12 Penyebab Badan Pegal Setelah Bangun Tidur Paling Sering Terjadi

338

Pria atau wanita dapat mengalami kondisi tubuh yang menderita pegal pegal setelah bangun tidur dimana kemunculannya akibat  dari  kebiasaan, Gaya hidup atau karena riwayat penyakit tertentu.

Penyebab

1.Kelelahan

Aktivitas dan rutinitas yang dilakukan sehari hari dapat menyebabkan tubuh kelelahan. Rasa lelah yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya rasa kantuk dan mengakibatkan seseorang mudah tertidur dengan nyenyak dalam waktu yang relatif lama. Kondisi inilah yang mengakibatkan seluruh jaringan tubuh dalam keadaan stagnan atau terdiam secara mendadak yang akhirnya menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur.

2. Tidur terlambat/Begadang

Akibat begadang malam terus menerus bagi kesehatan yang paling sering muncul adalah seseorang tidak memiliki kualitas tidur yang baik sehingga tubuh mudah mengalami keluhan berupa sakit kepala, Tekanan darah rendah, Gejala anemia atau penyakit diabetes dimana keluhan tersebut  mudah memicu munculnya gangguan tidur seperti tidur yang sering terjaga ditengah malam yang jika terus menerus berlangsung maka akan menjadi salah satu penyebab badan pegal setelah bangun tidur.

3. Kondisi tempat tidur

Permukaan tempat tidur yang terlalu keras , Terlalu lunak atau bahkan tidak rata dapat menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur . Ketika tidur tubuh membutuhkan tempat yang nyaman agar peredaran darah senantiasa lancar dan posisi tulang senantiasa dalam kondisi yang tetap baik sehingga tidak menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur.

4. Keadaan ruangan

Keadaan ruangan kamar tidur sangat menentukan terbetuknya kualitas tidur seseorang. Ruanagn yang terlalu terang dan bersuhu tinggi ( panas ) menyebabkan seseorang sulit untuk tidur cepat,  Tubuh mengeluarkan keringat, Muncul sakit kepala, Detak jantung tidak beraturan. Kondisi pencahayaan terlalu terang atau suhu ruangan yang panas mengakibatkan tidur menjadi tidak nyaman , Kondisi inilah yang dapat menjadi biang keladi penyebab badan pegal setelah bangun tidur .

5. Gejala stres dan depresi

Gejala stres dan depresi paling mudah dikenali salah satunya adalah  seseorang yang mengalami kesulitan untuk tidur . Bahkan ketika stres atau dehidrasi tubuh menjadi mudah  lelah dan cenderung mengalami mimpi buruk yang berdampak pada kelancaran aliran darah selama tidur berlangsung.

Kondisi psikologi yang tidak stabil karena stres ringan atau berat yang terjadi beberapa jam sebelum berangkat tidur dapat menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur ke esokan harinya.

6. Posisi bantal

Saat ingin berangkat tidur usahakan agar kondisi dan posisi bantal dalam keadaan yang baik , Yaitu tidak terlalu keras, Terlalu lunak, Tidak bergelombang dan ukurannya harus sesuai dengan bentuk kepala agar bantal dapat menopang leher dan kepala dengan baik sehingga  terhindar dari keluhan otit leher sakit, Bahu kaku dan badan pegal pegal sesaat setelah terbangun dari tidur.

7. Posisi tidur

Posisi tidur yang baik untuk kesehatan adalah posisi yang memberikan kenyamanan selama tidur berlangsung dan tidak mengakibatkan keluhan apapun . Posisi tidur semalaman sangat menentukan kondisi tubuh pada keesokan harinya.  Tubuh yang terus menerus telungkup , Miring dalam satu sisi saja selama tidur , Posisi kepala terlalu rendah atau tinggi dari dada atau tubuh tidak terlentang dengan baik dapat menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur. Posisi tidur yang salah memungkinkan terjadinya saraf kejepit, Aliran darah tersendat, Otot dan tendon terkilir dan lain lain.

