36 Makanan Pembersih Paru-paru bagi Perokok

Organ paru-paru manusia dapat berpotensi kotor, terutama organ paru-paru milik para perokok. Bahkan untuk berhenti dari kebiasaan tak sehat tersebut pun masih harus memerlukan waktu lama. Banyak juga kasus di mana meski perokok sudah meninggalkan kebiasaannya tersebut, paru-paru tetap dalam kondisi yang buruk.

Mencoba berhenti merokok atau sudah berhenti merokok perlu diimbangi juga dengan merawat bagian paru-paru secara tepat dan alami. Pastikan bahwa Anda menjalani tips diet sehat supaya paru-paru cepat bersih dan sehat kembali. Berikut ini akan diulas makanan-makanan pembersih paru-paru yang terjamin alami sehingga wajib untuk dicoba supaya paru-paru selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Baca juga:

  1. Yogurt

Seperti kita ketahui bersama bahwa yogurt merupakan salah satu makanan berprobiotik tinggi sehingga memang akan memberikan tubuh kita bakteri-bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat. Paru-paru yang dalam kondisi kotor dan tak sehat akan mudah terserang infeksi maupun kanker, jadi mengonsumsi yogurt akan sangat berguna berkat zat-zat baik yang dihasilkannya.

  1. Bawang Putih

Walau banyak orang mengkhawatirkan efek samping bawang putih yang dikonsumsi terlalu sering atau banyak, sebenarnya bumbu dapur ini memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satu peran pentingnya adalah sebagai pembunuh bakteri pemicu infeksi paru-paru oleh senyawa allicinnya. Sebagai bumbu dapur berantimikroba, antiparasit, antijamur, antibakteri, antivirus serta antiprotozoa, bawang putih bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi mentah-mentah.

  1. Buah Berry

Bagi Anda yang ingin membersihkan paru-paru, ada pula jenis buah-buahan yang bisa diandalkan. Buah berry adalah salah satu makanan yang mampu membersihkan paru-paru sekaligus merawatnya dengan kandungan zeaxanthin, lutein, karoteinoid dan flavonoid. Paru-paru yang kotor biasanya mengandung karsinogen dan zat tersebut dapat dihilangkan dengan mengonsumsi buah berry secara rutin, baik itu dimakan secara langsung maupun dijus atau sebagai tambahan makanan lain.

  • Raspberry
  • Blueberry
  • Cranberry
  • Blackberry
  • Strawberry

Kelima buah berry tersebut akan membantu memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan melawan segala jenis penyakit yang hendak menyerang organ paru-paru.

(Baca juga: gejala ispabahaya merokok bagi alat pernapasan)

  1. Kunyit

Rempah khas Indonesia ini merupakan jenis rempah atau makanan yang pas untuk membersihkan paru-paru Anda. Apabila Anda seorang perokok yang berniat untuk berhenti, silakan mengonsumsi rempah satu ini secara rutin sebab zat kurkuminnya akan membantu menurunkan risiko radang paru-paru hingga menghilangkan zat pemicu kanker paru-paru.

  1. Jeruk Bali

Khasiat jeruk bali untuk kesehatan sangat besar, tak terkecuali untuk kesehatan organ paru-paru. Mengonsumsi jeruk bali ternyata mampu mencegah perkembangan sel kanker sehingga pastinya mampu melawan kanker paru-paru. Kandungan vitamin C di dalamnya juga bakal menjadi penghambat kinerja enzim pengaktif sel kanker di paru-paru, maka konsumsilah jika Anda perokok aktif yang berupaya berhenti.

  1. Jahe

Satu lagi rempah atau jenis makanan yang siap membersihkan paru-paru para perokok aktif. Ada zat antiseptik dan antibakteri di dalam jahe yang cukup tinggi sehingga mampu memperlancar saluran bronkial. Dengan demikian, menghilangkan radikal bebas di paru-paru juga menjadi lebih mudah. Meski efek samping jahe tetap harus diwaspadai, fokuslah pada manfaat-manfaat luar biasa yang ditawarkannya.

(Baca juga: cara memperpanjang napas bahaya merokok bagi kesehatan tubuh)

  1. Delima

Buah delima adalah jenis buah yang terkenal baik sebagai anti kanker dan bagi perokok, otomatis buah ini sangat bisa diandalkan dalam mencegah penyakit kronis apalagi perkembangan sel kanker. Menurut beberapa penelitian, ekstrak buah delima sangat efektif dan terbukti baik menghambat tumor dan kanker paru-paru.

  1. Apel

Buah menyehatkan satu ini juga baik untuk dijadikan pembersih paru-paru alami. Kandungan zat flavonoid di dalamnya tergolong tinggi sehingga dapat menjadi penurun risiko kanker paru-paru pada perokok. Zat phytochemicals juga tinggi di dalam kulit apel, maka konsumsilah beserta kulitnya; ini juga akan membantu menjadi penghambat sel kanker usus sebanyak 43 persen.


