18 Obat Sakit Kepala Sebelah Alami dan Kimia

1997

Sakit kepala sebelah memang sangat mengganggu, dan ini adalah kondisi yang kita sebut juga sebagai migrain. Sakit kepala yang hanya terjadi di bagian sebelah saja memang cukup hebat setiap kali muncul, baik itu di sisi kepala atau bagian depan. Bagi sebagian orang, migrain hanya diderita sesekali saja, tapi ada juga yang cukup sering, yaitu seminggu beberapa kali.

Penyakit satu ini akan menimbulkan berbagai gejala, seperti misalnya rasa mual serta peningkatan kepekaan terhadap suara dan cahaya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah, seperti:

  • Mengonsumsi minuman atau makanan tertentu.
  • Faktor hormon, terutama wanita saat datang bulan.
  • Mengalami stres.
  • Faktor gen atau keturunan.
  • Terlalu lelah.
  • Zat kimia pada otak dan pembuluh darah mengalami perubahan sementara.

Bagi Anda penderita sakit kepala sebelah, ada berbagai pilihan obat sakit kepala sebelah yang dapat dicoba untuk digunakan. Selain obat kimia, ada juga obat-obat tradisional atau alami untuk menyembuhkan sakit kepala sebelah. Di bawah ini bisa dilihat obat ampuh apa saja yang wajib Anda pertimbangkan.

(Baca juga: bahaya sering migrain)

1. Jahe

Pada sebuah hasil penelitian oleh Phytotherapy Research yang diterbitkan pada tahun 2013, telah dibuktikan adanya efek baik dari jahe dalam mengobati sakit kepala sebelah. Terlepas dari efek samping jahe yang kiranya mengkhawatirkan, prostaglandin bakal diblokir oleh kandungan jahe. Prostaglandin ini merupakan senyawa yang menyebabkan kontraksi otot dan berefek pada hormon serta menyebabkan inflamasi pada pembuluh darah yang ada pada otak.

  • Caranya: Tak perlu sulit-sulit, teh jahe saja dapat dikonsumsi dengan baik setiap harinya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, cobalah untuk meminumnya sehari beberapa kali. Minumlah ketika sakit kepala masih berada di awal. Atau bisa juga Anda mengunyah sepotong jahe mentah yang sudah dibersihkan dan dikupas. Selain menjadi obat batuk ampuh, gejala sakit kepala sebelah seperti mual dan gangguan pencernaan dapat diringankan oleh jahe.

2. Chamomile

Bahan satu ini mengandung banyak sifat baik, seperti anti inflamasi serta penenang yang mampu membuat sakit kepala menjadi lebih ringan. Ramuan chamomile diyakini dapat menjadikan sakit kepala lebih baik apabila dikonsumsi secara teratur.

  • Caranya: Ambil bunga chamomile kering sebanyak 2-3 sendok teh yang bisa dimasukkan ke dalam secangkir air panas. Seduhlah selama beberapa menit saja sebelum ditambahkan madu dan jus lemon secukupnya sesuai selera. Saringlah kemudian dan teh siap diminum sehari 3-4 kali demi meringankan gejala.

(Baca juga: penyebab migrain)

3. Peppermint

Sifat anti inflamasi di dalam peppermint sangat tinggi sehingga dapat diandalkan dalam mengobati sakit kepala sebelah. Saraf juga mampu ditenangkan oleh bahan satu ini karena adanya efek antispasmodik.

  • Caranya: Mengonsumsi teh peppermint adalah solusi alami bagi sakit kepala sebelah. Bila ingin, tambahkan madu secukupnya dan konsumsilah sehari 2-3 kali. Tak hanya rasa dari teh peppermint yang mampu meredakan rasa sakit yang mengganggu di kepala, tapi aromanya juga sangat membantu untuk tubuh lebih rileks. Ada juga minyak esensial peppermint yang mampu digunakan untuk obat oles di bagian kepala.

4. Minyak Lavender

Hampir sama seperti peppermint, minyak lavender memiliki aroma menenangkan sehingga dapat melegakan sakit kepala yang terus-terusan mengganggu di bagian depan atau sisi kepala. Minyak ini pun juga lebih mudah digunakan tanpa harus meramunya.

