27 Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak Setiap Malam Ampuh dan Mudah Dilakukan

Susah tidur di malam hari atau bahkan sudah tidur tapi kurang nyenyak? Insomnia bisa jadi salah satu alasan mengapa Anda tak kunjung terlelap di malam hari walau sudah waktunya tidur. Namun masih banyak gangguan tidur lain yang kemungkinan Anda alami; apapun itu, Anda bisa coba cara agar bisa tidur nyenyak di bawah ini.

  1. Rajin Olahraga

Saat Anda olahraga rutin, hal ini bukan hanya mencegah tubuh dari datangnya penyakit, melainkan juga mampu membawa Anda lebih dapat tidur pada waktunya dan tidur lebih nyenyak. Pilihlah jenis olahraga aerobik yang lebih baik Anda lakukan sepulang kerja atau setiap pagi bangun tidur, tapi jangan tepat sebelum tidur.

  1. Makan Pisang

Pisang selain mengandung kalium tinggi, ada pula kandungan triptofan serta mineral magnesium yang bisa menjadi perileks otot. Pisang dapat Anda jadikan suplemen alami yang akan membantu tidur jauh lebih baik dan nyenyak. Pastikan untuk mengonsumsi 1 buah pisang saja setiap setengah jam sebelum Anda beranjak tidur.

  1. Minum Jus Ceri

Selain pisang, buah ceri pun rupanya kaya akan triptofan sehingga berefek baik sama dengan pisang. Minumlah jus ceri setiap malam sebelum tidur paling tidak setengah hingga sejam sebelum beranjak ke tempat tidur. Selain nikmat, secangkir jus ceri akan membawa Anda tidur lelap.

  1. Makan Ayam

Seiris atau sepotong ayam sebelum beranjak tidur tidaklah masalah untuk Anda konsumsi karena kandungan triptofan tingginyalah yang Anda butuhkan. Asam amino ini mampu mendukung pelepasan serotonin yang akan menjadikan Anda lebih mudah tidur dengan nyenyak di malam hari walau rasanya biasanya sangat sulit.

  1. Minum Susu Hangat

Sumber mineral kalsium tinggi ini tak hanya mencegah osteoporosis, tapi juga berguna dalam merangsang produksi melatonin dari otak. Tubuh akan terasa lebih rileks saat minum susu hangat di malam hari sebelum tidur. Anda pun dapat menambahkan madu murni secukupnya karena efek sedatif yang ditawarkan madu membuat Anda tidur nyenyak nantinya.

  1. Makan Almond

Sama halnya dengan susu, almond adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi sehingga otak akan terangsang untuk memroduksi melatonin jauh lebih baik. Perasaan tenang dan rileks yang ditimbulkan dari mengonsumsi almond di malam harilah yang akan membawa Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak.

  1. Mengonsumsi Yogurt

Percaya atau tidak, bahkan makanan probiotik ini pun mampu menjadikan Anda bisa tidur lebih nyenyak dari biasanya. Konsumsilah yogurt 3 cangkir setiap harinya untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan pun akan teratasi dengan rajin mengonsumsi yogurt.

  1. Memijat Kepala

Pijatan yang diberikan pada area kepala tak hanya berguna dalam meredakan sakit kepala. Cobalah memijat-mijat kepala Anda beberapa menit sebelum tidur. Anda akan lebih cepat tidur dan terlelap karena saraf-saraf akan jauh lebih rileks dan tenang efek dari pijatan tersebut.

  1. Minum Teh Kamomil

Bila teh kamomil bisa menjadi herbal yang membantu Anda terbebas dari stres, otomatis efek penenang alami dari teh ini siap untuk menjadikan Anda tidur nyenyak di malam hari. Untuk jenis gangguan tidur apapun, teh kamomil dengan kandungan sedatifnya akan memengaruhi rasa kantuk lebih besar sehingga tidur pun lelap.

  1. Latihan Yoga

Yoga bukan sekadar latihan fisik demi meningkatkan fleksibilitas otot tubuh, melainkan juga berperan besar dalam membuat pikiran jauh lebih tenang dan suasana hati lebih stabil. Anda bisa berlatih Yoga untuk setiap malamnya tidur secara lebih nyenyak.

Cara Lainnya Agar Tidur Nyenyak

Masih ada beberapa cara lain yang harus Anda ketahui dan coba lakukan supaya setiap malam bisa tidur lelap tanpa harus terbangun setiap saat.

  • Meditasi 20 menit setiap sebelum tidur.
  • Mandi air hangat 2 jam sebelum tidur.
  • Minum teh peppermint sebelum tidur.
  • Minum secangkir teh hijau 2 jam sebelum tidur.
  • Menggunakan lavender sebagai aromaterapi.
  • Minum jus selada beberapa kali dalam sehari.
  • Mendengarkan musik atau lagu yang iramanya menenangkan dan pelan.
  • Memastikan bahwa kasur yang digunakan nyaman.
  • Tidak makan terlalu kenyang sebelum tidur.
  • Menghindari makanan pedas saat makan malam supaya tak sakit perut saat waktunya tidur.
  • Menciptakan ruangan kamar tidur yang merilekskan.
  • Menghindari konsumsi minuman mengandung alkohol, khususnya pada malam atau sore hari.
  • Menghindari kafein minimal 4 jam sebelum tidur.
  • Menghindari kegiatan merokok minimal 4 jam sebelum tidur.
  • Menghindari aktivitas tidur siang.
  • Menghindari penggunaan gadget apapun.
  • Mencoba akupuntur.

Demikianlah cara-cara agar bisa tidur nyenyak di malam hari yang layak Anda coba walau mungkin rasanya sulit karena terbiasa sulit tidur. Semoga cara-cara tersebut bermanfaat bagi Anda, jadi selamat mencoba.