Home Featured Dari Fisik Kita Bisa Tahu Seseorang Tengah Stres Berat, Ini 8 Tandanya

Dari Fisik Kita Bisa Tahu Seseorang Tengah Stres Berat, Ini 8 Tandanya

by Erlita

Entah itu mengenali tanda pada diri kita sendiri atau pada orang lain, penting untuk tahu apa saja ciri seseorang yang sedang mengalami tekanan dan stres berat. Jangan abaikan ketika tubuh mengeluarkan sinyal atau tanda bahwa stres sedang menghampiri sebab stres tak hanya berdampak secara emosional lho.

  1. Haus Terus

Tubuh tak mampu berfungsi baik ketika dehidrasi terjadi dan pada akhirnya jadi lebih gampang stres. Jadi ketika kita merasa haus terus-menerus, inilah tanda bahwa tubuh sedang kurang cairan di mana kadar kortisol atau hormon stres bisa terproduksi lebih tinggi. Maka, cukupi kebutuhan 2 liter cairan tubuh setiap harinya ya.

  1. Berat Badan Naik

Stres berat sangat erat kaitannya dengan kenaikan berat badan, apalagi kalau bukan karena pelarian stres seringkali adalah makan banyak dan sering. Seseorang yang merasa tertekan, sedih apalagi stres karena kesepian akan lebih gampang sering ngemil yang tanpa disadari bakal membuat tubuh bertambah gemuk jadinya.

  1. Kerontokan Rambut

Stres akan menimbulkan kondisi terhambatnya pertumbuhan rambut sehingga yang seharusnya rambut tumbuh normal akan kemudian menjadi lebih lambat. Rambut yang rontok ketika stres berat sebenarnya tidak terjadi permanen kok, sebab akan bisa tumbuh lagi, namun pastikan cari cara mengatasi stres lebih dulu secara tepat.

  1. Berkeringat Terus

Ketika stres apalagi tahap lebih berat, ada kalanya seseorang lebih gampang berkeringat dan bahkan berkelanjutan. Kelenjar apokrin akan terus mengeluarkan keringat saat tubuh merespon sesuatu, entah itu di saat gembira ataupun ketika stres maupun gelisah. Meditasi adalah cara menghilangkan stres pikiran yang kiranya bisa dicoba agar dapat menenangkan diri.

  1. Ketidakteraturan Jam Tidur

Kualitas tidur bisa jadi menurun karena terlalu stres di mana setiap malam ada terlalu banyak masalah yang berada di pikiran kita. Jika sehari-hari kita teramat stres, pola tidur yang buruk pun menjadi dampak buruknya. Atau jika sekalinya bisa tidur, biasanya akan timbul mimpi buruk diakibatkan oleh rasa frustrasi pada waktu siangnya.

  1. Gangguan Pencernaan

Ketika seseorang mengalami sakit perut atau perut mulas terus-menerus, gangguan pencernaan ini dapat menjadi tanda bahwa stres melanda meski tak selalu demikian. Banyak orang belum tahu bahwa ada efek langsung yang otak bisa kirimkan ke perut dan usus lho, termasuk juga gangguan pencernaan pada lambung semacam penyakit asam lambung serta penyakit maag yang membuat perut atas terbakar.

  1. Sering Sakit Kepala

Stres berat juga kerap ditandai dengan rasa sakit kepala yang tidak kunjung hilang. Entah itu sakit kepala biasa tapi terlalu sering dan bahkan setiap hari, maupun sering migrain atau vertigo, segera atasi stres tersebut agar tak menjadi lebih serius kondisi sakit kepala ini.

  1. Menstruasi Tak Teratur

Pada wanita, menstruasi yang tidak teratur, entah itu haid 2 kali sebulan atau justru terlambat haid bisa menjadi pertanda stres yang sedang berat-beratnya. Ketidakteraturan siklus menstruasi juga dapat disebabkan oleh stres yang berkepanjangan, entah itu bisa lebih panjang (perdarahan terus-menerus) atau malah lebih pendek juga.

Apabila beberapa tanda fisik tersebut terjadi pada Anda, coba tengok dan rasakan kembali apakah Anda sedang dilanda stres berat. Carilah terapi menghilangkan stres yang sesuai dengan kondisi untuk bisa menghilangkan tanda gangguan kesehatan fisik tersebut; konsultasikanlah ke dokter jika memang perlu.

You may also like