17 Obat Radang Tenggorokan Alami Paling Ampuh

1484

Radang tenggorokan dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa di mana ini tentunya adalah kondisi yang sangat mengganggu. Mungkin rasa sakit hanya muncul di tenggorokan, tapi ini menyebabkan aktivitas sehari-hari Anda menjadi terganggu dan tidak nyaman. Apapun penyebab sakit tenggorokan saat menelan bisa sangat beragam, namun apapun pemicunya, obat radang tenggorokan alami di bawah ini boleh menjadi solusi bagi Anda.

(Baca juga: penyebab radang tenggorokan)

1. Minyak Kayu Putih

Terapi steaming tampaknya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan karena ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang di Jepang. Steaming sendiri sebetulnya adalah obat radang tenggorokan yang menggunakan uap suaya peredaran darah penderitanya lebih lancar. Gejala radang dan sakit kepala pun dapat teredakan.

  • Caranya: Sediakan air panas sebanyak 1 baskom dan pastikan uapnya masih keluar, lalu teteskan minyak putih ke dalam air panas ini. Anda bisa menghirup aroma yang keluar dari uap hangatnya. Supaya uap tak menyebar hingga ke mana-mana, silakan gunakan handuk untuk menutupnya. Ulangi penghirupan hingga tenggorokan terasa lebih baik.

2. Wedang Jahe

Sebagai rempah tradisional, tak salah bila jahe Anda pilih sebagai salah satu obat tenggorokan yang terkena radang. Senyawa zingiberinnya akan mengatasi peradangan tersebut terlepas dari efek samping jahe.

  • Caranya: Sediakan rempah jahe yang masih segar secukupnya bersama dengan segelas air panas. Tumbuk sampai halus jahe tersebut, seduhlah dengan air panas. Tambahkan madu secukupnya hanya untuk menambah rasa agar lebih nikmat. Wedang jahe ini akan membuat radang tenggorokan jauh lebih baik dan ini akan sembuh bila setiap hari Anda mengonsumsinya.

(Baca juga: bahaya radang tenggorokan)

3. Sup Ayam

Tak usah ditanya lagi kenapa sup ayam bisa dianggap sebagai obat radang tenggorokan. Selain rasanya nikmat, sup ayam dengan kuah hangatnya dijamin bakal membuat rasa sakit akibat radang pada tenggorokan berkurang. Hanya saja, hindari sambal atau merica ketika menyantap sup ayam ini karena bisa memicu peradangan yang makin serius.

4. Air Garam

Air garam sudah terpercaya sejak dulu sebagai obat sakit batuk dan tenggorokan. Ini dikarenakan ada sifat antiseptiknya yang tinggi sehingga bakteri akan mampu dilawan.

  • Caranya: Siapkan air putih 1 gelas di mana kemudian bisa Anda tambahkan garam 1-2 sendok teh. Aduk-aduk sampai tercampur, lalu air garam ini bisa Anda pakai sebagai obat kumur. Apabila radang tenggorokan Anda ada dahaknya, Anda lebih baik meminum air garam ini.

5. Air Putih

Tak perlu jauh-jauh, air putih pun bisa menjadi obat bagi penderita radang tenggorokan. Ini karena bahaya akibat kurang minum air putih adalah kekeringan pada tenggorokan selain dari bahaya dehidrasi. Dengan minum air putih yang banyak, yakni 2 liter per hari, tenggorokan akan selalu menjadi lembab dan infeksi kuman pun dapat terbasmi. (Baca juga: antibiotik radang tenggorokan di apotik)

6. Teh Hangat

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan, Anda bisa meminum teh hangat selain dari air putih maupun wedang jahe. Karena kandungan antioksidannya begitu banyak, Anda bisa menikmati teh hangat untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Supaya lebih afdol dan berkhasiat, Anda bisa mencampurkan teh tersebut dengan madu atau perasan lemon.

7. Cengkih

Bahan herbal satu ini juga sangat efketif dalam mengobati radang pada tenggorokan. Karena dijamin alami, tentu efek sampingnya pun jauh lebih sedikit dan tak akan berbahaya ketimbang obat batuk kimia.

  • Caranya: Sediakan bubuk cengkih 1-3 sendok teh yang kemudian Anda campurkan dengan air matang. Campuran sederhana inilah yang bisa Anda gunakan untuk berkumur. Cengkih dengan sifat antibakteri dan anti inflamasinya akan membuat rasa sakit di tenggorokan lebih reda. Anda bisa memanfaatkan langsung yang sudah menjadi bubuk atau membuat sendiri bubuk cengkih dengan menggilingnya.

(Baca juga: sering ada dahak di tenggorokan)

8. Madu

Madu yang murni dan asli sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda, jadi carilah cara membedakan madu asli dan palsu lebih dulu. Madu dengan sifat antivirus, anti jamur dan antibakterinya akan melawan infeksi kuman pada tenggorokan.

  • Caranya: Mudah dan sederhana, Anda bisa mengambil sesendok makan madu asli yang dicampurkan ke segelas air hangat. Langsung diminum dan lakukan pengobatan ini sehari 2 kali secara rutin sampai tenggorokan terasa lebih baik. Bila ingin, campurkan juga dengan perasan lemon atau air teh sesuai selera.

9. Jeruk Lemon

Sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C super tinggi, lemon sangat kaya akan antioksidan. Selain bisa mengobati sesak nafas dan asam lambung, bahan alami ini pun baik untuk dijadikan obat radang tenggorokan.

  • Caranya: Ambil air perasan lemon sesendok teh saja yang kemudian dicampur ke dalam air matang sebanyak 1 gelas. Perasan air lemon inilah yang akan membuat inflamasi penyebab rasa sakit di tenggorokan membaik dan memudar. Segala kuman yang menginvasi tenggorokan Anda pasti akan terbasmi seluruhnya.

