Home Penyakit dan KelainanSumber Penyakit 23 Penyakit yang Disebabkan Kecapean Fisik dan Pikiran Wajib Diwaspadai

23 Penyakit yang Disebabkan Kecapean Fisik dan Pikiran Wajib Diwaspadai

by Erlita

Rasa capek atau lelah dapat terjadi ketika Anda memforsir tenaga dan pikiran untuk apapun kegiatan yang Anda kerjakan. Tubuh yang cepat lelah bisa terjadi sebagai gejala berbagai kondisi penyakit, baik itu lelah fisik ataupun lelah secara emosional dan psikologis. Berikut merupakan daftar penyakit yang disebabkan kecapean yang wajib Anda tahu dan atasi segera.

  1. Anemia

Kecapean bisa saja menjadi penyebab kambuhnya anemia yang memang sudah Anda alami sebelumnya. Anemia sendiri adalah suatu kondisi tubuh di mana kadar sel darah merah kurang sehingga mengalami hambatan dalam proses suplai oksigen ke seluruh tubuh. Waspadai anemia dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B12 tinggi.

  1. Asma

Penyakit asma pun dapat menjadi lebih mudah kambuh saat tubuh secara fisik dan mental merasa terlalu capek. Itulah mengapa para penderita penyakit pernapasan ini diminta untuk mengelola stres dengan baik supaya serangan asma tak mudah menghampiri. Asma akan lebih gampang datang saat tubuh penderitanya juga sedang berimunitas rendah.

  1. Serangan Jantung

Apabila Anda sudah memiliki riwayat salah satu dari jenis-jenis penyakit jantung ini, pastikan untuk jangan terlalu capek dalam melakukan aktivitas-aktivitas Anda. Lelah secara fisik dari adrenalin yang meningkat tentunya akan membuat detak jantung bekerja lebih cepat. Inilah yang kemudian lebih mudah dalam memicu serangan jantung.

  1. Hipertensi

Lelah secara fisik apalagi mental alias stres bisa menjadi faktor peningkat risiko tekanan darah tinggi. Ini karena hormon adrenalin di dalam tubuh bakal otomatis terproduksi lebih sehingga detak jantung lebih cepat dan kuat dalam kinerjanya. Cobalah untuk mencari cara mengatasi stres fisik dan mental yang paling baik sambil juga menjaga pola makan dan istirahat Anda.

  1. Hipotiroid

Kelelahan mampu menjadi pemicu timbulnya kondisi hipotiroid. Saat tubuh mengalami kekurangan tiroid, otomatis hal ini adalah kondisi yang bisa kita sebut dengan hipotiroid. Selain kecapean, beberapa kondisi lain yang menyertai biasanya adalah sering menggigil, kekeringan pada kulit, kenaikan berat badan hingga sembelit.

  1. Diabetes

Kelelahan mampu berpengaruh buruk rupanya terhadap kadar gula darah seseorang. Ini karena hormon kortisol akan dilepaskan oleh tubuh yang kemudian menjadi pendorong terhasilkannya hormon ghrelin. Hormon ghrelin itulah yang mampu menyebabkan sering lapar sehingga Anda bisa tergoda untuk makan lebih banyak dan berdampak pada kenaikan kadar gula darah.

  1. Migrain

Tubuh yang kecapean memang tak jauh-jauh dari kondisi sakit kepala. Namun saat fisik dan mental terlalu capek, bisa-bisa jenis sakit kepala seperti sakit kepala sebelah alias migrain dapat lebih mudah menghampiri. Kecapean berkaitan dengan kondisi otot leher tegang, susah tidur hingga perubahan hormon yang memicu penyerangan migrain.

  1. Endokarditis

Saat lapisan jantung bagian dalam terkena infeksi, maka inilah kondisi yang Anda sebut dengan endokarditis. Walau tak banyak dijumpai, tetap saja penyakit ini berbahaya dan mengancam jiwa, terlebih berisiko tinggi terjadi pada orang-orang dengan gangguan jantung.  Kecapean justru lebih mudah memunculkan kondisi endokarditis ini.

  1. Depresi

Rasa capek pada umumnya terkait pula dengan perubahan suasana hati yang sangat mudah berubah bukan? Ketika capek, mood akan berubah buruk dan hal ini yang mampu memperbesar potensi depresi bila dibiarkan. Waspadai apabila Anda sudah mulai sulit fokus pada kegiatan yang sedang dikerjakan serta kehilangan selera makan hingga penurunan berat badan.

  1. Sindrom Kelelahan Kronis

Saat Anda merasa capek dan sudah istirahat cukup namun rasa lelah tetap ada, inilah yang disebut dengan sindrom lelah kronis. Waspadalah apabila tenaga seolah mudah sekali habis walau tak banyak aktivitas yang dikerjakan. Bila ditambah dengan sulit konsentrasi, kebingungan, serta timbul rasa nyeri, periksakan segera ke dokter.

Penyakit Lainnya yang Bisa Disebabkan Kecapean

Selain dari beberapa kondisi penyakit yang sudah diuraikan di atas, masih ada sejumlah penyakit yang berasal dari kecapean pada tubuh dan pikiran Anda. Berikut merupakan beberapa masalah kesehatan wajib Anda kenali dan waspadai.

Seperti yang sudah diuraikan tersebut, ada begitu banyak penyakit yang disebabkan kecapean fisik dan pikiran bukan? Oleh karena itu, setiap harinya Anda perlu mendapatkan istirahat yang cukup dan pastikan pula untuk tidak kurang olahraga demi menjaga kebugaran tubuh.

You may also like