  • Caranya: Tak hanya sekadar dihirup, minyak lavender juga mampu dioles ke kepala. Cukup dengan mengambil 2-4 tetes saja, Anda dapat mencoba mengoleskannya ke pelipis. Atau, cara lain yang bisa dipraktikkan adalah menambahkan sekitar 4 tetes ke air mendidih sebanyak 1 cangkir. Aromanya yang keluar dari air mendidih tersebut dapat Anda hirup untuk mengobati sakit kepala sebelah Anda. Penggunaan dengan menghirup maupun mengoleskannya sama-sama tak berefek samping berbahaya.

(Baca juga: sakit kepala sebelah kiri)

5. Kopi

Kopi sebanyak satu cangkir rupanya dapat diandalkan untuk mencegah maupun mengurangi gejala sakit kepala sebelah. Memang ada sebagian orang yang sakit kepala sebelahnya disebabkan oleh konsumsi kopi atau kafein. Dan ada juga yang minum kopi justru memperparah rasa sakit di kepala, tapi ada pula yang sudah membuktikan bahwa kopi pun mampu menjadi obat penyembuhnya.

  • Caranya: Cukup konsumsilah kopi sebanyak 1 cangkir setiap harinya secara rutin. Anda juga bisa menambahkan jus lemon beberapa tetes supaya dapat menjadi pelawan efek dari diet asam terhadap sakit kepala siklik. Kafein sendiri sebetulnya memiliki manfaat untuk membatasi pembuluh darah serta blok reseptor tertentu yang membuat sakit kepala sebelah muncul.

6. Apel

Buah apel tak hanya termasuk di dalam daftar makanan penurun kolesterol tinggi saja. Ternyata manfaat apel lebih dari itu di mana sakit kepala sebelah juga mampu diatasi olehnya. Buah yang berkandungan karbohidrat tinggi ini tak akan mengecewakan dan sangat patut dicoba sebagai obat migrain.

  • Caranya: Makanlah 1 buah apel setiap harinya sehingga rasa nyeri di kepala dapat berkurang. Untuk alternatifnya, Anda dapat membuat jus apel juga bila tak ingin memakannya secara langsung. Penelitian sudah membuktikan bahwa apel hijau pun aromanya dapat mengobati sakit kepala sebelah yang sudah parah. Jadi ada manfaat ganda yang bisa diterima layaknya ketika menggunakan minyak lavender.

(Baca juga: cara mengatasi migrain)

7. Memijat Kepala

Saat kepala terasa sakit, tentu otomatis memijat kepala pun adalah cara paling refleks yang akan kita lakukan. Namun untuk meredakan dan menyembuhkan sakit kepala sebelah, pemijatan yang dilakukan pun harus benar sehingga sinyal nyeri yang dikirim pada otak pun mampu diblokir. Memijat kepala yang sakit juga adalah cara ampuh dalam membuat aktivitas serotonin meningkat.

Bahkan reseptor serotonin tertentu juga dapat dirangsang sehingga frekuensi sakit kepala sebelah yang begitu intens dapat berkurang. Gejala-gejala dari sakit kepala sebelah pun dapat diatasi. Terapi pijat adalah pengobatan sakit kepala sebelah yang efektif menurut hasil studi di tahun 2006 pada Annals of Behavioral Medicine.

  • Cara 1: Untuk pemijatan efektif, berikan kepala pijatan lembut menggunakan 2 jari pertama yang gerakannya bisa diarahkan melingkar. Titik tekanan yang dapat dipijat demi mengobati sakit kepala adalah sudut mata, bagian tengah dahi atau antara alis, serta dasar tengkorak. Ketika melakukannya dengan benar, ada hasil paling efektif yang bakal dapat dirasakan.
  • Cara 2: Sebelum memijat, ramulah minyak wijen sebanyak 2 sendok makan, bersama dengan bubuk kapulaga, dan kayu manis bersama-sama sebanyak satu setengah sendok teh masing-masing. Campuran inilah yang kemudian dapat Anda oles ke bagian dahi sambil memberi pijatan. Sebelum dibilas, biarkan dulu selama beberapa jam.

8. Cuka Sari Apel

Kalau kita biasanya mendengar bahwa cuka sari apel begitu baik dalam mengatasi gejala kolesterol dan bahkan bagus untuk dijadikan obat jenis-jenis penyakit jantung serta darah tinggi, ada manfaat lain yang bisa kita ambil. Cuka sari apel memiliki kemampuan juga dalam mendetoksifikasi tubuh di mana ini sangat berguna juga untuk sakit kepala sebelah.

