10 Cara Mengatasi Kesemutan Seluruh Badan Secara Alami

Kesemutan menjadi salah satu gejala yang tidak mengenakkan di dalam tubuh. Sebab kesemutan bisa membuat tubuh sulit untuk melakukan sebuah aktivitas sehari-hari. Kesemutan yang muncul di dalam tubuh juga perlu diantisipasi, sebab kehadirannya bisa menjadi salah satu pertanda akan sebuah penyakit yang ada di dalam tubuh. Kesemutan umumnya terjadi di bagian tertentu dalam tubuh, yakni di bagian tangan, kaki, dan kepala. Namun bagaimana jika kesemutan terjadi di seluruh tubuh. Hal ini tentu menjadi sebuah perhatian yang serius, sebab memungkinkan terjadi sesuatu hal yang tidak baik di dalam tubuh Anda. Untuk itu Anda harus mengetahui beberapa cara mengatasinya, agar gejala ini tidak terjadi secara berangsur dan berakibat buruh terhadap kesehatan. Berikut dalam artikel ini akan diuraikan sepuluh cara mengatasi kesemutan seluruh tubuh yang penting Anda ketahui. Anda disarankan untuk mengetahui cara menjaga kesehatan peredaran darah.

  1. Bergerak dengan Perlahan

Bergerak menjadi salah satu cara penting yang dapat Anda tempuh ketika tubuh mengalami kesemutan. Sebab kesemutan muncul di dalam tubuh bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya salah posisi dalam waktu yang lama. Sehingga peredaran darah menjadi tertekan, dan akibatnya tubuh akan mengalami kesemutan. Bergerak bisa membantu merenggangkan bagian tubuh yang tertekan menjadi longgar dan peredaran darah di dalam tubuh akan kembali lancar. Namun gerakan yang dilakukan saat kesemutan tidak secara penuh, melainkan gerakan-gerakan kecil dan dilakukan secara perlahan. Seperti lari-lari kecil, atau jalan-jalan kecil.  Baca juga tips olahraga.

  1. Posisikan tubuh Pada Posisi benar

Cara selanjutnya yang dapa Anda tempuh untuk mengantisipasi gejala kesemutan pada seluruh tubuh adalah dengan memposisikan tubuh pada posisi yang benar. Sebab hal ini akan membuat tubuh pada posisi yang benar sehingga peredaran darah bisa berjalan dengan lancar. Sebab kesemutan salah satu penyebabnya adalah ketika posisi tubuh berada di posisi yang tidak benar. Sehingga akan menghambat peredaran darah di dalam tubuh.

  1. Istirahat Cukup

Selain posisi yang tidak pas, kesemutan bis muncul di dalam tubuh diakibatkan oleh aktivitas yang terus menerus. Untuk itu istirahat cukup dirasa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatisipasi gejala kesemutan yang ada di seluruh tubuh. Melalui istirahat yang cukup akan membuat tubuh menjadi rileks, artinya semua safap, organ, peredaran darah berjalan sesuai porsinya masing-masing.

  1. Kompres dengan air hangat

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan ketika tubuh mengalami kesemutan adalah dengan mengkompresnya dengan air hangat. Cara ini dapat bermanfaat dalam memperlancar sirkulasi darah dan merangsang saraf. Sehingga kesemutan bisa diatasi secara perlahan.

  1. Lakukan Pemijatan

Pemijatan bisa menjadi salah satu cara ampuh dalam mengatasi kesemutan yang ada di dalam tubuh. Sebab pemijatan ini dapat membantu melonggarkan tubuh, sehingga akan memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.


  1. Mengkonsumsi Kunyit

Kunyit menjadi salah cara ampuh untuk mengatasi gejala kesemutan seluruh tubuh. Kandungan curcumin yang ada di dalam tubuh bisa membantu dalam memperlancar  sirkulasi darah. Sehingga akan membantu menghilangkan kesemutan secara alami.

  1. Konsumsi Salad Bayam dan Yoghurt

Bahan selanjutnya ini juga bis membantu dalam menghilangkan kesemutan seluruh tubuh. Sebab kandungan magnesium di dalamnya dapat memperbaiki sirkulasi darah serta fungsi saraf otak. Untuk itu memiliki dampak positif dalam mengatasi kesemutan di dalam tubuh. Baca juga 24 Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi

  1. Minum Alpukat, Kacang-kacangan Serta Pisang

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesemutan seluruh tubuh adalah dengan mengkonsumsi alpukat, kacang-kacangan serta pisang. Alpukat kaya akan kandungan vitamin B, kacang-kacangan dan pisang diyakini mampu dalam meninktakna kinerja saraf di dalam tubuh. Sehingga makanan ini bisa menjadi solusi dalam mengatasi kesemutan yang ada di dalam tubuh.  Baca juga 21 bahaya makanan cepat saji bagi kesehatan

  1. Minum Jamu Kayu Manis

Cara alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengantisipasi ketika terjangkit gejala kesemutan di dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi minuman jamu kayu manis. Sebab kayu manis diyakini mengandung mangan dan postassium yang hal ini dapat membantu menignkatkan sirkulasi darah, sehingga bagi tubuh yang mengalami kesemutan akan membantu dalam memperlancar peredarannya. Baca juga 32 makanan untuk penderita diabetes wajib dikonsumsi

  1. Yoga

Selanjutnya cara ampuh yang dapat Anda lakukan ketika tubuh mengalami kesemutan adalah dengan dengan melakukan olahraga Yoga. Olahraga ini dilakukan secara teratur setiap harinya. Selain itu yoga bisa membantu kondisi tubuh agar tetap bugar, selain itu yoga bisa dapat meningkatkan sirkulasi darah menjadi lancar. Yoga yang dilakukan secara teratur setiap hari akan membantu tubuh dalam kondisi prima, dan membuat sirkulasi darah di dalam tubuh menjadi lancar. Untuk itu hal ini dapat menolong bagi Anda yang mengalami kesemutan seluruh tubuh. Sebab dengan gerakan yoga, semua bagian tubuh dilatih untuk bergerak, sehingga tidak ada bagian tubuh yang diam dan berakibat pada penghambatan peredaran daranh ke seluruh tubuh.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kesemutan