6 Cara Menetralisir Overdosis Obat yang Harus di Ketahui

Ketika seseorang merasakan sakit pasti membutuhkan obat, obat digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan sakit yang anda Derita. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika anda mengkonsumsi obat Anda harus mengkonsumsinya sesuai dengan resep dokter. Hal ini dilakukan supaya Anda terhindar dari overdosis obat. Seseorang yang mengalami overdosis obat sangat berbahaya untuk kesehatan dirinya sendiri. Untuk itu diperlukan beberapa cara menetralisir overdosis obat. Menetralisir overdosis obat dilakukan agar tubuh tetap sehat sebab penggunaan obat yang banyak atau penggunaan obat secara overdosis akan membahayakan nyawa seseorang yang mengkonsumsinya. Meskipun obat memiliki fungsi untuk menyembuhkan namun di sisi lain obat juga bersifat merusak tubuh ketika obat-obatan tersebut dikonsumsi melebihi batas yang dianjurkan.

Bagi Anda yang memiliki sakit namun telah mengkonsumsi obat dan tak kunjung sembuh jangan sekali-sekali menambah konsumsi obat tanpa resep dari dokter. Namun ketika anda telah mengalami overdosis obat ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menetralisir obat-obatan yang anda konsumsi. Adapun cara menetralisir overdosis obat adalah sebagai berikut.

Cara menetralisir overdosis obat

1. Hentikan penggunaan

Ketika anda mengkonsumsi obat-obatan namun tak kunjung sembuh juga sehingga memicu anda dalam mengkonsumsi obat berlebih atau overdosis lebih baik hentikan lah penggunaan obat tersebut. Selanjutnya segera konsultasikan kepada dokter Anda supaya Anda dapat diberikan obat yang sesuai dengan penyakit yang anda Derita. Jangan sekali-sekali menambah dosis obat yang anda konsumsi tanpa sepengetahuan dokter. Karena menambah dosis obat sehingga menyebabkan Anda overdosis obat sangat berbahaya untuk kesehatan anda serta menambah dosis obat juga berbahaya bagi nyawa anda.

Sayangilah tubuh dan nyawa anda dengan cara menghindari penggunaan obat secara berlebihan serta hentikanlah penggunaan obat ketika obat-obatan tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Konsultasikan ah kepada dokter Anda agar anda mendapatkan solusi yang terbaik untuk menangani penyakit yang anda Derita. Dengan mengkonsultasikan Nya kepada dokter Anda dapat terhindar dari overdosis obat serta penyakit yang anda derita akan segera sembuh.

artikel lainnya:

2. Konsumsi obat penangkal

Ketika anda overdosis obat maka perhatikanlah Obat apa yang membuat Anda overdosis. Ada beberapa jenis obat yang memiliki penangkal. Sehingga Anda dapat terhindar dari efek merugikan obat yang anda konsumsi sebelumnya. Untuk mengetahui obat penangkal yang yang akan membantu anda untuk terhindar dari overdosis obat maka anda perlu mengkonsultasikan nya kepada dokter, supaya dokter memberikan obat penangkal dari konsumsi obat sebelumnya yang membuat Anda overdosis obat. Jangan sekali-sekali mencari obat penangkal dari overdosis obat yang anda konsumsi sendiri. 


Hal tersebut dapat membahayakan nyawa anda karena belum tentu obat-obatan yang anda gunakan untuk menetralisir overdosis obat sebelumnya merupakan obat yang benar. Jadi cara termudah untuk mencari penangkal overdosis obat Anda adalah mengkonsultasikan Nya kepada dokter. Sebab dokter pasti lebih mengetahui jenis jenis obat yang harus anda konsumsi. 

3. Muntahkan

Cara termudah untuk menetralisir obat yang membuat Anda overdosis adalah dengan memuntahkannya. Cara yang dapat anda lakukan untuk memicu agar anda muntah adalah dengan menyolok area tenggorokan sehingga tubuh anda mengeluarkan refleks muntah. Cara ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyerapan obat secara berlebih oleh lambung.

Jadi untuk pertolongan pertama ketika seseorang mengalami overdosis obat adalah memuntahkannya agar lambung tidak menyerap obat-obatan secara berlebih. Jika cara ini tidak membuat anda merasa lebih baik, Segera hubungi dokter dan konsultasikan lah kepada dokter Anda supaya Anda mendapat penanganan dengan baik dan benar. Dan Anda juga dapat terhindar dari efek overdosis obat yang membahayakan nyawa anda.

4. Menggunakan arang aktif

Menggunakan arang aktif juga dapat digunakan untuk menetralisir overdosis obat yang anda Derita. Arang aktif memiliki fungsi untuk mengikat obat-obatan yang berlebih sehingga mencegah tubuh menyerap obat-obatan yang berlebih tersebut. Arang aktif akan mengikat obat-obatan yang berlebih dan akhirnya obat-obatan yang berlebih tersebut dikeluarkan melalui anus, dengan demikian anda dapat terhindar dari overdosis obat. Selalu memanfaatkan arang aktif ini dapat anda beli di warung-warung terdekat. Sehingga Anda dapat dengan segera menangani overdosis obat yang anda Derita. baca juga: Bahaya obat batuk  – Obat sakit perut – Kepala sering terasa berat pusing dan mual –  Makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi

5. Konsumsi susu

Mengkonsumsi susu merupakan salah satu cara untuk menangani terjadinya overdosis obat yang anda Derita. Hal ini disebabkan karena di dalam susu mengandung antidotum yang biasanya antidotum tersebut digunakan untuk seseorang yang mengalami overdosis obat. Kandungan antidotum yang terdapat di dalam susu berfungsi untuk menangkap yang terdapat di dalam tubuh. Sehingga susu juga bermanfaat atau dapat digunakan untuk menetralisir racun akibat overdosis obat. Setelah racun dinetralisir oleh susu biasanya racun-racun tersebut akan dikeluarkan melalui feses. 


Ketika anda mengalami overdosis obat dan anda telah mengkonsumsi susu sebagai salah satu cara penetralisir nya namun tidak memiliki pengaruh apapun terhadap anda atau keadaan anda tidak menjadi lebih baik segera konsultasikan kepada dokter Anda supaya Anda mendapatkan penanganan dengan segera.

6. Tepat waktu

Langkah terakhir untuk menetralisir terjadinya overdosis obat adalah dengan tepat waktu. Tepat waktu merupakan cara termudah untuk menetralisir overdosis obat. Maksud dari tepat waktu di sini adalah Anda harus menggunakan atau mengkonsumsi obat secara tepat sesuai dengan resep dari dokter. Jangan pernah mencoba untuk menambah dosis pada obat-obatan tertentu yang anda konsumsi. Karena dengan menambah dosis dari obat-obatan tertentu yang anda konsumsi akan membahayakan nyawa anda sendiri. Untuk itu cara termudah agar anda tidak mengalami overdosis obat adalah dengan mengkonsumsinya sesuai anjuran dokter.

Itulah 6 cara yang dapat anda lakukan ketika anda mengalami overdosis obat. Lakukanlah penanganan atau penetralisiran obat sebelum keadaan semakin memburuk. Namun jika berbagai cara diatas tidak dapat membantu dalam menetralisirkan overdosis obat. Segera konsultasikan kepada dokter Anda agar dokter anda segera memberikan solusi yang tepat untuk menetralisir overdosis obat yang terjadi pada anda. Semoga dengan adanya artikel cara menetralisir overdosis obat dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

artikel lainnya:

, ,
Oleh :
Kategori : Obat