5 Cara Mengolah Buah Bit Untuk Meningkatkan HB Dalam Bentuk Jus Segar

2583

Kekurangan darah merah atau di sebut anemia memang menjadi masalah yang sering terjadi. Haemoglobin yang tidak bisa di produksi secara normal dalam tubuh mengakibatkan beberapa gejala seperti pusing dan mual-mual. Sudah banyak orang meresahkan hal ini, mengingat bahwa obat untuk menambah sel darah merah tidak selalu bagus.

Salah satu yang bisa dikonsumsi bagi seseorang dengan hemoglobin rendah adalah buah bit. Ternyata, buah menyerupai bawang merah tersebut bukan hanya kaya gizi, tetapi mampu menambah darah. Cara mengolah buah bit untuk meningkatkan Hb dalam bentuk jus segar adalah sebagai berikut:

1. Jus Bit + Wortel/Pepaya

Cara mengolah buah bit yang pertama ini bisa dengan jus bit ditambah wortel atau pepaya dengan langkah sebagai berikut:

  • Mengupas buah bit setelah dibersihkan dan juga bahan lainnya, bisa berupa pepaya atau wortel.
  • Kemudian semua bahan diblender bersama gula sesuai selera.
  • Agar lebih memikat anda untuk minum, sebaiknya jangan lupa menambahkan es batu agar lebih segar.
  • Minumlah minimal sehari 2 kali supaya Hb dapat meningkat.

2. Jus Bit + Citrus Jeruk

Ide untuk mengombinasi buah bit dan sitrus jeruk sebagai minuman jus penambah Hb sangatlah cemerlang.

  • Pengolahan yang kedua buah bit ini adalah dengan mencampurkan potongan buah bit yang telah dibersihkan dalam blender bersama dengan jeruk.
  • Kemudian, blender semua campuran sama seperti langkah diatas.
  • Tuang pada sebuah gelas bila sudah jadi dan siap untuk diminum.

Lalu kenapa harus dengan jeruk? Karena buah citrus yang satu ini kaya akan vitamin C. Sedangkan vitamin ini sangat baik bagi seseorang yang kekurangan Hb. Adapun sumber vitamin lain yang dibutuhkan adalah zat besi, asam folat, protein, vitamin B12, vitamin B6, dan beberapa mineral.

3. Jus Bit + Sawi + Anggur

Cara pengolahan yang ketiga adalah dengan sayuran sawi di mana langkah pengolahan tak kalah sederhana dari yang sudah-sudah.

  • Sediakan bahan-bahan seperti, buah bit sebanyak 200 gram, sawi putih 100 gram, anggur 200 gram, dan juga ½ gelas air dingin.
  • Campur semua bahan (buah bit, sawi, dan anggur) kemudian blender.
  • Setelah itu, saring untuk diambil sarinya saja. Tambahkan gula sesuai selera dan jus siap diminum.

4. Jus Bit + Bayam + Pepaya

Campuran tiga bahan ini adalah yang juga terpercaya dalam meningkatkan kadar hemoglobin rendah.

  • Siapkan lebih dulu bahan-bahan seperti, bayam merah 150 gram, buah bit 50 gram, pepaya 200 gram, air dingin 100 ml, serta tak ketinggalan es batu 50 gram.
  • Kukus terlebih dahulu buah bit agar tidak mengeluarkan busa terlalu banyak. Pengukusan di lakukan sebentar, jangan terlalu lama.
  • Masukkan semua bahan meliputi buah bit, bayam merah dan pepaya ke dalam blender dan campur semua. Tunggu sampai semua telah hancur dengan halus dan lembut.
  • Tambahkan gula sesuai dengan selera untuk yang suka manis, atau minum sesuai sajian tetap tidak mengurangi gizi.

5. Jus Bit + Kurma

Resep olahan buah bit untuk meningkatkan Hb lainnya adalah dengan pencampuran buah kurma.

  • Anda jelas membutuhkan bahan-bahan seperti buah bit merah 100 gram, buah kurma 3 buah, yogurt 3 sdm (sesuai selera atau jika suka), sirup gula 2 sendok makan, serta air dingin 150 ml.
  • Langkah pertama dengan mengupas buah bit lalu dipotong-potong kemudian masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan 3 buah kurma yang sudah dibuang bijinya, yogurt tawar, sirup gula dan air dingin.
  • Setelah itu anda bisa memblendernya sampai benar-benar halus.
  • Sajikan dalam keadaan dingin bersama es batu lebih nikmat.

Itulah beberapa resep jus buah bit yang bisa membantu untuk meningkatkan hemoglobin dalam tubuh. Buah bit memang kaya akan nutrisi yang bagus bagi tubuh. Bukan hanya mampu meningkatkan Hb, tetapi buah bit berguna pula untuk membuang racun dalam tubuh (detoksifikasi). Mengapa saya menyajikan pengolahan buah bit dalam bentuk jus? Karena proses pengolahan jus lebih mudah dan praktis dibanding yang lainnya.

Selain itu, mengolah buah bit menjadi jus akan mempercepat proses penyerapan zat gizi, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan dalam cara meningkatkan Hb. Sedangkan penggunaan bahan atau buah-buahan lainnya bertujuan untuk memberikan asupan zat gizi yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah pada tubuh.

Kondisi anemia merupakan suatu keadaan tentang kualitas dan kuantitas darah yang tidak normal dan biasanya ditunjukkan dengan berkurangnya jumlah sel darah merah. Akibatnya, semua itu mempengaruhi pada kandungan haemoglobin atau Hb dan menjadi penyebab Hb rendah. Sementara itu, buah bit menyimpan banyak kandungan zat berkhasiat yang berfungsi meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Akan sangat baik anda mencoba cara mengolah buah bit untuk meningkatkan Hb seperti yang sudah disampaikan di atas sambil tetap mewaspadai efek samping buah bit.