebih baik dan sehat demi menghindari bahaya alkohol bagi sistem saraf.

  1. Gangguan Kecemasan

Saat sedang mengalami kecemasan berlebihan, seseorang cenderung sulit berkonsentrasi dan seluruh perhatian hanya akan berpusat pada rasa cemas yang sedang dirasakan. Karena hal tersebut, memori baru maupun lama yang telah terbentuk pun akan terblokir.

  1. Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan jenis narkoba maupun obat untuk kondisi medis tertentu mampu menyebabkan penurunan daya ingat saat masih muda. Beberapa obat alergi, kemudian juga penggunaan amitriptyline, oxybutynin, cimetidine, dan paroxetine adalah contoh obat yang mampu memberikan pengaruh pada fungsi daya ingat.

Oleh karena itu, segera ke dokter untuk mengonsultasikan pengganti dari obat-obat medis tersebut. Jika penggunaan obat yang menyebabkan daya ingat menurun adalah narkoba, segera hentikan, apapun jenis yang digunakan apabila tak ingin membahayakan kesehatan lebih jauh.

Seperti sudah kita lihat, ada berbagai faktor penyebab daya ingat menurun di usia muda bukan? Mulai dari pola hidup hingga kondisi kesehatan yang terganggu dan juga kondisi mental dapat menyebabkan fungsi otak, khususnya dalam hal daya ingat, menurun. Atasilah segera dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik dan sehat serta berkonsultasilah dengan dokter jika perlu.

You may also like