9 Bahaya Arak Bagi Kesehehatan Tubuh

4130

Arak atau sering disebut sebagai minuman keras adalah jenis minuman yang mengandung alkohol. Minuman memabukkan ini memiliki banyak jenis. Kadar alkohol dalam arak bervariasi menurut jenisnya. Arak terbuat dari fermentasi buah atau biji-bijian. Cara pembuatannya pun berbeda-beda. Menurut undang-undang, di Indonesia sebenarnya minuman beralkohol tidak dapat dijual bebas. Hanya jenis minuman dengan ketentuan kadar alkohol tertentu saja yang boleh diperjualbelikan. Meski begitu, masih banyak ditemukan berbagai bisnis ilegal minuman keras. Padahal minuman ini memang tidak seharusnya dikonsumsi karena memiliki berbagai dampak negatif bagi tubuh. Lebih jelasnya mari kita simak artikel berikut!

Baca : Minuman berbahaya – Bahaya minuman keras

Arak Secara Umum

Arak atau minuman keras banyak digemari oleh berbagai kalangan di seluruh dunia karena kemampuannya memberikan kenikmatan atau kesenangan semu. Beberapa jenis minuman seperti anggur dan whisky bahkan menjadi minuman kalangan atas. Minuman jenis ini bernilai mahal sehingga sering dijadikan sebagai sarana menaikkan gengsi dan gaya hidup bagi sebagian orang. Minuman beralkohol ini banyak disajikan di pesta-pesta mewah. Kita juga sering melihat minuman ini digunakan di dalam sebuah film.

Tidak hanya dikonsumsi oleh kalangan atas, minuman keras juga merambah masyarakat umum dengan tingkat ekonomi beragam. Jenis minuman keras yang sering ditemukan beredar secara ilegal di Indonesia adalah Ciu dan Bir. Bahkan akhir-akhir ini kita sering mendengar kasus-kasus keracunan dan kematian yang disebabkan oleh minuman oplosan. Oplosan adalah minuman keras yang dicampur dengan bahan-bahan tertentu dengan sembarangan. Jenis minuman keras ini memiliki harga yang terjangkau. Proses pembuatannya serta komposisi yang tidak jelas minuman keras ini membuat siapa pun yang mengonsumsinya terancam kesehatannya.

Mengapa minuman keras dapat memabukkan? Minuman keras mengandung etanol. Zat inilah yang mampu membuat tingkat kesadaran peminumnya menurun sehingga menjadi mabuk. Minuman keras tidak seharusnya dikonsumsi karena dapat menyerang saraf otak dan secara perlahan akan menyebabkan kerusakan. Penyebab orang yang mabuk sering berperilaku kacau adalah menurunnya koordinasi tubuh sehingga tidak dapat mengontrol perilakunya sendiri. Lalu bagaimana orang terus mengonsumsinya padahal tahu bahwa minuman ini dapat menyebabkan berbagai bahaya? Ternyata minuman keras mengandung zat aditif yang menyebabkan ketergantungan. Apa saja bahayanya bagi kesehatan?

Baca juga :

Bahaya Arak Bagi Kesehatan

  1. Merusak organ-organ di dalam tubuh dan saraf otak

Minuman keras atau arak yang dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan rusaknya organ-organ di dalam tubuh seperti ginjal, hati dan jantung serta saraf otak. Jika organ sudah rusak serta saraf otak tidak dapat berfungsi dengan baik maka akan membahayakan keselamatan. Kerusakan pada sistem pencernaan juga tidak dapat dihindari.

Baca juga : kesehatan sistem saraf otak – Jenis kelainan saraf

2. Menyebabkan berbagai penyakit

Berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung, hepatitis, hipertensi, kanker, osteoporosis, strokedemensia dan liver dapat disebabkan oleh konsumsi minuman keras. Bagaimana bisa? Zat berbahaya dalam minuman keras mengalir ke seluruh tubuh bersama dengan darah dan dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada tubuh yang tidak terduga. Melemahnya sistem kekebalan tubuh karena konsumsi minuman ini juga dapat menyebabkan berbagai infeksi.

3. Gangguan saat menstruasi dan mempercepat menopouse

Mengonsumsi minuman keras dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi karena terjadinya gangguan hormon. Selain itu minuman keras juga menyebabkan nyeri pada saat menstruasi dan dapat mempercepat datangnya masa menopouse. Wanita yang mengonsumsi alkohol biasanya akan sulit hamil karena kesuburan menurun.

4. Gangguan kehamilan dan janin

Sudah pasti minuman keras yang dikonsumsi saat hamil akan berdampak pada janin. Hal ini terutama terjadi pada fase tiga bulan pertama. Gangguan kehamilan yang dapat terjadi antara lain kecacatan pada janin, kelahiran prematur dan keguguran.

Baca juga :

5. Menurunkan fungsi penglihatan

Minuman keras akan secara perlahan merusak saraf dan dapat menyebabkan kemampuan penglihatan menurun. Lebih buruknya, minuman ini dapat menyebabkan kebutaan permanen.

6. Kecanduan dan overdosis

Minuman keras yang merupakan zat adiktif dapat menimbulkan ketergantungan dan tuntutan untuk terus mengonsumsi. Gejalanya dapat berupa munculnya rasa cemas dan panik, sulit tidur, sakit kepala dan rasa mual. Di sisi lain, sama seperti narkoba. Orang yang meminumnya secara terus menerus dapat mengalami overdosis yang dapat berujung pada kematian.

Baca juga: Bahaya zat psikotropika

7. Kenaikan berat badan

Kadar kalori dan gula yang ada pada minuman keras dapat menyebabkan berat badan naik. Selain itu sistem metabolisme yang terganggu juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Kenaikan berat badan terus menerus dapat menyebabkan obesitas.

Baca juga: Makanan penurun berat badan –  Cara menurunkan berat badan

8. Gangguan seksual

Gangguan hormon dapat berdampak pada gangguan seksual pada pria dan wanita. Konsumsi minuman keras dapat menyebabkan impotensi dan menurunnya gairah seks sehingga fungsi reproduksi menurun. Padahal minuman beralkohol dewasa ini erat kaitannya dengan kaum muda atau mereka yang sedang dalam usia produktif.

9. Menurunnya kecerdasan

Kerusakan saraf otak akan menyebabkan kecerdasan menurun. Minuman keras dapat mengurangi daya ingat dan mengacaukan konsentrasi sehingga kemampuan otak menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Cara meningkatkan kecerdasan otak – Makanan penambah daya ingat

Begitu banyak bahaya yang ditimbulkan dari minuman keras. Parahnya, kita sering tidak sadar dengan bahaya itu. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menjalankan pola hidup sehat, jauhkan diri dari minuman beralkohol sebisa mungkin. Arak atau minuman keras tidak memberikan manfaat yang nyata. Kesenangan semu yang diberikan akan membawa kepada kesengsaraan. Sudah banyak kasus-kasus kecanduan dan overdosis yang menyebabkan kematian. Jika sudah terlanjur kecanduan, orang tersebut akan memerlukan terapi dan serangkaian proses penyembuhan yang membutuhkan waktu. Sekian artikel mengenai bahaya minuman keras ini.