Home Penyakit dan KelainanKolesterol Tinggi 12 Menu Buka Puasa Penurun Kolesterol Wajib Dikonsumsi

12 Menu Buka Puasa Penurun Kolesterol Wajib Dikonsumsi

by Henny Anugerah

Penyakit kardiovaskular merupakan kekuhan kesehatan penyebab terjadinya  gangguan jantung  yang muncul akibat penumpukan kolesterol dalam darah .

Menu buka puasa

Bagi penderita gejala kolesterol meningkat tinggi  disarankan harus memperhatikan makanan yang akan disantap selama berpuasa untuk menghindari peningkatan kolesterol yang tidak di inginkan.

Sebenarnya melaksanakan ibadah puasa merupakan kegiatan yang banyak memberi keuntungan karena dengan berubahnya pola makan saat berpuasa maka peluang mengurangi penumpukan kolesterol dalam darah akan mudah diwujudkan. Kondisi ini sangat baik agar dapat terhindar dari berbagai keluhan kesehatan akibat kelebihan kolesterol penyakit paling mematikan yang ternyata bisa dialami usia muda, Dewasa dan orangtua.

1.Bayam

Bayam merah atau hijau dapat dijadikan sayur  untuk menu buka puasa penurun kolesterol , Karena bayam mempunyai kandungan  zat besi tinggi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh , Sedangkan zat pigmennya (lutein) terbukti mampu menurunkan dan menghilangkan kolesterol yang menumpuk pada arteri. Tetapi perlu diwaspadai bagi penderita asam urat, Sebaiknya menghindari sayuran ini karena salah satu satu bahaya bayam bagi penderita urat tinggi adalah meningkatnya zat purin pada persendian.

2.Ikan

Ikan merupakan jenis makanan kaya protein dan asam lemak omega 3 yang wajib dijadikan sebagai menu buka puasa penurun kolesterol yang dapat di gabungkan dengan lauk pauk lain. Ikan yang bisa dipilih adalah ukan salmon, Tuna, Ikan bandeng atau Ikan salem. Zat asam lemak Omega 3 yang ada pada ikan sangat ampuh untuk dijadikan salah satu cara mernurunkan kolesterol tinggi secara alami.

3. Oatmeal

Didalam oatmeal terdapat beta-glucan yang dapat menyerap dan mengurangi kadar lemak jenuh berlebih yang melekat pada arteri dan kolesterol jahat didalam  darah yang dikeluarkan melalui buang air besar dan urin. Hendaknya mengkonsumsi oatmeal tidak berlebihan karena bahaya oatmeal instant bagi kesehatan adalah dapat menyebabkan perut mual di siang  hari.

4. Beras merah

Beras merah bisa dijadikan  penggangti nasi putih sebagai menu buka puasa penurun kolesterol , Beras merah rendah kalori tetapi mengandung vitamin, mineral dan protein yang cukup untuk mempertahankan stamina di siang hari. Beras merah tidak meningkatkan kadar gula atau kolesterol dalam darah, Untuk itu bisa tetap dikonsumsi oleh penderita diabetes maupun kolesterol. Namun jangan mengkonsumsi beras merah terlalu berlebihan, Hal tersebut untuk menghindari efek samping beras merah dibalik segudang manfaatnya. Bagaimanapun  juga apapun yang disantap secara berlebihan adalah kebiasaan yang tidak baik bagi kesehatan pencernaan.

5. Kacang polong

Kacang polong yang dikukus atau dibuat tumis dengan menggunakan minyak zaitun dan tambahan sayuran lain misalnya wortel, Mentimun, dan lain lain sehingga kacang polong bukan hanya  kaya akan serat tetapi juga kaya akan vitamin lain. Kacang polong dapat direkomendasikan sebagai menu buka puasa penurun kolesterol . Kacang polong bisa digabungkan dengan sayuran lain ketika sedang berbuka  puasa.

