6 Fungsi Asam Mefenamat dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan

Asam mefenamat merupakan salah jeni sobat yang memiliki kandungan mefenic acid. Obat ini juga terdapat dalam bentuk kaplet selaput, tablet dan lain-alin. Kandungan di dalam asam mefenamat termasuk dalam kelompok anti inflamasi non steroid dan akan menghambat perkembangan prostaflandin di jaringan tubuh manusia. Asam mefenamat memiliki fungsi utama untuk menghilangkan semua penyakit yang berkaitan dengan nyeri. Baik nyeri yang ada di gigi, kepala, maupun nyeri setelah operasi, juga berbagai nyeri yang terjadi sebagai akibat dari trauma, dan disminore primer serta diare.

Dalam artikel berikut kami akan bahas tentang 6 fungsi asam mefenamat dan efek sampingnya bagi kesehatan tubuh. Meskipun memiliki khasiat dan fungsi yang baik untuk membantu menangani segala penyakit yang berkaitan dengan nyeri, ternyata asam mefenamat juga memiliki efek samping yang harus anda waspadai. Berikut adalah usalannya.

  1. Mengatasi Nyeri Gigi

Fungsi asam mefenamat yang pertama adalah untuk meredakan dan mengatasi nyeri yang timbul dari sakit gigi. Nyeri pada gigi sendiri sebenarnya dapat disebabakan oleh berbagai masalah yang berkitan dengan adanya karang gigi, penyakit rahang, gigi yang berlubang, dan masih banyak lagi masalah yang dapat menyebabkan nyeri gigi ini. Sakit gigi biasanya akan ditandai dengan gejala yang terasa nyeri pada gigi. Untuk penanganannya sendiri dapat anda lakukan perawatan gigi secara medis. Dan biasanya dokter juga akan menyertakan obat asam mefenamat ini untuk membantu meredakan nyeri pada gigi anda.

  1. Meredakan Nyeri Kepala

Fungsi asam mefenamat yang selanjutnya adalah untuk meredakan nyeri kepala. Nyeri di kepala biasanya akan anda alami setelah anda mengalami beban pikiran yang berat dan bahkan stress serta cepat lelah. Tidak sedikit orang yang juga akan mengalami migraine atau sakit kepala sebelah. Anda dapat mengatasi nyeri di kepala ini dengan asam mefenamat. Bahkan, degan hal ini juga akan membantu mengurangi beban pikiran yang ada di otak kamu.

  1. Mengatasi Nyeri Otot

Fungsi asam mefenamat yang selanjutnya adalah untuk meredakan dan mengatasi nyeri yang ada di otot. Nyeri otot dan asam lambung,  memang sangat terasa dan akan membuat anda tidak nyaman serta terganggu aktivitas anda. kondisi ini biasanya disebabkan oleh otot yang terlalu tegang. Selain anda dapat mengatasinya dengan asam mefenamat, anda juga disarankan untuk merilekskan otot sejenak agar kondisi bisa segera membaik.

  1. Meredakan Nyeri Ketika Menstruasi

Fungsi asam mefenamat selanjutnya adalah untuk meredakan nyeri ketika menstruasi. Fungsi asam mefenamat dalam hal ini adalah untuk menurunkan volume yang ada di pendarahan bahkan sangat parah saat proses menstruasi. Selain itu, obat ini juga akan mempengaruhi kesuburan. Anda akan mendapatkan resep dari dokter berupa obat asam mefenamat ketika anda mengalami gejala ini.


  1. Meredakan Nyeri Pasca Operasi

Fungsi asam mefenamat selanjutnya adalah untuk meredakan nyeri setelah operasi. Nyeri yang ditimbulkan karena disebabkan oleh putusnya kontinuitas jaringan yang akan merangsang tubuh sehingga timbul nyeri ini. adapun obat ini akan berfungsi untuk meredakan nyeri tersebut.

  1. Meredakan Nyeri dari Trauma

Fungsi asam mefenamat yang terakhir adalah untuk mengatasi meredakan nyeri yang diakibatkan oleh trauma. Nyeri ini dapat terjadi karena hubungan antara jaringan tubuh dengan yang dirasakan otak akhirnya menjadi nyeri. Anda dapat mengatasinya dengan cara meminum asam mefenamat. Namun demikian, sebaiknya anda mengikuti dosis pemakaian agar tidak mengalami overdosis dalam mengonsumsi obat ini.

Nah, jika anda tidak mematuhi aturan pakai dari obat ini maka anda akan mengalami overdosis dari obat ini. anda wajib waspada karena efek samping asame fenamat ini akan langsung dapat anda rasakan pada kesehatan anda. bahkan bahaya dari efek samping asam mefenamat ini juga akan menyerang salah satu organ vital dalam tubuh anda seperti maag akut. Anda perlu mengetahui ketika anda merasakan overdosis yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mengosongkan perut. Kontradiksi yang terjadi dari akibat kelebihan dosis asam mefenamat adalah langsung menusuk lambung, bahkan juga akan mengenai ginjal jika memang terlalu parah. Berikut adalah efek samping dari obat asamefenamat.

  1. Mengalami trombotik kardiovaskular

Jika anda mengalami kelebihan penggunaan dosis asam mefenamat maka anda akan merasakan trombotik kardiovaskular. Dengan berbagai penyakit yang akan muncul diantaranya jantung, paru-paru, ginjal, bahkan komplikasi. Oleh karena itu anda harus memperhatikan dosis pemakaian.

  1. Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi akan dipicu dengan cepat jika anda mengalami overdosisi asam mefenamat.

  1. Gagal jantung kongestif dan edema

Gagal jantung kongestif dan edema akan terjadi dalam tubuh anda jika memang anda mengalami overdosis asam mefenamat.

  1. Resiko ulserasi, perdarahan, dan perforasi

Resiko ulserasi, pemdaraham, perforasi juga akan anda alami ketika anda mengalami overdosis asame fenamat. selain itu anda juga harus mengetahui efek samping captopril.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Obat