  • Caranya: Sediakan air sebanyak 1 gelas yang kemudian bisa ditambah atau dicampur dengan cuka sari apel organik sebanyak 1 sendok makan. Tambahkan juga madu secukupnya sesuai dengan selera karena penambahan madu juga opsional. Minumlah setiap hari supaya sakit kepala sebelah cepat sembuh dan tidak mudah kembali lagi. Bila kurang terbiasa menggunakan cuka sari apel dan bingung akan takarannya, ambil saja 1 sendok teh dulu untuk awal pemakaian. Nanti seiring waktu dapat ditambah menjadi 2-3 sendok makan, terutama ketika serangan sakit kepala sebelah datang lagi atau terasa akan datang.

(Baca juga: mata kunang-kunang kepala pusing)

9. Lada Cayenne

Sebagian dari kita pasti sudah cukup sering juga mendengar lada cayenne ini di mana fungsinya cukup besar untuk kesehatan. Bahkan dalam mengatasi sakit kepala sebelah pun dapat diandalkan. Jenis lada ini mampu menstimulasi peredaran darah. Karena di dalamnya terdapat kandungan capsaicin, maka rasa sakit dapat dihilangkan secara alami.

  • Caranya: Lada cayenne ini bisa dicampurkan ke dalam air hangat sebanyak 1 cangkir yang kemudian dapat diaduk rata. Bila ingin, menambahkan madu dan jus lemon secukupnya pun tak ada masalah supaya manfaat yang dirasakan bisa lebih dan rasanya bisa lebih nikmat. Minumlah bila memang gejala sakit kepala berlebihan mulai muncul, disesuaikan kebutuhan saja dan tidak perlu berlebihan.

10. Es Batu

Untuk sakit kepala sebelah yang cukup membuat tak nyaman dan memengaruhi kegiatan kita sehari-hari, es batu boleh dipakai sebagai obat. Obat rumah paling murah ini dapat dibuktikan keefektifannya dalam mengatasi ketegangan yang disebabkan migrain. Karena ada efek mati rasa yang ditawarkan, rasa sakit pada kepala pun menjadi lebih reda.

  • Caranya: Ambil beberapa es bati untuk dibungkus menggunakan handuk bersih. Setelah membungkusnya, pastikan bungkusan es batu diletakkan dan dikompreskan ke bagian dahi, bagian belakang leher, atau pelipis. Paling tidak biarkan efek dinginnya menenangkan rasa sakit sekitar 10-15 menit. Ulangilah perawatan atau pengobatan dengan metode ini sesuai yang dibutuhkan.

(Baca juga: penyebab kepala kliyengan)

11. Suplemen

Pada studi terbaru, penderita sakit kepala sebelah perlu mengonsumsi suplemen tertentu juga agar dapat mengobati sakit kepala tersebut. Bila Anda terkena serangan migrain, alangkah baiknya jika mengonsumsi riboflavin atau vitamin B2 dengan takaran 400 mg setiap harinya. Bahkan diketahui pula bahwa setelah 3 bulan berlalu, rasa sakit kepala tersebut mengalami pengurangan secara signifikan.

Suplemen lainnya yang kiranya dapat dipertimbangkan adalah CoQ10 yang juga termasuk efektif dalam mencegah sakit kepala sebelah di mana hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi klinis. Tak semua suplemen dapat mengatasi migrain, maka pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yang baru saja direkomendasikan tersebut.

12. Akupuntur

Bila Anda tak berkeberatan, mencoba pengobatan alternatif semacam akupuntur juga bakal sangat membantu. Hasil kesembuhan yang didapat pun bukanlah bersifat sementara melainkan hasilnya berjangka panjang. Maka memang akupuntur menjadi pilihan tepat bila ingin sembuh dari migrain tanpa efek samping.

(Baca juga: sakit kepala belakang)

13. Daun Alpukat

Manfaat dari daun alpukat rupanya cukup banyak. Tidak hanya bisa dijadikan obat maag alami, daun alpukat ini benar-benar adalah obat sakit kepala sebelah yang ampuh. Di dalam daun alpukat sendiri banyak kandungan baik yang akan membantu tubuh melawan segala bentuk inflamasi dan gangguan.

