Kenali 5 Alasan Bangun Tidur Perut Kembung Paling Sering Terjadi

633

Apakah Anda termasuk orang yang kerap mengalami perut kembung setiap kali bangun tidur pagi? Kembung merupakan gangguan pencernaan yang paling umum, namun kerap kali hal ini disepelekan. Bangun tidur perut kembung yang terus-menerus tak boleh dibiarkan karena keluhan ini bisa jadi adalah tanda dari suatu kondisi medis berbahaya.

Berikut ini merupakan sejumlah faktor yang diduga mampu menyebabkan perut terasa penuh, kembung dan tidak nyaman sewaktu bangun tidur.

  1. Makan Larut Malam

Jam biologis dimiliki oleh setiap tubuh manusia, termasuk juga organ pencernaan di mana saat malam hari terutama ketika kita tidur sistem pencernaan tak bekerja terlalu aktif. Jadi perut kembung saat keesokan pagi bangun tidur dapat disebabkan oleh aktivitas makan semalam yang terlalu larut.

Karena makan terlalu larut, makanan pun akhirnya kurang tercerna secara sempurna sebab pada dasarnya sistem pencernaan seharusnya bisa beristirahat. Makanan hasil santapan semalam pun di dalam perut akan tercampur gas sehingga menyebabkan rasa kembung.

Lebih dari itu, sistem pencernaan yang di malam hari beristirahat kemudian tak mampu untuk membuat gas berlebih di dalam perut tadi keluar. Jadilah pada keesokan paginya perut begitu penuh rasanya dan tak nyaman saat bangun tidur.

  1. Makan Malam dengan Porsi Seabrek

Makan terlalu larut bukan satu-satunya masalah yang mampu menyebabkan kembung di perut sewaktu bangun tidur. Makan malam dengan porsi tak kira-kira alias berlebihan juga menyebabkan sistem pencernaan bekerja terlalu berat dalam proses mencerna setiap makanan yang masuk, apalagi yang Anda konsumsi adalah makanan dalam porsi besar.

Ditambah setelah makan langsung tidur, hal ini akan membuat sistem pencernaan otomatis beristirahat juga yang otomatis membuat esok paginya perut Anda kembung dan begah. Makanan seabrek yang masuk ke dalam perut semalam tak akan mampu dicerna sepenuhnya, jadi perut kembung pagi-pagi bangun tidur dapat dipicu oleh hal tersebut.

  1. Mengonsumsi Makanan/Minuman Berkandungan Gas Malam Harinya

Coba ingat-ingat kembali apa yang Anda makan dan minum semalam sebelum beranjak tidur, apakah itu termasuk makanan dan minuman yang mengandung gas tinggi? Menikmati minuman soda di malam hari yang mungkin berlebihan dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perut kembung saat bangun tidur keesokannya. Jadi, hindari minuman dan makanan bergas tinggi pada malam hari apalagi menjelang tidur.

  1. Stres dan Kecemasan Berlebih

Berbagai faktor mampu menyebabkan seseorang untuk merasa stres dan cemas secara berlebihan. Rupanya, kedua faktor kesehatan mental ini bisa jadi penyebab perut kembung juga. Perut kembung yang berkaitan dengan gangguan kecemasan pada umumnya dipicu oleh hormon dalam tubuh yang berubah tidak stabil.

Karena ketidakstabilan hormon itulah, timbul kemudian reaksi antara perut dan otak yang salah satunya menyebabkan perut kembung dan penuh tak nyaman. Bukan hanya perut kembung, diare juga pada beberapa kasus stres dapat terjadi secara mendadak. Banyak pikiran di malam hari dapat menyebabkan perut terasa tak nyaman keesokannya saat bangun tidur.

  1. Penyakit Lambung

Mungkin semalam Anda telat makan? Hal ini dapat menjadi penyebab rasa kembung pada perut keesokan paginya pada waktu Anda bangun tidur. Atau, Anda sudah jelas punya gangguan kesehatan lambung tapi masih nekat mengonsumsi makanan pantangan asam lambung? Hal ini juga berdampak pada kemunculkan gejala kambuhnya penyakit lambung Anda di pagi hari.

Cara Mengatasinya

Untuk mengatasi masalah perut kembung tiap bangun tidur pagi, Anda harus selidiki dulu apa penyebab utamanya dengan menengok kembali kebiasaan makan malam hari atau faktor lain yang mendasarinya. Berikut beberapa langkah yang bisa coba diandalkan untuk menangani masalah perut kembung saat bangun tidur.

  • Minumlah segelas air hangat sedikit demi sedikit saat bangun tidur.
  • Menghindari makanan yang sulit dicerna apalagi kalau sudah menjelang waktu tidur; biasanya, makanan yang mengandung karbohidrat adalah yang paling susah dicerna.
  • Membiasakan makan malam terakhir adalah 2-3 jam sebelum tidur, bukan tepat sebelum tidur.
  • Makan malamlah dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan.
  • Menghindari makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, makanan bergas tinggi, dan makanan pedas.
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol serta minuman bersoda terlalu berlebihan di malam hari.
  • Mengelola stres dengan baik, seperti meditasi atau melatih pernapasan setiap sebelum tidur sebagai cara menghilangkan stres dan kecemasan.
  • Mengonsumsi setiap harinya makanan yang bernutrisi tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral, vitamin hingga kalori.
  • Jika kembung berlanjut, konsultasikan dengan dokter demi memperoleh penanganan yang lebih tepat sesuai dengan penyebab utama perut kembung.

Bangun tidur perut kembung tiap pagi bukanlah suatu kondisi yang patut Anda abaikan. Segera cari tahu penyebabnya dan tangani sesuai dengan faktor pemicunya. Perhatikan juga pola makan dan lakukan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.