8. Dehidrasi

Membiasakan mengkonsumsi segelas air putih sebelum tidur adalah kebiasaan yang baik untuk mencegah tubuh tidak terserang dehidrasi saat tidur semalaman. Tubuh tetap membutuhkan asupan air yang memadai walaupun sedang dalam keadaan tidur karena dapat membantu metabolisme dan keseimbangan tubuh tetap terjaga dengan baik ketika seseorang terlelap tidur. Keadaan ini dapat mencegah tubuh terserang pegal pegal setelah bangun tidur di keesokan harinya.

9. Karbohidrat tinggi

Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dalam jumlah yang berlebihan atau Kebiasaan mengkonsumsi karbohidrat beberapa jam sebelum tidur dapat menjadi salah satu penyebab badan pegal setelah bangun tidur  yang ternyata paling banyak di alami manusia pada umumnya. Karena karbohidrat dapat melemahkan kinerja otiot dan menghambat aliran darah menjadi tidak lancar saat tidur .

10. Minuman kaleng

Selain faktor makanan ternyata minumna tertentu yang dikonsumsi sebelum tidur dalam  jumlah yang tidak moderat (berlebihan) dapat menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur misalnya minuman kaleng jenis soft drink atau berkarbonasi. Munculnya bahaya minuman kaleng bagi kesehatan sangat  berkaitan dengan berapa jumlah minuman berkadar gula tinggi yang dikonsumsi sebelum tidur.  Karena kadar gula tinggi dapat melemahkan otot sehingga ketika terbangun dari tidur akan muncul rasa pegal pegal dan perasaan lelah pada tubuh

11.Obesitas

Obesitas (kegemukan) merupakan penyebab badan pegal setelah bangun tidur yang paling sering menyerang pada manusia yang memiliki berat tubuh tidak sesuai dengan tinggi badannya. Orang orang yang menderita obesitas memilki jumlah lemak yang cukup banyak didalam tubuhnya sehingga dapat mempersempit pembuluh darah, Memperlambat aliran darah keseluruh tubuh dan melemahkan otot sepanjang malam ketika tertidur. Hindari segala macam makanan dan minuman yang dapat menyebabkan munculnya gejala obesitas tubuh yang wajib diwaspadai adalah makanan berlemak  dan minuman bersoda.

12.Aktivitas sebelum tidur

Melakukan aktivitas yang cukup menyita pikiran dan tenaga sebelum atau menjelang tidur, Misalnya sibuk didepan komputer, Memperbaiki mesin kendaraan yang rusak dan lain lain ternyata terbukti dapat menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur . Tubuh yang masih melakukan aktivitas sebelum tidur menjadikan otot, Tendon, Saraf dan pembuluh tetap dalam kondisi tidak istirahat dan ketika tubuh diistirahatkan secara mendadak maka suhu tubuh dan Kinerja otot belum sepenuhnya bisa istirahat,  Akibatnya pegal dan rasa nyeri pada tubuh setelah bangun tidur keesokan harinya tak dapat dihindari .

13. Penyakit fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan penyakit yang berhubungan dengan lemahnya otot, Tendon dan saraf tubuh dan masuk sebagai penyakit yang menjadi penyebab badan pegal setelah bangun tidur. Fibromyalgia dapat mengganggu aktivitas sehari hari karena menyebabkan munculnya rasa nyeri  dan kaku otot, Tendon dan sendi saat setelah terbangun dari tidur. Penyakit fibrpmyalgia dapat disembuhkan dengan cara melakukan terapi fibromyalgia yang paling tepat guna memperbaiki kondisi tubuh agar menjadi lebih baik saat bangun dari tidur dan tidak lagi terserag pegal pegal.

14. Radang sendi (rheumatoid arthristis)

Seseorang yang sebelumnya memiliki penyakit atau gejala radang sendi sudah dipastikan tubuh menderita tekanan inflamasi pada tulang dan persendian selama tidur berlangsung. Radang sendi dapat hilang saat seseorang tertidur dengan lelap namun akan muncul pegal pegal setelah terbangun dari tidur. Berkonsultasi, Memeriksakan diri dan Kenali penyebab radang sendi lebih awal dapat mencegah seseorang terhindar dari masalah badan pegal setelah bangun tidur.

Kondisi ini muncul karena salah satu protein yang ada pada jam biologis tubuh justru meningkatkan peradangan yang sudah ada pada persendian misalnya radang sendi jari tangan,  Sendi tulang leher, Bahu, Kaki,  tangan, Lengan dan sebagainya.