Bolehkah Makan Buah Naga Setiap Hari? Ketahui Manfaat dan Bahayanya !

104

Buah naga yang datang dalam 2 jenis warna memang menarik untuk dikonsumsi, bukan hanya karena Anda bisa menikmati yang warna putih ataupun merah. Buah satu ini menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan sehingga memang tak heran bila ada sejumlah orang yang menggemarinya, bahkan mengonsumsi setiap hari. Tapi masalahnya, bolehkah makan buah naga setiap hari?

Boleh dan amankah mengonsumsi buah naga setiap hari?

Mengonsumsi buah naga tentu saja justru menjadi hal yang disarankan. Akan sangat baik bagi kesehatan tubuh apabila Anda bisa memakan buah naga setiap hari. Berikut ini merupakan sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi buah naga rutin:

  • Tambahan asupan serat – Ketika Anda mengalami gangguan sistem pencernaan sehingga mengalami sulit buang air besar cukup sering alias sembelit, mengonsumsi 1 buah naga setiap hari kiranya dapat menolong menambah asupan serat tinggi seperti yang diperlukan oleh tubuh.
  • Penstabil berat badan – Bagi yang ingin tahu bagaimana cara menguruskan berat badan secara alami, sebenarnya memakan buah naga setiap hari 1-2 buah saja akan sangat menolong. Ini karena di dalam buah ajaib ini ada kandungan serat, protein dan antioksidan yang siap menjadikan perut lebih kenyang secara tahan lama.
  • Penjaga kesehatan jantung – Buah naga bagus untuk orang-orang yang memiliki risiko tinggi jenis-jenis penyakit jantung karena menawarkan kandungan lemak tak jenuh. HDL rendah diikuti dengan kadar LDL tinggi akan dibuat menjadi sebaliknya, LDL turun dan HDL bisa kembali tinggi.
  • Pencegah penyakit gula – Jika Anda memiliki risiko tinggi terkena diabetes, mengonsumsi buah naga 1-2 buah setiap hari sebenarnya bisa menjadi pengatur kadar gula darah yang terpercaya. Dengan fungsinya yang bisa menjadi pengendali kadar gula darah, diabetes pun pasti bisa dilawan secara efektif.
  • Pemberi antioksidan – Buah naga bersifat antioksidan sehingga baik dalam menangkal segala macam bentuk efek tak baik yang berasal dari radikal bebas. Itulah kenapa, mengonsumsi buah satu ini mampu membantu tubuh terdetoksifikasi dengan sempurna ditambah dengan kekencangan pada kulit yang meningkat (menghambat proses penuaan dini).

Jadi, buah naga dikonsumsi setiap hari sebenarnya sah-sah saja, tapi cukup sebuah atau dua buah dan tidak berlebihan. Tentu ada bahaya tersendiri dengan memakan buah naga terlalu banyak setiap hari yang justru meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronis sekalipun.

Risiko Bahaya Konsumsi Buah Naga Berlebihan Setiap Hari

Meski boleh menikmati buah naga setiap hari, bukan lantas berarti Anda tidak membatasi asupannya dan bisa makan berapa saja yang Anda inginkan. Berikut adalah daftar risiko bahaya konsumsi buah naga bagi kesehatan yang Anda wajib tahu apabila terlalu banyak dan terlalu sering.

  • Memicu rasa kembung – Ketika memakan buah naga setiap hari dan selalu berlebihan, jangan heran apabila rasanya perut akan kembung. Kaya akan mineral, bukan berarti menjadikan buah naga aman walau dimakan banyak-banyak. Jika Anda menggemarinya sekalipun, jangan terbawa suasana karena Anda hanya perlu menikmati secukupnya saja agar bermanfaat dan bukannya berbahaya bagi tubuh.
  • Memicu diare – Ada kandungan asam di dalam buah naga yang bisa menjadi pemicu diare bagi Anda yang mengonsumsi buah ini terlalu banyak. Selain tidak boleh berlebihan, pastikan untuk menikmati buah ini setiap sehabis makan nasi dalam upaya menghindari masalah dan gangguan pencernaan bentuk apapun.
  • Memicu kenaikan gula darah drastis – Bukankah semula dijelaskan bahwa makan buah naga bisa menurunkan risiko diabetes karena kemampuannya dalam mengatur kadar gula darah? Ya, apabila Anda memakannya cukup 1 buah per hari dan tidak super berlebihan. Konsumsi berlebihan dan terus-menerus berhari-hari malah justru meningkatkan risiko terjadinya lonjakan kadar gula darah sebab di dalam buah ini pun terdapat glukosa berkadar cukup tinggi.
  • Memicu penyakit maag Gangguan pencernaan pada lambung seperti sakit maag pun bisa terjadi karena kandungan asam pada buah ini tergolong tinggi. Jika Anda sebelumnya sudah memiliki riwayat sakit maag, konsumsilah secukupnya agar tak memicu gejala sakit maag, seperti mual dan muntah.

Jadi, bolehkah makan buah naga setiap hari? Memakannya setiap hari 1-2 buah saja sudah cukup dan boleh-boleh saja. Namun ketika memakannya secara berlebihan dan terlalu sering setiap harinya, jangan heran kalau sampai berbagai bahaya kesehatan tersebut dialami oleh Anda.