(Baca juga: penyebab tenggorokan gatal)

10. Bawang Putih

Walau Anda mungkin pernah tahu akan bahaya bawang putih mentah, bumbu dapur satu ini tetap saja sangat bermanfaat bagi kesehatan. Untuk radang tenggorokan, kandungan alicinnya akan membantu Anda membasmi bakteri dan menyembuhkan radang.

  • Caranya: Ambil 1 siung bawang putih yang tentunya belum dimasak alias mentah. Kunyahlah sampai halus, lalu gunakan air putih untuk berkumur. Supaya rasa dan aroma yang tak sedap dari bawang putih bisa hilang, Anda bisa meminum madu untuk menghilangkannya.

11. Cuka Sari Apel

Selain menjadi obat hipertensi, cuka sari apel adalah bahan yang penuh kandungan antibakteri yang akan membantu menurunkan rasa sakit akibat radang tenggorokan.

  • Caranya: Sediakan air hangat 1 cangkir dan tambahkan sesendok makan cuka sari apel, ditambah pula dengan madu dan jus lemon sesendok teh masing-masing ke dalamnya. Aduk rata dan Anda bisa meminumnya setiap hari 3 kali sehari demi radang dan sakit cepat membaik.

(Baca juga: perbedaan sakit amandel dan radang tenggorokan)

12. Kayu Manis

Radang tenggorokan yang disebabkan oleh flu tentu akan membuat penderitanya sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan kayu manis juga sebagai obat radang tenggorokan.

  • Caranya: Sediakan bubuk kayu manis sesendok teh yang bisa dicampurkan ke segelas air hangat. Tambahkan pula sesendok teh bubuk lada hitam bila ada dan juga kapulaga. Larutan bisa disaring sebelum digunakan sebagai obat kumur. Pengobatan ini akan memberikan hasil sempurna apabila dilakukan sehari 3 kali.

13. Kunyit

Alternatif lainnya adalah kunyit di mana kandungan anti inflamasi dan antiseptiknya sangat tinggi. Jadi, tak salah apabila kunyit dijadikan obat bagi radang tenggorokan Anda.

  • Caranya: Ambil ¼ sendok teh bubuk kunyit yang dicampurkan ke segelas air hangat, lalu minumlah perlahan setiap pagi. Pastikan Anda meminumnya justru sebelum sarapan. Meminumnya sehari sekali setiap hari selama 3-4 hari akan memberikan hasil luar biasa. Atau, buatlah obat kumur dengan bahan ini dengan mencampurkan ½ sendok teh bubuk kunyit dan ½ sendok teh air garam hangat ke segelas air; berkumurlah dengan ini 2 kali sehari.

(Baca juga: cara mengatasi radang tenggorokan)

14. Buah Delima

Sifat astringent di dalam buah delima akan membantu agar rasa sakit akibat radang di tenggorokan Anda berkurang. Dengan kandungan antioksidannya jugalah buah delima ini akan membuat daya tahan tubuh Anda semakin meningkat sehingga radang membaik dengan cepat.

  • Caranya: Sediakan 3-4 cangkir air putih serta 1 buah delima. Kupas buah delima tersebut, lalu ambil jusnya untuk kemudian Anda rebus selama 15 menit. Jadikan ramuan ini sebuah teh, berkumurlah dengan larutan ini selama kurang lebih setengah menit atau 30 detik. Meminum jus buah delima juga akan sangat menolong, tapi pastikan Anda mengonsumsinya sehari 3 kali agar radang lebih cepat pulih.

15. Buah Pisang

Pisang dengan kandungan gizinya yang tinggi dan lengkap tentunya akan membantu Anda pulih juga dari radang tenggorokan. Supaya lekas sembuh, pisang adalah buah dengan tekstur lembut yang pasti Anda suka dan tidak akan membuat rasa sakitnya semakin terasa ketika menelan. Kalium di dalam buah inilah yang diketahui mampu melawan peradangan.

Segala radikal bebas pun dapat ditangkal oleh kandungan kaliumnya, dan sistem kekebalan tubuh Anda bakal kembali normal atau meningkat. Buatlah jus pisang jika merasa bosan harus mengonsumsi buah pisang terus-menerus. Selain nikmat, ini akan membantu menyembuhkan radang pada tenggorokan lebih cepat.

(Baca juga: cara mencegah radang tenggorokan)

16. Daun Kemangi

Selain nikmat sebagai lalapan, daun kemangi dapat Anda jadikan obat untuk radang tenggorokan Anda secara efektif.

  • Caranya: Sediakan beberapa lembar daun kemangi yang direbus bersama air secukupnya. Air rebusan tersebutlah yang Anda bisa minum setiap hari sampai rasa sakit dan mengganjal di tenggorokan hilang. Gunakan juga sebagai obat kumur supaya lekas membaik.

17. Belimbing

Belimbing ternyata juga memiliki manfaat besar dalam mengobati sakit dan radang tenggorokan. Supaya lebih cepat sembuh, konsumsilah buah belimbing secara langsung, seperti layaknya buah pisang yang sudah disarankan sebelumnya. Namun, Anda juga bisa membuat jus belimbing apabila bosan harus memakannya langsung.

(Baca juga: cara mengobati batuk berdahak)

Itulah sejumlah obat radang tenggorokan alami yang bisa Anda manfaatkan dan konsumsi sampai merasa baikan. Anda bisa mempertimbangkan seluruh obat tersebut dan mencoba beberapa diantaranya karena mudah, murah dan efektif tanpa takut akan efek samping berbahaya.