  1. Jeruk

Selain jeruk bali, jeruk biasa juga merupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi yang akan membantu menjadi pencegah kerusakan maupun peradangan paru-paru. Bahkan dengan mengonsumsi buah jeruk, baik dijus atau dimakan langsung secara rutin, risiko pembengkakan jaringan paru-paru juga akan ikut berkurang.

  1. Nanas

Untuk kesehatan paru-paru, nanas juga adalah makanan dalam jenis buah yang baik dikonsumsi setiap hari, terutama bagi para perokok. Untuk paru-paru bebas dari racun nikotin, nanas dengan kandungan enzim bromelainnya siap menjadi pembersih paru-paru Anda. Konsumsilah dengan cara dikonsumsi langsung atau dibuat jus segar sesuai dengan selera Anda saja.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan organ pernapasan nafas pendek dan berat)

  1. Anggur

Tidak salah memang bila Anda penggemar buah-buahan karena ada satu lagi jenis buah yang sangat bagus dalam membersihkan paru-paru, yaitu buah anggur. Vitamin dan mineral di dalam buah ini termasuk sangat tinggi sehingga Anda dapat mengonsumsinya rutin, baik dengan memakan langsung maupun membuat jus dan meminumnya.

  1. Pisang

Buah satu ini bukan hanya menjadi makanan yang membakar lemak paling efektif, melainkan pisang juga sangat bisa digunakan untuk membersihkan paru-paru. Konsumsilah buah pisang saat makan siang karena kalium di dalamnya akan lebih cepat dalam membantu proses pembersihan organ paru-paru. Konsumsilah secara rutin agar mampu menyehatkan paru-paru sekaligus juga tubuh secara keseluruhan.

  1. Wortel

Jenis sayur satu ini memang merupakan makanan yang mengandung vitamin A tinggi di mana sangat sehat bagi mata. Hanya saja, bukan hanya untuk mata wortel ini bisa dikonsumsi rutin, melainkan juga mampu membersihkan paru-paru serta darah. Konsumsilah wortel dalam bentuk jus, sup atau makanan lainnya.

  1. Lemon

Percaya atau tidak, buah lemon selain mengandung vitamin C yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa dijadikan sebagai pembersih paru-paru. Setiap bangun tidur, konsumsilah air lemon yang dalam kondisi hangat. Karena di dalamnya ada kandungan antioksidan tinggi, proses pembersihan paru-paru dijamin lebih efektif.

(Baca juga: ciri batuk paru-parugejala paru-paru bermasalah)

  1. Teh Hijau

Anda bisa mengonsumsi teh hijau sebagai pembersih paru-paru yang aman. Bila ingin membuktikan efektivitasnya, konsumsilah 1 cangkir setiap malam dan pastikan konsumsi dilakukan sebelum tidur. Bukan hanya paru-paru saja yang akan bersih berkat kandungan antioksidannya, melainkan juga bagian usus. Seluruh kotoran pun akan hilang secara alami dengan teh hijau ini.

  1. Makanan Mengandung Selenium

Selenium merupakan salah satu jenis mineral penting yang akan merangsang enzim dalam membuat organ paru-paru menjadi lebih kuat bersama dengan vitamin E. Bahkan selenium ini juga menjadi mineral yang bakal membuat pertumbuhan atau perkembangan sel kanker di dalam tubuh menurun. Makanan-makanan dengan kandungan selenium tinggi yang perlu para perokok konsumsi agar paru-paru selalu bersih dan sehat antara lain adalah:

  • Kedelai
  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Daging sapi
  • Keju
  • Telur
  • Kepiting
  • Gandum
  • Jamur
  1. Sayur yang Mengandung Karotenoid

Untuk membersihkan paru-paru, para perokok bisa mencoba mengonsumsi sayuran tertentu, terutama yang mengandung karotenoid tinggi. Karena karotenoid fungisnya adalah sebagai antioksidan, maka risiko kanker paru-paru pun otomatis akan berkurang dengan mengonsumsi sayur-sayur tersebut. Contoh sayuran dengan kandungan tinggi karotenoid adalah:

  • Labu
  • Bayam
  • Lobak
  • Selada
  • Sawi
  1. Makanan Berkandungan Magnesium

Magnesium pun merupakan salah satu mineral yang akan menyehatkan dan menjaga kebersihan paru-paru. Magnesium bahkan dikenal menjadi sebuah jenis mineral yang mampu menyembuhkan penyakit asma secara efektif. Berikut di bawah ini adalah sejumlah makanan dengan kandungan magnesium besar untuk dikonsumsi rutin oleh para perokok supaya paru-paru cepat sehat dan bersih.

  • Buah-buahan kering
  • Alpukat
  • Kacang-kacangan

Baca juga:

Untuk paru-paru yang sehat, biasakanlah memilih makanan yang benar-benar bernutrisi dan baik untuk tubuh. Pastikan juga untuk mencukupi kebutuhan mineral tubuh yang dibutuhkan terutama oleh organ paru-paru. Konsumsilah makanan-makanan yang sudah direkomendasikan tersebut untuk mendapatkan paru-paru dan tubuh yang sehat sambil terus berusaha berhenti dari kebiasaan merokok.

, , , ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 14:57 Oleh :
Kategori : Makanan Sehat