Home Tips KesehatanKesehatan Otak 6 Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Otak Yang Bisa Anda Dapatkan

6 Manfaat Tidur Tanpa Bantal Bagi Otak Yang Bisa Anda Dapatkan

by Erlita

Banyak orang pasti lebih memilih tidur dengan bantal daripada tidak sama sekali. Padahal tahukah Anda kalau tidur tanpa bantal itu bermanfaat lebih besar bagi kesehatan, termasuk untuk fungsi otak kita? Menggunakan bantal memang mendukung tidur terkesan lebih nyaman sehingga cepat terlelap, tapi tidur tanpa bantal layak dicoba jika Anda ingin lebih sehat.

Dilansir dari The Bored Mind, faktanya kepala yang disangga dengan bantal setiap kali tidur malah meningkatkan risiko otak mendapat tekanan. Dari tekanan tersebut, dapat kemudian timbul tekanan darah tinggi, kecemasan, stres serta hingga perilaku. Bagi Anda yang ingin berpola hidup lebih sehat dengan mencoba tidur tanpa menggunakan bantal, inilah berbagai manfaat tidur tanpa bantal bagi otak.

  1. Kecerdasan Anak Meningkat

Ada baiknya para orang tua membiasakan anak untuk tidur tanpa bantal sedari dini karena rupanya kebiasaan ini sangat baik untuk mereka yang otaknya masih dalam masa tumbuh kembang. Selain dapat meningkatkan selera makan, rupanya manfaat yang paling penting dari tidur tanpa bantal bagi otak anak adalah meningkatkan kecerdasannya.

  1. Konsentrasi Meningkat

Jika selama ini merasa bahwa Anda sulit berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas, cobalah untuk mengubah kebiasaan tidur yang tadinya selalu menggunakan bantal, saat ini bisa mulai tidur tanpa bantal. Kurangnya konsentrasi dapat ditimbulkan dari peredaran darah ke otak mengalami ketidaklancaran.

Dengan tidur tanpa bantal, aliran darah yang berasal dari jantung menuju otak akan normal kembali. Jadi dengan membiasakan diri tidur tanpa harus menggunakan bantal, otomatis Anda meningkatkan lagi konsentrasi yang juga berdampak baik bagi hasil kegiatan Anda nantinya.

  1. Daya Ingat Meningkat

Bagi Anda yang mudah lupa dan sulit untuk mengingat, hal ini juga artinya Anda kurang konsentrasi. Masih berkaitan dengan ketidaklancaran peredaran darah menuju otak, dengan kebiasaan tidur tidak menggunakan bantal akan sangat membantu mengembalikan kemampuan daya ingat normal lagi.

  1. Tidak Lagi Insomnia

Susah tidur dapat terjadi ketika otak terus aktif bekerja di malam hari walau mata sudah ingin terpejam dan tubuh terasa lelah. Agar otak bekerja dengan baik bukan hanya perlu tidur 8-9 jam per harinya, cobalah untuk tidak menggunakan bantal setiap kali tidur.

Selain menjadi pendukung kerja otak secara maksimal dan pencegah insomnia di saat yang sama, dengan tidak menggunakan bantal sewaktu tidur di malam hari, ini bisa menjadi cara pencegahan gangguan tidur lainnya. Tidur bisa lebih berkualitas dan otak juga menjadi lebih segar ketika bangun keesokan harinya.

  1. Otak Bebas dari Stres

Otak mudah stres yang menyebabkan sulitnya berkonsentrasi dan juga sulit tidur di malam hari. Bila Anda sering merasakan hal ini, cobalah untuk menyingkirkan bantal Anda dan biarkan kepala tidur tanpa penyangga apapun. Efek dari tanpa bantal saat tidur akan mencegah tekanan dan stres datang sehingga otak pun bisa lebih segar.

  1. Otak Lebih Rileks

Seperti yang sebelumnya diuraikan bahwa menggunakan bantal saat tidur justru bisa meningkatkan potensi otak menjadi mudah stres karena memperoleh tekanan. Hal ini lebih besar risikonya ketika Anda juga sering menutup kepala dengan bantal walau tujuannya adalah agar bisa tidur dengan lebih nyenyak.

Ingat, kecemasan juga dapat mudah datang karena kebiasaan tidur menggunakan bantal lho. Untuk itulah, mulailah untuk tidur tanpa pakai bantal dan cobalah beberapa minggu untuk merasakan manfaatnya bagi otak Anda.

Bukankah tidur tak perlu pakai bantal adalah tips mudah menjaga kesehatan otak serta cara meningkatkan kecerdasan otak yang aman? Dapatkan 6 manfaat tidur tanpa bantal bagi otak yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Supaya kesehatan otak senantiasa terjaga dengan baik, bukan hanya pola tidur tanpa bantal yang perlu Anda terapkan, melainkan juga asupan makanan dan minuman yang berbahaya untuk otak pun bisa Anda coba hindari. Semua selalu berawal dari kebiasaan yang baik, termasuk juga dalam meningkatkan kesehatan sistem saraf otak Anda.

You may also like