Badan Terasa Dingin Padahal Cuaca Panas – Penyebab dan Cara Mengatasinya

534

Pernah melihat seseorang yang kedinginan saat cuaca panas? Atau pernah mengalami sendiri? Idealnya tubuh sudah mempunyai mekanis sendiri dan dapat menyesuaikan diri dengan suhu di sekitarnya. Jika suhu panas, maka tubuh akan meraasakan panas dan berkeringat dan begitu pula sebaliknya. Namun, ada saat-saat tertentu ketika tubuh tidak dapat bertindak normal. Seperti keadaan demam panas atau menggigil di saat cuaca panas.

Penyebab

Di bawah ini ada beberapa kemungkinan penyebab akan kondisi badan yang rasanya dingin walau cuaca sedang panas-panasnya di mana Anda perlu mengenalinya.

1. Terlambat Makan

Seseorang yang terlambat makan atau lupa makan karena sesuatu akan menggigil kedinginan. Hal ini dapat terjadi karena tubuh yang seharusnya menghasilkan panas tidak dapat melakukan tugasnya. Energi tidak dapat dihasilkan karena bahan bakarnya tidak ada. Dalam tubuh, makanan adalah sumber energi.

2. Kadar Gula Rendah

Makanan yang masuk tidak menghasilkan kadar gula cukup dalam darah. Penyebab gula darah turun drastis juga mengakibatkan tubuh tidak dapat menghasilkan energi cukup untuk panas tubuh.

3. Kadar Lemak Rendah

Jika kadar gula dalam darah rendah, maka tubuh akan langsung mencari penghasil energi dari zat lain. Zat tersebut adalah lemak di mana orang yang kadar lemaknya rendah dapat mengalami kedinginan di saat suhu lingkungan panas. Itu sebabnya, orang yang sangat kurus cenderung lebih mudah merasa kedinginan dibandingkan orang gemuk.

4. Kelelahan

Ketika seseorang mengalami kelelahan, maka metabolisme dan penyerapan makanan yang dilakukan oleh darah ikut terhambat.  Sirkulasi darah tidak lancar dan di beberapa tempat bagian tubuh, energi panas yang dihasilkan berkurang. Ini menyebakan seseorang merasa gemetar.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur menjadi penyebab badan seseorang bergetar kedinginan. Mekanisme tubuh saat terjadi kurang tidur sama dengan saat kelelahan di mana faktor ini bisa berasal dari kegiatan yang padat sehari-hari.

6. Dehidrasi

Pernahkah merasa mengeluarkan keringat setelah minum banyak air? Ya, air membantu memperlancar peredaran darah. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka sirkulasi akan berkurang. Akibatnya penyerapan panas tubuh yang dihasilkan juga berkurang. Bahaya dehidrasi lain juga cukup banyak.

7. Kurang Zat Besi

Orang yang kurang zat besi identik dengan tubuh lemas. Ini dikarenakan zat besi berkaitan dengan produksi sel darah merah dan penyerapannya. Jadi, ketika seseorang kekurangan zat besi, tubuh kan lebih rentan terhadap rasa dingin. Kemampuan tubuh mengatur suhu akan ikut berkurang.

8. Kurang Vitamin B12

Bersama dengan zat besi, tugas vitamin B12 dalam tubuh antara lain berkaitan dengan produksi dan sirkulasi darah merah. Akibat defisiensi vitamin B12 akan sama dengan defisiensi zat besi.

9. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid ada dua, hipotiroid dan hipertiroid. Gangguan pada tiroid berarti gangguan terhadap metabolisme tubuh. Akibatnya akan dirasakan langsung, yaitu pengaturan suhu tubuh yang tidak berfungsi.

10. Gangguan Sirkulasi Atau Peredaran Darah

Gangguan peredaran darah, seperti telah disebutkan dapat menyebabkan seseorang kedinginan. Umumnya gangguan sirkulasi akibat adanya penyempitan pembuluh darah. Sel darah merah tidak mengalir sebagaimana mestinya ke seluruh tubuh. Penyakit kardiovaskular adalah jenis penyakit yang mengganggu peredaran darah.