6. Tempe

Tempe adalah makanan yang mengandung protein tinggi bahkan lebih tinggi dari protein ikan dan kaya serat sehingga dapat diandalkan untuk program penurunan berat badan. Menu buka puasa penurun kolesterol yang paling sederghana adalah dengan  makan tempe. Tempe  bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi berbagai menu masakan yang berbeda, Misalnya pepes tempe, Tempe bacem, Tempe orek , Tumis tempe dan lain lain.

7. Tahu

Tahu adalah ampas dari kacang kedelai tetapi didalamnya tetap terkandung protein dan mineral yang baik untuk stamina tubuh dan penurunan lemak jenuh didalam tubuh.Tahu dapat dfi buat menjadi aneka menu buka puasa penurun kolesterol yang aman bagi segala usia, Misalnya diolah menjadi pepes tahu, Tumis tahu, Perkedel dan lain lain.

8. Kacang ijo

Kacang ijo merupkabn makanan menu buka puasa penurun kolesterol yang aman dan rasanya relatif disukai seua orang, Kacang ijo mengandung vitamin, Mineral dan beberapa zat lain yang dapat menoercepat pembakaran lemak dalam tubuh termasuk penghancuran lemak jenuh didalam darah. Kacang ijo paling sederhana dan nikmat dapat dibuat menjadi bubur kacang ijo.

9. Kacang kedelai

Selain bubur kacang ijo ternyata kedelai juga bisa dibuat menjadi bubur sehat untuk menu buka puasa penurun kolesterol yang ampuh . Nutrisi yang ada pada kacang kedelai bisa membantu penurunan kadar lemak atau kolesterol agar tidak menumpuk diarteri dan darah. Kacang kedelai juga bisa dibuat menjadi susu kacang kedelai yang  nikmat dan dapat dikonsumsi segala usia.

10.Terong dan kentang

Menu buka puasa penurun kolesterol yang juga baik untuk  penderita stroke adalah memanfaatkan terong dan kentang untuk dijadikan tumit lezat sehat. Terong dan kentang mempunyai nutrisi terdiri dari vitamin, Serat dan mineral yang dapat mengurangi kadar kolesterol dan menstabikannnya dalam waktu yang relatif cepat, Jika kedua makanan tersebut disantap setipa buka puasa atau bahkan pada waktu sahur.

11.Labu siam

Labu siam  adalah salah satu rekomendasi ahli gizi untuk menu buka puasa penurun kolesterol yang aman  bagi lambung dan segala usia. Labu siam mempunyai vitamin dan mineral yang baik untuk penderita diabetes, Hipertensi , Stroke atau bahkan penderita kolesterol tinggi. Labu siam mampu menurunkan kolesterol dalam darah dimana didalam pengolahannya dapat dijadikan sebagai sayur, Tumit tumisan atau bahkan dijus bersama 1 sendok makan madu asli dan Perasan lemon secukupnya.

12.Ayam tanpa kulit

Ayam tanpa lemak atau kulit adalah makanan sehat yang bisa disantap saat sahur atau buka puasa. Dagingnya mengandung nutrisi tinggi misalnya vitamin dan mineral yang nyaris sempurna. Ayam tanpa kulit memang cocok juga bila dimasukan sebagai menu buka puasa penurun kolesterol, Diman ketika disantap bisa digabungkan dengan menu masakan kaya gizi lainnya.

Agar kadar kolesterol dalam darah tidak melonjak naik kembali sebaiknya menu buka puasa penurun kolesterol di imbangi dengan asupan gizi lain dari berbagai menu minuman segar. Minuman sehat bisa juga membantu pembakaran lemak, Penurunan lemak jahat dan menurunkan tekanan darah, Buah buahan yang dapat dijadikan minuman berbuka puasa yang sehat paling sehat dan nikmat adalah  yang menganadung banyak serat, Vitamin, Mineral dan non kolesterol adalah buah Alpukat, Apel, Buah pir dan jenis buah berries yang terdiri dari buah strawberry, Bluberry atau blackberry. Untuk memilih jus menurunkan kolesterol paling ampuh selama berpuasa salah satunya adalah buah mengkudu.

You may also like