  • Caranya: Sediakan beberapa lembar daun alpukat secukupnya untuk direbus, tapi pastikan Anda sudah membersihkannya lebih dulu. Setelah mendidih dan diangkat, saringlah sebelum meminumnya. Air ramuan daun alpukat ini termasuk paling efektif dalam mengobati akit kepala sebelah. Dengan konsumsi rutin, tentu hasilnya sudah dijamin memuaskan. Bahkan meminumnya sesekali juga tetap bisa menolong untuk pencegahan migrain datang kembali.

14. Bunga Matahari

Bunga matahari juga tak ada salahnya untuk dicoba digunakan untuk mengobati migrain. Seluruh bagian bunga matahari diketahui bagus bagi kesehatan dan bahkan diketahui pula bunganya sendiri memiliki kemampuan dalam menetralkan kembali tekanan darah tinggi. Rasa nyeri dan sakit juga dapat dikurangi dengan memakai bunga satu ini.

  • Caranya: Demi sakit kepala sebelah dapat teredakan, cobalah untuk merebus bunga matahari secukupnya dan ditambah dengan irisah jahe. Bahan-bahan ini perlu dibersihkan dulu sebelum Anda merebusnya, baru setelah itu saringlah dan minumlah air ramuan bunga matahari secara teratur setiap hari. Ramuan ini cukup cepat untuk proses pembuatannya dan dijamin aman tanpa efek samping.

(Baca juga: cara menghilangkan sakit kepala)

15. Minyak Kayu Putih

Dalam menghilangkan sakit kepala yang hanya sebelah, minyak kayu putih merupakan bahan alami selanjutnya yang dapat Anda pakai. Di dalam minyak kayu putih ini terkandung banyak kandungan baik, termasuk sifat antiseptik, anti virus, anti jamur, antibakteri, astringent, dan juga antioksidan. Maka tak salah bila Anda menggunakannya sebagai obat penghilang migrain.

  • Caranya: Cara untuk mengobati migrain sangat sederhana dengan menggunakan minyak kayu putih. Tinggal mengoleskannya ke bagian pelipis atau dahi bagian tengah sambil memberikan pijatan, khasiatnya pasti akan terasa. Boleh juga Anda menghirupnya karena aromanya pasti akan menenangkan serta melegakan rasa sakit yang berdenyut-denyut. Pakailah minyak kayu putih ini selama Anda merasa pusingnya belum hilang.

16. Triptan

Untuk pengobatan kimia, triptan adalah kelompok obat yang biasanya digunakan para penderita migrain. Penyakit sakit kepala sebelah mampu diredam oleh obat satu ini karena tugasnya adalah untuk mengurangi efek zat kimia yang berubah di dalam otak. Perubahan zat kimia tersebutlah yang biasanya memicu sakit kepala sebelah, maka triptan bisa digunakan sebagai obat ampuh.

(Baca juga: sakit kepala sebelah kanan atas kening)

17. Pereda Rasa Sakit

Obat khusus yang dapat meredakan rasa sakit tanpa harus memakai resep dokter pun juga ada dan tersedia di banyak tempat. Anda dapat membeli dengan bebas obat-obat sejenis ini, seperti misalnya asetaminofen, aspirin, parasetamol, dan juga ibuprofen. Obat-obat ini sangat baik dalam meredakan sakit kepala migrain yang begitu mengganggu aktivitas Anda.

18. Obat Anti Muntah

Migrain juga mampu membuat perut terasa mual sebagai salah satu gejalanya, dan ketika perut mual, otomatis akan ada sensasi ingin muntah. Untuk mengobati sakit kepala sekaligus mencegah rasa ingin muntah, pakailah obat-obatan anti-muntah. Tujuannya adalah untuk menurunkan risiko mual dan muntah. Pakailah waktu untuk beristirahat dan kepala yang diserang migrain pasti akan membaik.

(Baca juga: kepala kesemutan)

Itulah sejumlah obat sakit kepala sebelah baik yang alami maupun kimia untuk diperhatikan. Bila setelah obat-obat ini dicoba tapi tak kunjung ada hasilnya, langsung periksakan ke dokter dan diagnosalah. Ini karena ada juga kemungkinan akan penyakit lain yang lebih serius dengan sakit kepala sebelah sebagai gejalanya.