11. Cedera

Cedera yang cukup serius dari beberapa orang diyakini dapat menyebabkan kedinginan datang tiba-tiba. Hal ini mungkin karena rasa sakit yang sangat menyebabkan fungsi pengaturan suhu dalam tubuh tidak berjalan normal.

12. Rokok

Sebenarnya hampir setiap orang mengetahui bahwa zat yang terkandung dalam rokok sangat berbahaya.  Namun, masih banyak orang mengonsumsinya karena kenikmatan sesaat.  Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mematikan sangat banyak. Perokok juga akan mengalami masalah dengan penyerapan makanan dan gangguan peredaran darah.

12. Alkohol

Alkohol sama dengan rokok bila dilihat dari segi bahayanya. Minum alkohol dalam waktu lama dan banyak akan menyebabkan gangguan metabolisme yang berdampak buruk bagi fungsi tubuh.

13. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan menimbulkan berbagai penyakit. Seharusnya orang dengan berat badan berlebih mempunyai lemak yang cukup untuk menghangatkan tubuh. Namun, lemak dapat menutupi organ tubuh yang ada dan membuat penyempitan pembuluh darah. Akhirnya, meskipun gemuk dan berlemak badan terasa dingin padahal cuaca panas

14. Diabetes

Diabetes sampai saat ini masih menjadi penyakit yang sangat mengkhawatirkan. Diabetes dapat membuat kadar gula menjadi sangat rendah ketika melakukan diet. Diabetes juga dapat membuat penyerapan darah terhadap makanan berkurang, sehingga energi panas tidak dihasilkan.

15. Psikologis

Orang yang cemas, stres, atau kahwatir berlebihan terhadap sesuatu akan berpengaruh pada semua fungsi organ dalam tubuh. Perhatikan bahwa orang yang sedang nervous tiba-tiba sering buang air kecil. Ini berarti pengaturan suhu dalam tubuh terganggu dan menyebabkan kedinginan.

Cara Mengatasi

Setelah mengenali beberapa penyebab mengapa badan terasa dingin di cuaca yang panas, jika seseorang mengalaminya, maka dapat diatasi sementara dengan cara di bawah ini :

1. Makan

Makan menjadi alterntif pertama ketika kedinginan. Dengan makan, tubuh akan langsung bermetabolisme dan menghasilkan energi panas. Untuk jangka waktu panjang, makanan bergizi harus sangat diperhatikan orang yangs sering kedinginan.

2. Istirahat

Jika merasa kurang istirahat, habis begadang, kemudian kedinginan maka segeralah istirahat dan tidur. Ini menjadi solusi yang cepat dan mudah.

3. Menghindari Alkohol dan Rokok

Seharusnya jika sudah merasa sering kedinginan dengan konsumsi alkohol dan rokok, segera hentikan kebiasaan tersebut. Ini pertanda bahwa sudah terjadi penyumbatan pembuluh darah atau penyerapan tubuh terhadap makanan sudah tidak maksimal.

4. Olahraga

Olahraga teratur akan membantu orang yang kelebihan berat badan. Olahraga juga akan memperlancar organ peredaran darah. Selain itu, bagi beberapa orang olahraga adalah terapi menghilangkan stress.

5. Terapi Stres

Terapi stres secara khusus jika seseorang termasuk mudah cemas dan khawatir. Sekarang ini banyak cara untuk ini, seperti cara yoga untuk pemula yang dapat dilakukan di rumah.

Berbahayakah badan terasa dingin padahal cuaca panas? Tergantung pada penyebabnya. Oleh karena itu, segeralah memeriksakan diri ke dokter jika merasakan bahwa kedinginan sering terjadi sementara 5 cara mengatasi di atas sudah coba diterapkan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.