Jika Alami 8 Hal Ini, Segera Beri Waktu Untuk Diri Sendiri

127

Beberapa dari kita tak sadar kalau sebenarnya diri sendiri tengah membutuhkan waktu untuk menyendiri dan beristirahat lebih banyak. Pekerjaan sehari-hari yang mengharuskan kita bertemu banyak orang lalu juga harus berpikir keras mencari solusi untuk hal-hal tertentu, belum lagi pasang senyum untuk setiap orang yang ditemui pasti melelahkan. Inilah beberapa tanda kalau kita butuh waktu untuk diri sendiri supaya kembali segar.

  1. Gampang Menangis

Apakah akhir-akhir ini lebih sering dan mudah menangis? Menangis bukanlah suatu hal yang harus dipermasalahkan karena ini sangat wajar, namun ketika menangis jadi lebih sering, ada kemungkinan bahwa penyebabnya adalah tubuh yang terlalu lelah dan pikiran yang stres tanpa kita sadari. Emosi yang lepas kendali bisa jadi alasan dan ini adalah tanda bahwa kita butuh waktu menyendiri dan menikmati waktu-waktu sunyi.

  1. Jengah dengan Orang-orang di Sekitar Kita

Pernahkah merasa jengah, penat ataupun bosan berada dengan orang-orang di sekitar kita? Human hangover adalah istilah untuk hal ini di mana kejengahan ini berasal dari kebiasaan dalam memaksakan diri untuk menahan dan menyimpan sendiri akan banyak hal menjengkelkan, emosi yang tidak terkendali sekaligus rasa lelah yang sudah memuncak. Sudah waktunya untuk mengasihani tubuh dan pikiran kita sendiri dengan memberi waktu menyendiri lebih dulu.

  1. Malas Mengecek Ponsel

Mulai malas membuka dan mengecek ponsel? Ini juga sebuah tanda yang mungkin tak disadari bahwa diri kita sedang butuh waktu untuk sendiri dan tak ingin terganggu dengan berbagai notifikasi yang berasal dari HP. Waktu sedang luang pun merasa malas untuk membalas chat dan menjawab telpon? Ini juga dapat menjadi hal yang menandakan kalau memang kita perlu menjauh sebentar dari berbagai rutinitas dan orang-orang di sekitar kita.

  1. Merasa Terbebani dengan Segala Hal

Mulai kerap merasa terbeban dengan segala hal yang ada di sekitar hidup kita lalu mulai malas memedulikan hal-hal tersebut? Ini juga menjadi pertanda kalau diri sendiri butuh waktu istirahat lebih banyak supaya kita kembali bisa semangat, segar, dan fokus menjalani hari-hari ke depan.

  1. Mudah Cemas

Sering mengalami kecemasan apalagi cemas berlebihan? Jangan anggap rasa cemas ini adalah stres biasa karena sebenarnya ada kalanya tubuh perlu waktu lebih untuk mengistirahatkan fisik sekaligus pikiran. Carilah cara mengatasi stres dan cemas yang sesuai dengan kondisi kita agar tak bertambah buruk di masa mendatang.

  1. Merasa Pesimis

Kurangnya istirahat secara mental dan fisik pun dapat kemudian menyebabkan rasa pesimis menghantui. Beri diri sendiri ruang lebih untuk menikmati kesunyian dan kesendirian agar bisa kembali bersemangat sekaligus memperoleh energi baru menghadapi hari-hari ke depan.

  1. Sering Lelah

Tidur sudah 8 jam setiap hari tapi badan masih cepat lelah itu juga merupakan suatu tanda kalau diri kita kurang meluangkan waktu untuk sendiri dulu. Tidur cukup saja terkadang belum tentu cukup untuk menyegarkan diri, jadi pastikan cari hiburan yang menyenangkan hati serta pikiran. Dapatkan me time supaya rasa gampang capek bisa diatasi.

  1. Sering Marah

Bawaannya akhir-akhir ini suka marah belum tentu itu selalu terjadi pada wanita yang akan masuk masa menstruasi. Para pria pun ada masanya gampang marah dan orang lain bisa jadi sasaran. Entah itu wanita ataupun pria, coba cek lagi suasana hati, pikiran dan kondisi fisik. Karena jarangnya ada waktu untuk sendiri, kepenatan dan emosi yang selalu tertahan bisa meledak sewaktu-waktu jadinya.

Lelah fisik dan mental jangan diabaikan begitu saja ya. Ujung-ujungnya seringkali mengganggu kesehatan mental dalam waktu cukup panjang dan berakhir depresi. Sebelum kondisi tubuh jauh lebih buruk, ambil waktu istirahat dan menyendiri jauh dari segala hal maupun orang-orang yang mampu memicu stres walau sebentar saja.